BLANTERORBITv102

Cara Mematikan Google Assistant pada ponsel Android, Xiaomi dan Oppo

3/27/21
Cara Mematikan Google Assistant pada ponsel Android

Ini Dia Cara Mematikan Google Assistant - Saat Anda sedang membutuhkan hal penting, google asisten bisa menjadi andalan seperti mencari informasi dan melakukan hal yang dibutuhkan. Selain itu dengan mengaktifkan google assistant, aplikasi ini bisa diajak untuk percakapan dua arah seperti AI yang sudah sangat modern.

Google Assistant berbeda dengan versi sebelumnya yaitu google now, dimana google assistant mempunyai kecerdasan yang lebih maju dan kompleks daripada yang lainnya. 

Namun selama kamu menggunakan smartphone dan merasa terganggu dengan keberadaan google assistant kita bisa menonaktifkan fitur Google Assistant tersebut.

Apa Itu  Google Assistant?

Google Assistant adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk ditempatkan di dalam perangkat HP atau smartphone sampai dengan smart TV yang berbasis Android. 

Google Assistant kepunyaan raksasa teknologi Google ini memang mempunyai banyak kegunaan dan memudahkan penggunanya dalam melakukan banyak hal hanya cukup dengan menggunakan perintah suara. 

Aplikasi ini merupakan sejenis AI yang sering disebut juga sebagai smart home pada smartphone. Kamu dapat memerintah aplikasi ini misalnya untuk melihat koordinat di Google Map. 

Selain itu google assistant ini dapat berguna untuk meningkatkan user experience (UX) dalam mengendalikan dan menggunakan smartphone misalnya seperti telepon atau SMS. Namun jika Anda tidak ingin memakainya bisa mencari tahu cara mematikan google assistant.Dengan hadirnya aplikasi Google Assistant memberikan beberapa kemudahan bagi kita seperti:

Catatan

Anda akan mengurangi penggunaan catatan untuk meninggalkan pesan.

Panggilan cepat

Google Assistant dapat menambahkan kontak penting ke daftar panggilan cepat.

Membaca konten online

Google Assistant  dapat membantu Anda membaca web secara lengkap.

Menghapus history (riwayat) dan perintah asisten

Saat sudah banyak perintah yang dikatakan Anda bisa menghapusnya sesuai yang kamu inginkan dengan menghapus riwayat perintah asisten baik untuk seminggu lalu maupun bulan lalu.

Mendukung TV Android

Anda dapat menggunakan TV pintar atau smart TV sama seperti saat Anda menggunakan pengeras suara.

Alasan Kenapa Google Assistant Muncul Sendiri

Pada perangkat Android, google Assistant biasanya sudah terpasang otomatis, namun bagi sebagian pengguna smartphone terutama pengguna Android, akan dibuat kesal karena google asisten tanpa diminta bisa diaktifkan sendiri, karena jika perangkat terhubung dengan koneksi internet yang stabil, google assistant akan berfungsi dengan maksimal. Andapun mencari informasi terkait cara mematikan google assistant yang bisa dilakukan.

Setiap kali kita membuka kunci smartphone google assistant akan muncul, hal ini terjadi karena kamu kemungkinan tidak sengaja menekan tombol home pada smartphone. Meski memberikan kemudahan lebih memilih untuk menonaktifkan google assistant untuk menjalankan fungsi Android dan memilih dengan cara manual (mengetik). 

Tombol home pada smartphone android diatur untuk membuka google assistant seperti tombol home di iPhone untuk membuka siri. Anda juga bisa saja mengaktifkan google assistant secara tidak sengaja saat meletakkan smartphone di saku baju.

Cara Mematikan Google Assistant di Smartphone 

Google Asisten dimaksudkan sebagai alat yang berguna, tetapi jika itu tidak berfungsi lagi bagi Anda , menonaktifkannya, atau membuatnya dibatasi untuk aktif, dapat membantu kamu dalam meminimalkan rasa kejengkelan.

Bagi kamu yang sepenuhnya tidak akan menggunakan google assistant dan jika sudah mencoba menggunakan google assistant yang kemudian merasa tergganggu dengan otomatisnya, berikut beberapa cara mematikan google assistant. Ikuti petunjuk ini untuk mematikannya sepenuhnya melalui perangkat smartphone yang Anda miliki.

Mematikan Google Assistant pada Perangkat Smartphone

  • Buka Menu Aplikasi Google Assistant

Di smartphone Anda tekan tombol home sampai kotak dialog google assistant muncul, kemudian swipe-up. Atau Anda juga bisa membuka aplikasi google assistant langsung kemudian buka menu (tombol titik tiga) di pojok samping kanan atas kemudian pilih opsi Settings.

  • Buka Opsi Assistant

Selanjutnya pilih opsi assistant pada menu di bawah foto profil akun Anda.

  • Buka Opsi Phone

Setelah itu pilih opsi phone kemudian buka opsi tersebut yang berada di bawah opsi assistant dalam kategori bertuliskan 'assistant device'.

  • Matikan Google Assistant

Matikan tombol aktifkan google assistant 

Cara Mematikan Pop Up Google Assistant

Namun Bagi Anda yang masih menginginkan akses ke google assistant Dan sudah mengetahui cara mematikan google assistant tetapi dengan sedikit lebih responsif, dan tidak ingin terganggu dengan tombol home otomatis yang dapat nyala tanpa disengaja dengan menonaktifkan tombol dukungan bisa menjadi alternatif yang baik untuk mematikannya sepenuhnya. 

Dengan begitu Anda hanya bisa mengakses google assistant dengan cara membuka perangkat google assistant dengan sengaja dan jika Anda menginginkanya. Sehingga pada dasarnya Anda tidak dapat secara tidak sengaja mengaktifkan asisten google melalui tombol Home HP Anda. Berikut cara menonaktifkannya:

  • Buka Settings

Untuk bisa masuk ke pengaturan Anda klik ikon roda gigi.

  • Buka Menu Aplikasi

Geser ke bawah ke bagian "Aplikasi", kemudian pilih "Aplikasi default".

  • Buka Opsi Device Assistant Apps

Kemudian klik "Device Assistant Apps".

  • Non-aktifkan Google Assistant

Untuk menonaktifkan tombol dukungan google assistan, klik "Device Assistant Apps" kemudian pilih opsi selain Google Assistant.

Mematikan Google Assistant Untuk MIUI

Bagi Anda penggunaan smartphone untuk device Xiaomi, atau sejenisnya, berikut cara mematikan google assistant:

Pertama buka menu setelan pada smartphone kamu.

•      Dan tahap selanjutnya, pilih 'Apl'.


Cara Mematikan Google Assistant pada ponsel Android, Xiaomi dan Oppo

•      Berikutnya tap opsi Kelola aplikasi


Cara Mematikan Google Assistant pada ponsel Android, Xiaomi dan Oppo


Setelah itu klik icon opsi, kemudian klik 'Aplikasi awal atau Bawaan'.


Cara Mematikan Google Assistant pada ponsel Android, Xiaomi dan Oppo
Cara Mematikan Google Assistant pada ponsel Android, Xiaomi dan Oppo

Kemudian scroll kebawah, pilih Bantuan & masukan suara

Cara Mematikan Google Assistant pada ponsel Android, Xiaomi dan Oppo

Selanjunya pilih 'Aplikasi bantuan'.   

Cara Mematikan Google Assistant pada ponsel Android, Xiaomi dan Oppo

•      Langkah terakhir, pilih opsi 'Tidak ada' 


Cara Mematikan Google Assistant pada ponsel Android, Xiaomi dan Oppo


Mematikan Google Assistant Untuk ColorOS

Bagi Anda penggunaan smartphone untuk device Oppo atau Realme atau sejenisnya, berikut cara mematikan google assistant:

  1. Buka Setelan  pada smartphone Anda, kemudian scroll ke bawah, pilih manajemen aplikasi
  2. Setelah itu pilih aplikasi bawaan atau default app
  3. Kemudian pilih aplikasi pembantu atau assist App
  4. Kemudian pilih aplikasi bantuan lagi
  5. Setelah itu Anda hanya tinggal memilih tidak ada

Langkahnya sudah selesai Anda coba, I namun setelah melakukan cara mematikan google assistant  dan Anda ingin mengaktifkan kembali, Anda cukup mengulangi langkah diatas kemudian pilih google untuk assistant-nya.

Mematikan Google Assistant di Android 

  1. Ketuk ikon roda gigi untuk pergi ke pengaturan smartphone Anda.
  2. Kemudian geser ke bawah, pada bagian "Aplikasi"  pilih "Aplikasi default."
  3. Klik "Aplikasi default."
  4. Kemudian pilih "Aplikasi bantuan perangkat" atau "Asisten dan Input Suara" ( perintah dapat berbeda dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya).
  5. Setelah itu klik pilihan di bagian bawah menu "Aplikasi bantuan perangkat".
  6. Untuk menonaktifkan tombol dukungan google assistant, klik "Device Assistance App"  kemudian pilih opsi selain google assistant.
  7. Selanjutnya Anda dapat memilih aplikasi bantuan lain, atau tidak sama sekali untuk mematikan google assistant di Android 

Itu dia cara mematikan google assistant yang bisa kamu coba sendiri. Hal ini tergantung dari perangkat smartphone yang Anda gunakan. 

Caranya cukup mudah dan jelas untuk bisa Anda ikuti. Semoga bisa bermanfaat. Tambah, supaya konten ini lebih bermanfaat silahkan di bagikan kepada teman-temank kamu supaya kita semua saling mengetahui. 

Rekomendasi Artikel Lainnya