BLANTERORBITv102

Cara Memindahkan Kontak Ke Kartu SIM Dengan Mudah

4/01/21
cara memindahkan kontak ke kartu sim

Siapa sih yang suka menyimpan kontak atau nomor telephone di penyimpanan perangkat atau internal? Hampir semua orang sepertinya juga pernah melakukan yang hal sama. Namun tahukah Anda bahwa jika Anda terlalu sering melakukan ini akan mampu membuat penyimpanan perangkat kita menjadi penuh.

Sangat disayangkan sekali, sebab tak semua menyadari hal ini. Kebanyakan orang justru beranggapan bahwa nomor telephone yang mereka simpan tidak akan memberikan pengaruh atau dampak tertentu pada smartphone nya.

Istilah "sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit" sepertinya susah sangat cocok untuk menggambarkan bagaimana kondisi sampah canche akibat nomor ponsel bertumpuk di penyimpanan internal.

Untuk menangani masalah ini, ada beberapa cara memindahkan kontak ke kartu sim yang bisa Anda lakukan. Namun sebelum itu, Anda juga harus tahu beberapa hal berikut ini:

Apa Itu Kartu Sim?

Bagi para pengguna handphone, handphone kecil atau bahkan Smartwatch tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah kartu SIM atau SIM card. Kartu SIM sendiri merupakan singkatan dari subscriber identity module atau bisa juga disebut subscriber identification module.

Kartu tersebut merupakan sebuah kartu kecil yang biasanya terdapat di sebuah telepon genggam dalam merek apapun yang untuk menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. 

Biasanya tanpa SIM card tersebut kita tidak bisa melakukan komunikasi via telephone ataupun SMS kepada orang lain.

Jadi, jika kamu membeli smartphone pastikan bahwa kita juga membeli sim card atau kartu sim-nya agar handphone tersebut bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Jenis-Jenis SIM Card

Sebelum mengetahui bagaimana cara memindahkan kontak ke kartu sim yang baik dan benar, kamu juga harus tahu mengenai beberapa jenis dari kartu sim card.

Perlu diketahui bahwa kartu sim sudah sering mengalami perubahan atau pembaharuan dalam segi bentuk sejak tahun 1990-an yaitu pada saat tersebut baru masuk pertama kali di Indonesia.

Sampai saat ini kartu SIM tidak hanya terdiri dari satu tetapi kartu SIM juga memiliki beberapa jenis yang hal ini jarang diketahui oleh orang-orang.

Adapun beberapa jenis dari SIM card atau kartu Sim yang biasa dipakai untuk handphone adalah sebagai berikut:

1. Full-Sized SIM Card

Percaya atau tidak tetapi perlu kita ketahui bahwa  Full-Sized SIM Card ini merupakan kartu SIM pertama kali yang muncul di Indonesia pada tahun 1990-an dengan ukurannya cukup besar hampir sama seperti kartu ATM yang biasa kita gunakan saat ini.

Dulu orang-orang tidak begitu memikirkan cara memindahkan kontak ke kartu sim, sebab pada masanya atau pada masa tahun 1990-an, tak semua jenis ponsel bisa menggunakan kartu SIM jenis ini dan bahkan ponsel modern seperti saat ini pun tidak ada yang mampu untuk menggunakan kartu SIM yang seperti ini.

Dulu ponsel yang mampu untuk menggunakan kartu sim ini adalah handphone jenis Nokia 2010 dan jumlah Motorola 8200

2. Mini SIM Card

Kartu SIM Jenis ini merupakan kartu SIM yang biasa kita gunakan pada saat ini ukurannya cukup kecil agar memudahkan masyarakat untuk menggunakannya, dan hampir semua handphone bisa untuk menggunakan kartu SIM jenis ini.

3. Micro SIM Card

Kartu SIM Jenis ini merupakan kartu SIM yang ukurannya jauh lebih kecil daripada Mini SIM card. Untuk ukurannya sendiri diperkirakan separuh dari Mini SIM Card. Sampai saat ini di Indonesia masih jarang pemilik kartu perdana atau vendor-vendor yang menjual kartu dengan ukuran yang kecil ini.

Sebelum Anda mencari informasi tentang bagaimana cara memindahkan kontak ke kartu sim, Anda juga harus tau trik jika smartphone Anda hanya bisa menggunakan kartu micro SIM card, maka Anda bisa menyiasatinya dengan memotong bagian-bagian yang tidak diperlukan sendiri di rumah atau Anda juga bisa meminta bantuan kepada pihak konter tempat Anda membeli kartunya.

Biasanya akan berbeda-beda, ada yang akan memberikan tarif Rp5.000 untuk pemotongan tersebut atau bahkan diberikan secara gratis. 

Perbedaan tersebut dikarenakan oleh sebuah alat yang memang harus dibeli oleh pihak counter untuk bisa memotong kartu SIM tersebut.

4. Nano SIM Card

Jika tadi sudah terdapat beberapa jenis kartu sim card mulai dari yang paling besar hingga yang kecil. Maka sebelum kita mengetahui cara memindahkan kontak ke kartu sim, Anda juga harus tahu bahwa kartu SIM yang terakhir ini merupakan kartu SIM dengan ukuran paling kecil yang pernah ada. 

Ciri-ciri dari nano SIM card ini adalah kartu SIM yang hanya menyisakan atau bagian-bagian yang berwarna kuning saja.

Cara Memindahkan Kontak Ke Kartu Sim

Dari sekian banyak penjelasan yang sudah disebutkan di atas, tentu poin penting sebagaimana yang sudah ditekan disebut adalah informasi mengenai bagaimana cara memindahkan kontak ke kartu sim agar handphone yang kita gunakan tidak terlalu menyimpan banyak data di penyimpanan internal.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan penyimpanan internal dari sampah-sampah ini. 

Salah satunya adalah dengan menghapus nomor-nomor yang tidak aktif atau bahkan bisa dilakukan dengan cara memindahkan nomor-nomor yang awalnya ada di penyimpanan perangkat, kemudian menuju ke kartu sim.

Jika hal ini dilakukan, maka bukan hal yang mustahil jika lama-kelamaan handphone akan lebih ringan dan tak seberat sebelumnya dalam segi penyimpanan perangkat.

Cara memindahkan kontak ke kartu sim memang sangatlah gampang, namun juga harus memperhatikan langkah-langkahnya. Agar sesuai dengan apa yang diintruksikan di bawah ini. Adapun langkah-langkah yang harus kamu ikuti adalah sebagai berikut;

1. Langkah yang pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah membuka aplikasi telepon atau kontak terlebih dahulu.

2. Kemudian jika sudah terbuka maka Anda bisa langsung mencari menu dan memilih opsi Impor/Ekspor kontak.

3. Jika tampilannya sudah berubah maka Anda harus memilih "OPSI EKSPOR" dengan kartu SIM. Hal ini dikarenakan Anda akan mengirim dari kontak internal menuju kartu SIM. Perlu diingat Anda jangan sampai salah dalam memilih opsi tersebut karena bisa berakibat tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

4. Setelah itu, smartphone akan meminta pemilihan kontak dari, SEMUA KONTAK, GOOGLE ACCOUNT, PERANGKAT ATAU SIM kamu bisa memilih yang paling kamu butuhkan dan sesuai bagi kamu.

5. Kemudian nanti tampilannya akan berubah kembali, disini kamu akan diminta untuk memberikan tanda centang pada setiap kontak yang ingin Anda pindahkan ke kartu sim.

6. Jika memang Anda menginginkan semua kontak yang kamu miliki dipindahkan, maka kita tinggal memberikan centang pada opsi pilih semua. Jika pemilihan nomor tersebut sudah selesai, maka kamu bisa memilih opsi bertuliskan "SELESAI atau EKSPOR".

7. Dengan memencet atau mengklik opsi selesai atau ekspor tersebut, maka solusi yang ingin kamu cari selama ini untuk memindahkan kontak dari perangkat menuju kartu SIM sudah berhasil.

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan kartu SIM dan informasi mengenai cara memindahkan kontak ke kartu sim perlu diingat agar semua rangkaian cara yang sudah disebutkan di atas dilakukan dengan baik dan benar agar proses pemindahan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Rekomendasi Artikel Lainnya