BLANTERORBITv102

Dalam Rangka Mempercepat Koneksi Internet RI, Facebook-Google Membuat Sebuah Proyek

3/29/21
Kantor google yang bermarkas di New York City

Dalam rangka ini Google bersama dengan Facebook akan memproyekkan sebuah kabel bawah laut yang bernama Bifrost dan Echo untuk tujuan mempercepat koneksi internet di pemerintahan RI. Dengan kabarnya beberapa kabel bawah laut akan melewati laut Jawa. 

Dan kedual kabel tersebut diharapkan bisa menjadi alat koneksi internet alternatif dengan jangkauan Asia Tenggara dan Amerika Utara. 

Tahap pembangunan akan diselesaikan untuk Echo tahun 2023 bersama dengan Bifrost direncanakan akan selesai di tahun 2024. Melalui pihak Facebook, akan memperjelas mengenai persetujuan regulasi dalam proyek ini.

Perusahaan Facebook bakal menjalin kerjasama dengan XL Axiata dalam mewujudkan pembangunan Echo. Bersama dengan itu, Google akan melaksanakan kerjasama dengan Telin dalam mewujudkan pembangunan Bifrost. 

Kevin Salvadori yang juga sebagai Vice President of Network Investment Facebook, melengkapi beberapa informasi yang mengatakan dengan hadirnya kabel bawah laut ini (Echo dan Bifrost) akan membantu percepatan internet di daerah provinsi bagian timur dan tengah dalam zonasi RI.

Sambung Salvadori, ia juga menyebutkan hadirnya kabel bawah laut tersebut bakal memberikan peningkatan dalam kapasitas bawah laut dengan kawasan trans pasifik yang bisa mencapai 70 persen. Dengan pernyataan Kevin tersebut bakal menjadi pertama yang menghubungkan Amerika Utara dengan zonasi-zonasi yang penting di Indonesia. 

Dan Facebook akan memperluas dalam segi jaringan kabel bawah laut yang berkawasan di Asia maupun global. Pernyataan Facebook pada tahun lalu bakal mengupayakan pelebaran sebanyak 3.000 km kabel fiber optik yang ditujukan kepada 20 puluh kawasan kota Indonesia ini.


Dilansir dari:cnnindonesia.com

Rekomendasi Artikel Lainnya