BLANTERORBITv102

Trik Paling Ampuh, 6 Cara Memperbaiki HP Android Yang Tidak Bisa Menyala

3/03/21

Cara Memperbaiki HP Android Yang Tidak Bisa Menyala - Masalah smartphone yang tidak bisa menyala (mati total) dapat dikategorikan sebagai masalah yang memang sudah banyak ditemui. Tapi jika ternyata masalah tersebut terkena ke HP Android kamu maka secara tidak langsung akan menimbulkan rasa yang tidak mengenakkan untuk kita sebagai pemilik. 

Apalagi banyaknya beberapa aktivitas penting di dalam smartphone. Meskipun begitu, sebelum di bawa ke tukang service hp kamu bisa cek beberapa kemungkinan mengapa smartphone tidak bisa menyala. 

Tapi jika beberapa ulasan saya ini belum juga menemukan titik terang tidak ada salahnya kamu memperbaiki smartphone kamu ke yang lebih ahli.

Cara Memperbaiki HP Android Yang Tidak Bisa Menyala

1. Pertama coba lepaskan terlebih dulu baterai smartphone 

HP Android yang kita pakai dapat dinyalakan tetapi masalahnya ada di Boo Sistem atau diindikasikan sebagai bootloap maka terlebih dulu cabutlah baterai hp kamu. Dan biarkan beberapa menit agar arus tidak ada yang masuk. 

Kemudian setelah beberapa menit coba aktifkan kembali smartphone kamu dan mungkin jadi masalah dalam bootloap akan bisa teratasi. Tapi untuk beberapa kasus, baterai smartphone yang kita pakai tidak bisa dilepaskan tapi masih ada cara lain. Dengan menekan dan tahan tombol power dengan kisaran waktu (10-25 detik) maka smartphone yang kita pakai akan mati. 

Dan smatphone yang kamu miliki itu akan otomatis sumber dayanya akan off. Dengan cara mencabut baterai ini semoga dapat memperbaiki smartphone yang dipakai.

2. Coba charger hp kamu

Masalah ini ditemui karena hp yang kita pakai biasanya baterai habis dan menyebabkan meski sudah menakan tombol power masih saja tidak ada indikasi menyala dalamm smartphone. Solusinya ialah coba isi baterai sekitar 5-20 menit kurang lebih kalau sudah kamu bisa hidupkan kembali smartphone tersebut.

Tapi masalah dilain sisi, baterai smartphone sudah kita cas tapi tidak dapat terisi juga. Untuk penyebabnya ialah bisa jadi charger yang kamu punya mengalami kerusakan. Kalau sudah tau charger yang dipakai rusak bisa dicoba dengan memakai charger yang lain biasanya akan muncul indicator pengisian baterai.

3. Kalau masalahnya terkena air coba bersihkan dan keringkan smartphone kamu

Jika smartphone yang kita pakai terkena air dapat di atasi dengan membersihkan dengan mengelap bagian body hp yang dirasa disitulah sisi yang terkena air. Dan berikutnya masukkan smartphone ke dalam beras dengan selang waktu 1-3 hari. 

Kalau sudah selesai tahap yang tadi, coba aktifkan kembali smartphone kamu apakah mau menyala atau tidak. Tapi jika smartphone tersebut sudah terkena korosi biasanya masalah ada di motherboard hp. Dan untuk penggantiannya kamu bisa serahkan ke pihak yang lebih ahli seperti tempat service hp.

4. Coba cache melalui recovery dan Wiping File Data

Cara ini terbilang dapat dilakukan jika terdeteksi masih ada daya arus di hp kita dan masuk ke recovery. Untuk penjelasan singkatnya recovery ialah seperti sistem kontrol pada Android dimana kita dapat mengontrol perubahan pada sistem dan penghapusan. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk Cache di Recovery dan penghapusan (Wipe)

Pertama, tekan tombol power + volume up + volume down secara sama sama. Setelah beberapa saat sampai hp bergetar masuklah ke sistem recovery dan pilih menu Wipe. Selanjutnya pilih Wipe Data dan Wipe Cache sampai prosesnya selesai. 

Kemudian, terakhir kamu tinggal matikan smartphone melalui recovery. Untuk masalah ini biasanya setelah hp dinyalakan kembali akan memberikan respon dan akan kembali berjalan dengan normal.

5. Mengganti baterai

Penyebab satu ini ialah terjadi karena baterai sudah rusak sehingga dalam pengisian daya menjadi gagal atau tidak bisa. Sebaiknya baterai yang rusak itu segera di ganti dengan baterai yang orisinal. 

Karena kalau kita membeli baterai dengan kualitas kw akan memberikan dampak buruk terhadap hp apalagi jangka usia baterai tersebut akan jauh beda dengan baterai yang ori. Walaupun lebih mahal daripada kamu gonta ganti baterai mending membeli baterai orisinal.

6. Kunjungi tempat service hp

Setelah pemaparan informasi yang saya berikan semuanya belum juga menyelesaikan problem kamu mengenai HP Android Tidak Bisa Menyala. 

Ada baiknya kunjungi ke lebih ahli seperti service center hp. Dan kunjungi service center yang sesuai dengan merek hp kamu jika sudah tersedia di tempat tinggalmu. Kalau tidak masih banyak kok tempat service yang memang skillnya mumpuni memperbaiki smartphone kamu.

Itulah deretan bagaimana Cara Memperbaiki HP Android Yang Tidak Bisa Menyala. Saya harap beberapa ulasan ini bisa menyelasaikan masalah kamu mengenai hal yang kita bahas. Dan jika belum juga seperti yang saya katakan bisa dibawa ke lebih ahli seperti service center.

Rekomendasi Artikel Lainnya