BLANTERORBITv102

10 Cara Yang Dapat Dicoba Untuk Memperbaiki HP Layar Sentuh Yang Tidak Bisa Disentuh

3/08/21
layar hp tidak bisa disentuh

Cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh - Dengan perkembangan yang semakin canggih pada smartphone dan juga dengan beragam fitur yang disematkan pada hp. Dan inilah mengapa smartphone sekarang sangat banyak menunjang dalam aktifitas kerja ataupun berbagai dokumen penting dalam hp tersebut. 

Tetapi kalau pada saat yang tidak terduga terjadi masalah seperti layar hp yang tidak bisa disentuh. Pastilah akan memberikan dampak yang dimana kita tidak bisa lagi menjalankan program hp tersebut. 

Maka dari itu ada beberapa tips untuk memperbaiki hp yang kamu miliki yang mungkin dapat membantu kamu menjalankan kembali smartphone tersebut.

Cara Memperbaiki HP Layar Sentuh Yang Tidak Bisa Disentuh

1. Lepaskan screen protector yang ada di ponselmu

Walaupun memang sepenuhnya tidak bisa memperbaiki ponselmu dengan cara ini tapi dengan melepaskan screen protector dapat memberikan peningkatan respon pada layar yang bermasalah. 

Memang kebanyakan pada saat ini menggunakan screen protector atau pelindung layar yang tujuannya untuk meminimalisir terjadinya keretakan pada saat smartphone terjatuh dan juga menjaga dari goresan pada layar hp. Tapi bisa saja kamu mencoba cara pertama ini. 

2. Coba di cek LCD nya

Mengenai LCD ini biasanya karena smartphone yang kita gunakan terjatuh. Yang menyebabkan posisi dalam LCD agak bergeser dan mempengaruhi posisi LCD yang sebaiknya. 

Memang jika kita sebagai pemilik ragu untuk mengecek atau membukanya kamu bisa sebaiknya membawa hp ke service center saja.

3. Mendiagnosa display ponsel kalian

Untuk caranya kamu bisa menginstall aplikasi yang berhubungan dengan ini seperti Display Tester yang bisa diunduh di Google Play Store secara gratis. 

Untuk sistim kerjanya, pertama masuk ke tab test dan untuk fitur yang disediakan yang bisa digunakan seperti status multi touch, dead pixels dan burn in layar OLED untuk selengkapnya kamu bisa cek sendiri. 

4. Membersihkan layar pada smartphone

Selanjutnya bisa dicoba dengan membersihkan layar pada smartphone kamu. Mana tau ada minyak yang menempel atau kotoran karena tidak pernah dibersihkan sama sekali yang bisa menjadi penyebab mengapa smatphone memberikan sinyal tidak bisa disentuh. 

Kalau kamu sudah bersihkan tapi belum bisa berfungsi juga, lepaskan layar pelindung atau screen protector pada hpmu dan bersihkan kembali. 

5. Menggunakan Safe Mode

Inti dari penggunaan Safe Mode ini ialah membuat smartphone mu dalam versi kosong. Dengan kata lain akan berfungsi tanpa aplikasi dan beberapa layanan yang sudah diinstal sebelumnya. Jika sudah menggunakan Safe Mode dan berhasil bisa jadi masalahnya terdapat pada aplikasi pihak ketiga. 

Cara menggunakan tidak terbilang rumit. Kalian tinggal masuk ke Safe Mode dengan cara menekan dan tahan tombol power. Berikutnya akan muncul pada layar perintah masuk ke dalam Safe Mode. 

Selanjutnya akan mucul notifikasi Accept atau bisa juga tekan layar dua kali dengan otomatis akan masuk ke dalam Safe Mode. Cara untuk keluar dari Safe Mode dengan mengulangi tahap-tahap tadi dan tinggal memilih opsi Restart. 

6. Membersihkan kapasitas RAM 

RAM sangat berperan penting dalam performa kelancaran dalam smartphone. Dan apabila terjadi layar yang berwarna hitam tapi masih dalam kondisi menyala bisa jadi ada indikasi RAM yang terlalu penuh. Maka dari itu kita bisa mengecek apakah memang terlalu penuh kapasitas memory RAM kita. 

Dan hapus atau unnistall aplikasi yang jarang digunakan dan tidak perlu lagi sebenarnya buat kamu untuk memperlancar kecepatan akses smartphone. Dan untuk cara lain kita bisa mengunduh di Google Play Store aplikasi pendukung seperti, ccleaner dan cleanmaster. 

7. Melepas Memory dan SIM 

Gejala pada smartphone yang memberikan indikasi tidak bisa disentuh berikutnya bisa dicoba memperbaiki nya dengan cara melepas Micro SD atau SIM Card. Karena bisa saja barang yang sudah rusak tersebut dan memberikan efek kepada smartphone. Kalau kamu sudah melepasnya kamu bisa mencoba kembali lagi dengan restart.

8. Mencoba charger hp yang lain

Kamu bisa coba charger hp kamu kalau error atau memberikan tanda masalah tidak bisa disentuh pada smartphone dan bisa dicoba kembali dengan melepas charger tersebut dan gunakan charger lain yang orisinal tapi setelah ditukar masalah error pada hp hilang, bisa saja masalahnya ada di charger hp nya. 

Maka dari itu ganti charger hp ke yang lebih original dan jangan dibiarkan terlalu lama karena dapat memberikan dampak kepada baterai hp. Dan tidak itu saja, bisa memberikan efek seperti smartphone mati total jika dibiarkan saja.

9. Kalibrasi layar smartphone

Dengan pemakaian hp yang terlalu lama bisa memberikan efek kepada layar yang panas. Maka bisa jadi masalah layar sentuh yang tidak bisa disentuh penyebabnya mungkin ini. 

Terkadang beberapa smartphone sudah menyediakan bawaan kalibrasi Android yang dapat digunakan ke penggunanya. Biasanya dengan mencoba cara ini bisa memperbaiki hp kamu yang bermasalah. Tapi kamu bisa menggunakan aplikasi pendukung lain yang bernama Touchscreen Calibration.

10. Cara terakhir update ke versi terbaru

Mana tau anda belum mengupdate ke versi yang lebih terbaru pada smartphone bisa update terlebih dulu. Karena dengan mengupdate ke versi terbaru akan memperbaiki tidak saja masalah ini dan bisa memperbaiki beberapa aspek lainnya dalam hpmu. 

Untuk itu jika mempunyai notifikasi untuk update segera lah. Agar hp kamu lebih bagus dan tetap selalu menerima perkembangan terbaru dari pabrikannya.

Saya harap cara yang sudah saya sampaikan tersebut bisa mengatasi maasalah pada smartphone mu yang memiliki gejala layar hp yang tidak bisa disentuh. Semoga bermanfaat dan juga bisa kamu bagikan artikel ini jika ingin menyampaikan kepada teman-teman kamu lainnya.

Rekomendasi Artikel Lainnya