BLANTERORBITv102

9 Cara Mengatasi Instagram Yang Sering Lemot Agar Semakin Lancar

3/12/21

mengatasi instagram lemot

Kevin Systrom sebagai pendiri Instagram yang perkembangannya sangat pesat dengan perbaruan dari segala fitur terbaru dan seiring berjalannya waktu dengan pemakai yang semakin banyak memberikan perubahan yang signifikan pada aplikasi tersebut. 

Dengan pengguna yang berbagai dari masa umur tapi aplikasi Instagram ini memang sangat favorit di kalangan remaja. Instagram yang diusung dengan fitur utama yaitu upload foto dan videonya yang semakin canggih dan juga digunakan bagi pebisnis. 

Walaupun begitu, dengan ketenaran yang saat ini yang sudah memuncak beberapa pemakainya kadang mengalami Instagram yang lemot. 

Apalagi kalau udah sampai ke "Force Close" yang dimana Instagram memberikan perintah 'sayangnya Instagram telah berhenti'. Nah untuk itulah masalah ini dapat kita atasi dengan cara-cara yang akan saya rangkum di bawah ini.

Cara Mengatasi Instagram Lemot

1. Sebaiknya dimatikan semua notifikasi

Kalau kita mengaktifkan notifikasi akan memberikan gejala pada baterai smartphone dan pemakaian data seluler. Notifikasi ini memang ditujukan untuk memberikan update an terbaru dari pengguna lain. Tapi apa salahnya agar Instagram kamu tidak semakin lemot bisa dicoba cara pertama ini. 

2. Biasakan buka menu search memang jika perlukan

Dengan membuka menu search (pencarian) berarti aplikasi akan menjalankan dengan otomatis putaran dalam foto dan video. Maka akan berdampak pada smartphone terutama pengabisan data. Sebaiknya digunakan jika memang penting untuk menelusuri profil yang ingin diketahui.

3. Jangan menggunakan software MOD

Memang ada beberapa Instagram modifikasi dan dengan pengguna cukup banyak seperti ZE Instagram, Instagram Plus, NM Instagram, Instagram Plus dll. Yang dimana instagram modifikasi ini ialah Mod. 

Perlu kita ketahui jika kita menggunakan aplikasi pihak ketiga ini dengan jangka waktu lama akan berdampak pada pengaksesan yang lemot dan error. Apalagi instagram Mod ini bisa mengakses atau mengetahui aktivitas dan informasi pribadi yang kamu miliki. Maka untuk kedepannya install lah aplikasi dari Instagram yang resmi yang bisa kita dapatkan melalui Google Play Store ataupun Apple Store.

4. Menghapus data Instagram pada smartphone

Kegunaan dari menghapus data Instagram ini tidak lain untuk meringankan kapasitas dan mempercepat akselerasi dalam jaringan smartphone. Untuk tahap penghapusannya ialah.
  • Klik menu pengaturan
  • Kemudian aplikasi
  • Selanjutnya kamu akan menemukan aplikasi Instagram, silahkan klik.
  • Maka akan ditujukan ke Penyimpanan
  • Untuk tahap akhir tinggal meng klik "Hapus Data
Bagaimanapun jika menghapus data juga akan menghapus informasi yang sudah tersimpan yang kamu miliki.

5. Mencegah foto yang berganda

Smartphone yang kita gunakan akan menyimpan foto pada saat kita upload foto ke instagram. Maka dari itu jangan lagi menyimpan foto yang sudah di upload ke Instagram kecuali memang tergantung pribadi masing-masing. Untuk itu saya akan membagikan pencegahan foto yang berganda atau duplikat di galeri hp kamu.
  1. Terlebih dulu klik profil kamu
  2. Maka kamu akan menemukan 'Opsi' silahkan di klik.
  3. Selanjutnya kita tinggal menonaktifkan penyimpanan original photos atau foto asli.

6. Mengaktifkan data saver

Kegunaan menggunakan Data Saver untuk mencegah pada saat kita menggunakan Instagram konten atau pemutaran video tidak akan menampilkan resolusi tinggi. Untuk cara selengkapnya:
  • Pertama buka halaman profil yang ada pada Instagram
  • Klik tiga garis sejajar ke bawah atau berbentuk horizontal tersebut yang biasanya posisi ada di sudut kanan atas.
  • Selanjutnya masuk ke Menu Settings maka kamu akan menemui 'Account' tinggal klik.
  • Maka tahap selanjutnya, pilih Cellular Data Use dan geser tombol tersebut agar mengaktifkan Data Saver.
  • Untuk berikutnya apabila sudah diaktifkan maka akan diberi pilihan bagaimana untuk akun menampilkan resolusi tinggi.
  • Terakhir akan ditampilkan tiga opsi  'Cellular + Wifi' , 'Wifi Only' dan 'Never'. Never diartikan dalam Instagram untuk tidak lagi menampilkan konten resolusi tinggi.

7. Menutup aplikasi yang berjalan di background

Sistem yang terlalu banyak berjalan di background smartphone akan menguras baterai. Apalagi kalau dibiarkan terus-menerus tanpa menghapus program yang berjalan di latar belakang akan berdampak pada saat kita menggunakan Instagram ataupun aplikasi lain. 

Karena program yang berjalan di background akan mempengaruhi juga ke aplikasi yang sedang kita jalankan. Maka sebaiknya dihapus atau dibersihkan sesekali untuk kelancaran kecepatan HP mu.

8. Mengupdate versi terbaru Instagram

Apabila kita masih memakai Instagram versi lama yang menyebabkan kita akan terus menggunakan beberapa fitur Instagram di versi lama yang seharusnya sudah mempunyai fitur terbaru. 

Maka saya sarankan mana tau kamu masih belum mengupdate ke versi terbaru, secepatnya di update agar mendapatkan perkembangan terbaru yang ada di aplikasi Instagram

9. Cek kecepatan internet yang digunakan

Penyebab terakhir ya saya pikirkan bisa jadi tidak kesalahan dari sistem hp mu tapi internet kamu yang terlalu lemot. Maka kamu bisa cek kecepatan internet yang kamu gunakan bisa melalui speedtest.net atau kamu bisa menggunakan layanan google dengan mengetik kata kunci "cek kecepatan internet" atau "check internet speed". 

Setelah itu kamu akan tahu apakah kesalahan dari sistem hp mu ataukah memang jaringan internet yang kamu gunakan memiliki kecepatan yang terlalu rendah atau low.

Itulah penjabaran sedikit dari saya untuk mengatasi Instagram yang sering lemot. Semoga bisa teratasi dengan tips yang sedikit yang saya tuliskan ini. Kalau kamu suka artikel ini bisa kamu bagikan kepada teman-temanmu yang mempunyai permasalahan yang sama.

Rekomendasi Artikel Lainnya