BLANTERORBITv102

Begini Cara Menonaktifkan Notifikasi Pesan WhatsApp

3/25/21
Cara Menonaktifkan Notifikasi Pada WhatsApp

Begini Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp - Saat ini aplikasi Whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang populer dan hampir semua pengguna android menggunakan aplikasi Whatsapp ini setiap harinya. Dengan aplikasi whatsapp ini Anda dapat terhubung satu sama lain dan bisa bertukar kabar secara instan.

Beragam fitur yang bisa Anda gunakan di Whatsapp, dimana selain dapat berkirim pesan text, Anda juga bisa mengirim file, video, membuat status whatsapp, video call dengan pengguna whatsapp lain dan masih banyak fitur lainnya.

Selain itu Whatsapp juga memiliki beberapa kelebihan seperti bebas dari iklan, penggunaaannya gratis, cepat dan ringan, sehingga membuat WhatsApp lebih banyak digemari oleh para pengguna sekaligus untuk kaum anak-anak muda karena untuk mengekspresikan sebuah kegiatannya.

Maka dari itu, semakin berkembangnya WhatsApp ini dari segi pengguna pun semakin banyak yang membuat grup sendiri misalnya grup sekolah, pekerjaan, alumni, keluarga, tetangga, arisan dan berbagai jenis grup lainnya.

Dengan banyakmya grup yang diikuti tentu akan membuat notifikasi ponsel semakin bertambah banyak. Namun notifikasi chat whatsapp ini terkadang membuat Anda merasa terganggu sehingga Anda mencari tahu cara menonaktifkan notifikasi whatsapp tersebut.

Alasan Menonaktifkan Notifikasi Whatsapp 

Terkadang ada kalanya Anda tidak ingin terganggu dengan adanya notifikasi dari aplikasi whatsapp . Misalnya terutama saat Anda sedang bekerja, atau saat nonton film streaming notifikasi pesan yang tiba-tiba muncul di bar atas, akan terasa sangat mengganggu.

Hampir setiap orang dengan pekerjaan yang berbeda-beda menggunakan Whatsapp untuk tetap saling terhubung. Notifikasi bukan hanya pada notifikasi chat perseorangan saja namun juga dari beberapa chat grup yang Anda ikuti dengan -masing grup terdiri dari banyak orang.

Notifikasi saat adanya pesan masuk di Whatsapp biasanya akan muncul dengan getar, suara, atau  dengan menampilkan isi chat pada layar depan Hp. 

Banyak orang yang tidak menyukai dengan notifikasi Whatsapp karena langsung memunculkan isi chat yang mungkin bisa terbaca oleh orang lain sehingga mencari cara menonaktifkan notifikasi whatsapp.

Untuk menghilangkan notifikasi, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan dengan mudah dilakukan dengan beberapa metode pilihan yang bisa dicoba.

Jika Anda merasa notifikasi yang muncul masih wajar, tentu tidak.perlu untuk menonaktifkan notifikasi. Akan tetapi jika dirasa perlu menonaktifkan hal ini tidak masalah. Selain itu Anda juga dapat menghindari dari beberapa orang tanpa harus memblokirnya dengan menghilangkan notifikasi Whatsapp. 

Cara Menonaktifkan Notifikasi Whatsapp 

Dalam aplikasi WhatsApp ini, selain dapat menonaktifkan percakapan kontak pribadi, Anda juga bisa menonaktifkan notifikasi percakapan dari grup, sehingga notifikasi tidak akan membuat Anda terlalu terganggu.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lalukan untuk cara menonaktifkan notifikasi whatsapp diantaranya:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp 
  • Setelah itu buka grup WhatsApp atau chat kontak yang ingin Anda nonaktifkan notifikasinya
  • Di pojok kanan atas, tekan 3 titik vertikal 
  • Kemudian pilih bisukan notifikasi 
  • Selanjutnya, untuk mematikan notifikasi dari grup atau kontak pilih rentang waktunya. 

Ada juga cara lain yang lebih praktis, selain dengan cara di atas untuk mematikan notifikasi.

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp 
  • Pilih dan tekan kontak atau grup yang ingin dimatikan notifikasinya
  • Di tab bagian atas, pilih ikon speaker dan tinggal di coret
  • Selanjutnya untuk mematikan notifikasi dari grup atau kontak tersebut pilih rentang waktunya. 
  • Setelah hal ini dilakukan, otomatis Anda tidak akan mendapat notifikasi dari grup atau kontak tersebut

Untuk menonaktifkan notifikasi, ada tiga pilihan waktu pesan yang masuk yaitu 8 jam, 1 minggu dan satu tahun. Akan tetapi cara ini harus dilakukan satu persatu di kontak yang ingin Anda bisukan notifikasinya.

Ada cara menonaktifkan notifikasi whatsapp lain yang dapat dilakukan, jika Anda ingin menonaktifkan seluruh pesan WhatsApp, sehingga notifikasi pesan tidak akan muncul dengan memanfaatkan fitur yang telah tersedia di Android ini,  berikut caranya:

  • Pertama kamu masuk ke pengaturan ponsel.
  • Pilih 'Notifikasi&bar status'.
  • Setelah itu Tap 'Notifikasi aplikasi'.
  • Setelah itu pilih aplikasi WhatsApp, pilih nonaktifkan pilihan 'Tampil notifikasi', dengan menggesernya ke kiri.

Selain menonaktifkan notifikasi whatsapp dengan cara di atas, Anda bisa juga untuk menonaktifkan dengan cara di bawah ini:

Menghilangkan Notifikasi WhatsApp dari Aplikasi WA

Untuk menghilangkan atau menonaktifkan notifikasi Whatsapp, Anda bisa melakukannya melalui pengaturan aplikasi Whatsapp itu sendiri. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp yang sudah Anda install.
  • Pada halaman awal, tekan icon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih pengaturan ataupun setelan.
  • Kemudian pilih menu notifikasi.
  • Pada bagian nada percakapan, matikan notifikasi percakapan dengan menekan tombol toggle.
  • Gunakan notifikasi prioritas tinggi, dengan cara memaatikannya pada toggle dengan menggser toggle ke samping kiri agar tidak ada pemberitahuan Whatsapp.
  • Jika dibutuhkan, Anda juga bisa mematikan notifikasi Grup Whatsapp 

Langkah-langkah cara menonaktifkan notifikasi whatsapp telah selesai, Anda bisa mencoba mengirim pesan chat Whatsapp dari ponsel yang lain, tidak akan ada muncul pemberitahuan chat WA.

Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Lewat Pengaturan

Untuk menonaktifkan notifikasi Whatsapp dapat juga melalui menu pengaturan android,berikut ini caranya:

  1. Di ponsel android Anda buka menu Pengaturan 
  2. Kemudian scroll kebawah klik 'manajer Aplikasi' atau kadang ada perbedaan tulisan 'apl' > kelola aplikasi.
  3. Kemudian pilih Whatsapp.
  4. Setelah Itu scroll kebawah, tekan pemberitahuan / notifikasi
  5. Geser tombol toggle dibagian tampilkan notifikasi yang berada di samping kanan untuk menonaktifkannya.

Sekarang Anda tidak akan menerima notifikasi Whatsapp lagi. Jika ada pesan whatsapp atau telpon yang penting Anda tidak akan mengetahuinya. Sebaiknya Anda tetap harus mengaktifkan notifikasi whatsapp agar Anda mengetahui jika ada pesan atau telpon whatsapp yang mungkin penting.

Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Web

Cara menonaktifkan notifikasi whatsapp ini bisa digunakan bagi Anda yang memakai PC atau Laptop. Untuk menonaktifkannya Anda bisa melakukannya melalui Whatsapp Web. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Anda buka browser di PC atau Laptop.
  2. Buka situs whatsapp web di web.whatsapp.com
  3. Untuk Login whatsapp Web, Anda scan barcode yang muncul 
  4. Setelah itu pada ponsel android Anda masuk ke pengaturan / setelan, kemudian scroll kebawah, cari dan temukan manajer Aplikasi.
  5. Setelah itu pilih aplikasi Whatsapp.
  6. Tekan menu pemberitahuan atau App notification.
  7. Kemudian scroll kebawah, dan temukan notifikasi lain atau Other notifications.
  8. Matikan fitur Notifikasi lain dengan memggeser tombol toggle
  9. Setelah selesai, sekarang Anda tidak akan menerima pemberitahuan pesan Whatsapp Web  di layar laptop atau PC.

•      Tambahan saja, setelah masuk whatsapp web > tekan notifikasi > setelah itu tinggal kamu memilih opsi mana yang ingin dinonaktifkan atau cara jelasnya tinggal tap "Matikan semua notifikasi Dekstop".

Menghilangkan Notifikasi WhatsApp di Oppo

Cara menonaktifkan notifikasi whatsapp selanjutnya untuk menonaktifkan notifikasi whatsapp khusus bagi pengguna smartphone android merk Oppo yang mengalami kesulitan saat menghilangkan notifikasi Whatsapp. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Untuk mulai menggunakan terlebih dahulu buka kunci layar ponsel Oppo Anda dulu, setelah ponsel terbuka masuk ke pengaturan.
  2. Pilih notifikasi dan bilah status.
  3. Kemudian pilih dan tekan Kelola Notifikasi
  4. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan detail pesannya, kemudian pilih Notifikasi Pesan » Tampilkan di Layar Kunci.
  5. Selanjutnya  pilih sembunyikan isi selagi menampilkan.

Itu dia beberapa cara menonaktifkan notifikasi whatsapp, akan tetapi jika dirasa lebih nyaman mengetahui notifikasi atau seperti keperluan kerja yang on-time sebaiknya tidak dinonaktifkan, karena bisa saja Anda melewatkan pesan yang penting. 

Semoga artikel ini dapat menyampaikan solusi bagi kamu. Jika konten ini dirasa berguna, bagikan kepada teman-temanmu yang sedang membutuhkan juga. 

Rekomendasi Artikel Lainnya