BLANTERORBITv102

3 Cara Keluar Dari Mode Fastboot Xiaomi (AMAN)

4/13/21
Perlu Diperhatikan! 3 Cara Keluar Dari Mode Fastboot Xiaomi (AMAN)

Ponsel merk Xiaomi muncul mode fastboot tiba-tiba? Jangan panik! Tips serta cara keluar mode fastboot Xiaomi aman dan mudah akan di bahas kali ini dan patut sekali untuk pengguna Xiaomi simak.

Pengggunaan ponsel dalam kurun waktu tertentu dan dengan mode penggunaan tertentu memang tidak dapat di pungkiri membuat kinerja ponsel dari waktu ke waktu terus mengalami penurunan. 

Penurunan performa mesin pada ponsel sendiri bisa membawa berbagai dampak pada kesehatan ponsel mulai dari kendala ringan seperti fastboot hingga kendala berat seperti hang, overheat, gangguan LCD hingga blank ponsel.

Namun sebagai pengguna Xiaomi maka tentu saja anda tidak perlu khawatir karena merk dagang ini memiliki performa produk ponsel yang handal dan sangat tahan banting lho. Jika sesekali mengalami kendala ringan seperti fastboot maka anda tidak perlu panic dan khawatir karena anda bisa melakukan perbaikan mandiri di rumah kok. 

Bagaimana caranya? Tanpa berlama-lama lagi mari simak uraian berikut mengenai apa itu fastboot pada ponsel merk Xiaomi dan bagaimana cara mengatasinya jika sewaktu-waktu muncul saat penggunaan? Berikut uraiannya!

Apa itu Mode Fastboot Pada Ponsel Xiaomi?

Nah sebelum jauh membahas mengenai bagaimana cara keluar mode fastboot Xiaomi maka pada uraian kali ini mari kita membahas lebih rinci mengenai apa sih pengertian dari fastboot itu. 

Fastboot sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah protokol yang di gunakan di dalam menjalankan performa suatu ponsel yang bekerja terhadap beberapa fungsi unik. Protokol bernama fastboot ini sendiri berfungsi melakukan flashing praktisi, melakukan recovery ponsel hingga menjalankan perintah dari command prompt yang ada pada ponsel.


cara keluar mode fastboot xiaomi


Bahkan mode bernama fastboot ini juga bekerja untuk menyelamatkan performa ponsel saat mengalami kegagalan  sistem agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Munculnya fastboot pada ponsel Xiaomi sendiri bisa di manfaatkan untuk melakukan  beberapa perbaikan protokol software pendukung yang ada.  

Namun terkadang munculnya fastboot ini juga bisa menganggu jalannya ponsel karena bisa terjadi flashing atau instalasi ulang perangkat yang tidak di perlukan.

Misalnya saja, sesaat setelah muncul fastboot biasanya ponsel akan tiba-tiba mati dan melakukan instalasi ulang perangkat yang mana tidak di kehendaki oleh pengguna. Biasanya munculnya mode ini sendiri di karenakan adanya kerusakan, kegagalan sistem hingga masalah pada baterai. 

Namun jika masalah pada ponsel Xiaomi yang kamu miliki tidak besar maka sebenarnya tidak perlu khawatir karena munculnya mode ini bukan merupakan penanda sebagai rusaknya ponsel yang kita miliki.

Ciri- Ciri Ponsel Xiaomi Yang Mengalami Fastboot

Seperti yang disebutkan, di atas tadi sudah di bahas tentang mengenai pengertian singkat dan ringkas dari fastboot dan kali ini akan di simak bersama mengenai bagaimana ciri-ciri ponsel merk Xiaomi yang mengalami fastboot.

Pertama, tanda yang paling jelas terlihat ketika ponsel yang di miliki berada dalam mode fastboot adalah biasanya adanya kegagalan dan masalah pada baterai yang di gunakan. Baterai mungkin akan menunjukan hasil pengisian yang kurang valid dan memungkinkan ponsel tidak bekerja semestinya.

Ciri kedua bahwa ponsel pintar yang dimiliki mengalami fastboot adalah nampak tiba-tiba muncul logo merk Xiaomi pada saat tengah di gunakan. Kemudian nantinya penggunna tidak akan bisa menggunakan ponsel selama beberapa saat di karenakan adanya kegagalan sistem serta jaringan.

Jika sudah menemukan ponsel dalam mode seperti ini maka kita patut waspada jangan-jangan ponsel sedang berupaya untuk memperbaiki diri atau melakukan instalasi ulang secara otomatis yang mana  bisa menghapus seluruh data pribadi yang kita miliki.

Ketiga, ciri yang nampak lainnya adalah ponsel yang kita punya tidak dapat di gunakan, di pencet, di geser atau menjalankan perintah seperti biasanya. Suhu ponsel bisa mengalami titik yang cukup tinggi dan memicu adanya blank pada layar ponsel. 

Di susul mungkin akan keluar keterangan peresetan data otomatis pada layar ponselnya, nah itulah ketiga ciri yang paling jelas terjadi saat mode fastboot mempengaruhi ponsel Xiaomi yang kita miliki.

Cara Keluar Dari Mode Fastboot Xiaomi

Ternyata cukup menganggu juga ya jika mode fastboot itu muncul pada ponsel kesayangan kita? Oleh sebab itu maka kita harus sadar semestinya untuk segera memperbaiki jika muncul mode semacam ini. Tanpa berlama-lama lagi mari simak cara keluar mode fastboot Xiaomi dan penanganan apabila mode ini muncul, sebagai berikut!

Gunakan Tombol Power dan Bagian Volume (Melalui Tombol Fisik)

cara keluar dari mode fastboot xiaomi
Untuk tips pertama dan cara keluar mode fastboot Xiaomi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan tombol power serta volume bagian bawah sebagai jalan keluarnya. 

Saat mode fastboot muncul biasanya di tandai dengan blank layar, keluar logo Xiaomi hingga suhu ponsel memanas dan saat hal itu terjadi maka harus segera mematikan ponsel agar fastboot tidak menjalar.

Untuk caranya dapat kamu ikuti tips ini: 

  1. Terlebih dulu kita menekan tombol power pada bagian atas ponsel dan klik tombol volume bagian bawah selama beberapa detik, setidaknya 8 hinga 10 detik.
  2. Setelah menekan bagian tersebut, maka tunggu respon serta munculnya logo Xiaomi sebagai penanda bahwa ponsel akan segera berhasil di restart
  3. Setelah muncul logo tersebut dan ponsel sudah mulai meredup maka kita bisa melepaskan tekanan pada tombol power serta volume yang sebelumnya di lakukan serta tunggu ponsel di restart ulang. 
  4. Setelah ponsel menyala ulang maka fastboot yang terjadi otomatis akan hilang, pastikan untuk membiarkan ponsel selama beberapa saat sebelum akhirnya di gunakan ulang.

Mamanfaatkan Perintah Mode CMD Pada Laptop 

cara keluar dari mode fastboot xiaomi

Selain cara keluar mode fastboot Xiaomi di atas yang bisa di jadikan cara untuk menghilangkan mode fastboot yang muncul kita juga bisa menggunakan mode CMD pada laptop sebagai cara kedua. 

Cara keluar mode fastboot Xiaomi dengan menggunakan laptop ini memang jauh lebih rumit namun bisa di lakukan apabila cara pertama tidak berhasil dan ponsel masih tetap blank. 

  1. Langkah pertama yang harus di lakukan adalah pastikan bahwa laptop yang anda miliki sudah mempunyai data Driver ADB Fastboot.
  2. Masuklah ke dalam program tersebut dan klik menu bernama Extract Here dan masuk ke Folder Fastboot, jangan lupa menghubungkan ponsel dengan laptop menggunakan USB
  3. Jika keduanya sudah terhubung maka masuk ke mode Open Command Windows klik kanan ke Command Prompt dan klik Fastboot Device
  4. Setelah itu klik enter sebagai tanda setuju dan kamu bisa menunggu proses restart ulang dari laptop ke ponsel Xiaomi kam selama beberapa saat. 

Mudah bukan?

Cara Terakhir Dengan Melepas Baterai Pada Ponsel

cara keluar dari mode fastboot xiaomi

Cara keluar mode fastbooti Xiaomi yang terjadi ke tiga adalah dengan melepaskan baterai ponsel Xiaomi yang di miliki secara paksa. Cara ini menjadi cara terakhir, mudah dan efektif guna menghilangkan mode fastboot pada ponsel Xiaomi yang belum menggunakan baterai tanam. Prosesnya simple sekali kita tinggal, melepaskan baterai, tunggu beberapa saat dan pasang kembali baterai serta hidupkan ponsel.

Nah itulah di atas beberapa uraian ringkas mengenai tips penanganan dan cara keluar mode fastbood Xiaomi yang mungkin terjadi pada sebagian pengguna ponsel merk Xiaomi. 

Memang tidak bisa di pungkiri bahwa penggunaan ponsel dalam jangka waktu dan kondisi tertentu bisa mempengaruhi bagaimana performa ponsel itu berjalan kedepannya. 

Seperti misalnya ponsel mengalami kendala seperti hang, overheat kerusakan LCD dan banyak lainnya, namun jika muncul kendala seperti fastboot muncul jangan khawatir dan ikuti langkahnya seperti diatas! 

Saya harap kendala kamu saat ini bisa teratasi dan bisa menemukan titik terang. Apabila konten ini dirasa berguna bisa kamu bagikan kepada teman-temanmu juga. Agar kita saling membantu para teman-teman yang lain.

Rekomendasi Artikel Lainnya