BLANTERORBITv102

2 Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Google Play Protect Pada Ponsel Android

4/17/21
Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Google Play Protect

Anda ingin mematikan google play protect yang terdapat dalam ponsel? Maka berikut ini ada uraian cara mematikan dan mengaktifkan Google Play Protect pada ponsel dengan mudah dan aman. 

Tentu saja uraian mengenai tips serta cara mematikan layanan ini akan menjadi jawaban dan solusi dari permasalahan anda, jadi pastikan untuk selalu menyimak uraiannya. Dalam sebuah ponsel selain fitur guna berkomunikasi, koneksi internet, penyimpanan, fitur tema atau wallpaper juga memiliki fitur pengamanan lho.

Nah salah satu fitur yang berguna sebagai pengaman dari ponsel itu sendiri datang dari yang namanya google play protect. Namun tentu saja menjadi sangat sah jika seorang pengguna ponsel berencana mematikan mode ini di karenakan mengganggu keperluan lainnya yang terhalang jika menggunakan mode ini. 

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas dan rinci lainnya maka mari simak uraian berikut mengenai google play protect! Uraiannya ada di bawah ini!

Apa Pengertian Google Play Protect Pada Ponsel?

Pernah mendengar mengenai google play protect pada ponsel? Tahukah anda mengenai pengertian dari istilah tersebut. Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara mematikan google play protect dan mengaktifkan pada ponsel maka akan menjadi lebih baik jika mengetahui lebih rinci mengenai pengertiannya terlebih dahulu. 

Apalagi fitur ini selalu ada pada ponsel Android yang anda gunakan dan bekerja aktif membantu pergerakan ponsel.

Google play protect merupakan sebuah sistem pengamanan otomatis yang ada pada layanan google ponsel yang mana bisa bekerja saat pengguna berupaya mengunduh suatu aplikasi atau layanan. 

Google play protect bekerja untuk menjaga keamanan perangkat dari aplikasi yang dianggap berbahaya atau melanggar kebijakan penggunaan ponsel. 

Jika pengguna ingin melakukan pengunduhan suatu aplikasi atau suatu informasi maka biasanya google play protect akan bekerja mendeteksi keamanan aplikasi yang di maksud sebelum memberikan izin pengunduhan.

Singkatnya, fitur atau sistem ini bekerja guna menjaga keamanan isi data pribadi anda selaku pengguna ponsel. Layanan ini akan membantu dalam menyelamatkan kesehatan ponsel dari berbagai aplikasi berbahaya yang tidak legal. 

Meski jika memang niatan kamu biasanya untuk login atau memiliki sebuah situs luar negeri yang tidak memiliki izin pemasangan di Indonesia maka tentu saja kepemilikan fitur atau mode google play protect akan menganggu serta menyulitkan anda.

Apa sih gunanya Google Play Protect itu?

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Google Play Protect


Nah setelah mengetahui bagaimana pengertian singkat dari google play protect maka menjadi sangat bijak juga untuk mengetahui apa saja kegunaan dari fitur mode yang satu ini. Tanpa berlama-lama lagi mari simak uraian informatif berikut ini!

  • Menjaga Keamanan Ponsel

Pertama adalah Google play protect memiliki kegunaan untuk menjaga keamanan ponsel selama berselancar di dunia maya. Jika anda berselancar di dunia maya dan mengunjungi suatu situs illegal serta berencana melakukan pengunduhan aplikasi maka otomatis akan di proteksi oleh fitur ini. 

Hal ini di lakukan semata-mata bukan untuk membatasi ruang gerak pengguna ponsel namun sebagai cara untuk menjaga keamanan data ponsel dan data pribadi dari pemilik ponsel seperti foto, lokasi ponsel dan social media pengguna.

  • Memberikan Peringatan Akan Aplikasi yang Berpotensi Berbahaya

Kegunaan kedua dari google play protect adalah bekerja untuk memberikan peringatan pada pengguna ponsel akan aplikasi yang berpotensi berbahaya. Misalnya saja anda ingin mengunduh suatu aplikasi atau terhubung pada suatu situs maka tentu saja otomatis google play protect akan mengirimi keterangan peringatan. 

Keterangan tersebut nantinya akan bertuliskan mengenai bahaya situs atau aplikasi yang akan kita akses atau unduh, jadi kalau tidak ingin meneruskan maka anda bisa segera out (keluar).

  • Melakukan Pemeriksaan Keamanan Aplikasi

Adapun kegunaan lainnya dari fitur ini adalah bisa melakukan pemeriksaan keamanan aplikasi sebelum kamu berencana untuk mengunduh suatu aplikasi tertentu. 

Fitur ini akan melakukan skrining pengecekan terhadap aplikasi yang di maksud secara rinci mulai dari data developer asal, kapasitas memori aplikasi, isi aplikasi dan banyak lainnya. Jika di rasa berbahaya dan terlarang maka nantinya akan muncul pop-up peringatan agar anda menghindari pengunduhan.

  • Melakukan Penghapusan Aplikasi yang Dianggap Melanggar 

Kegunaan ke empat dari fitur ini adalah bisa melakukan penghapusan aplikasi yang di anggap melanggar atau tidak aman secara otomatis saat pengunduhan. Sebelum aplikasi terlarang masuk ke dalam ponsel dan bisa membaca data ponsel maka Google play protect akan melakukan pembatasan terlebih dahulu.

Jadi misalnya anda memang berencana mengunduh suatu aplikasi terlarang atau tidak resmi di Indonesia jika masih menggunakan atau mengaktifkan fitur ini maka akan sulit. 

Cara Mengaktifkan Google Play Protect

  1. Langkah dalam pengaktifan Google Play Protect terlebih dulu buka aplikasi Google Play Store yang kamu miliki
  2. Setelah itu, di bagian sisi kiri atas pilih menu garis tiga yang biasa berbentuk vertikal 
  3. Tahap ketiga, kamu harus mengklik bagian Menu Play Protect.
  4. Jika sudah, kamu hanya perlu mengklik / menekan tombol Aktifkan dengan menggeser ke kanan pada pilihan Scan Device For Security Threats dan Improve harmful app detection.
  5. Maka perubahannya akan berubah pada tampilan layar menu smartphone kamu.

Cara Mematikan Google play protect dengan Mudah dan Aman!

Nah setelah mengetahui kelebihan serta kegunaan dari google play protect namun anda masih ingin tetap melakukan non-aktif fiturnya maka tidak masalah. Berikut ini adalah beberapa cara mematikan google play protect dengan mudah dan aman yang bisa anda lakukan! Sebagai berikut.

  • Buka Play Store Pada Android Anda

Langkah pertama sebagai cara mematikan google play protect adalah dengan membuka Play Store pada Android anda. 

Masuklah ke menu play store yang biasanya bisa kamu gunakan untuk mengunduh suatu aplikasi pada ponsel. Menu Play Store sendiri tidak akan sulit di temukan pada area ponsel sehingga tidak akan menyulitkan pengguna. 

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Google Play Protect

Langkah kedua untuk menon-aktifkan google play protect adalah dengan memilih Menu Play Protect yang ada pada area play store. Klik tiga titik pada kiri atas berbentuk vertikal menu play store. 

  • Selanjutnya, klik bagian Play Protect. Biasanya bagian ini berada di bawah menu Payment Methods.
Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Google Play Protect

  • Klik Menu Scan Device For Security Threats dan Improve Harmfull App Detection
Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Google Play Protect


Cara mematikan google play protect yang ke tiga setelah masuk ke bagian Play Protect adalah dengan masuk ke menu Device For Security Treats dan Improve Harmfull App Detection


Setelah itu anda harus klik non-aktifkan kedua menu tersebut dengan swipe ke kiri pada bagian tombolnya. Biasanya nanti akan di tandai dengan berubahnya tombol berwarna hijau ke warna abu-abu sebagai tanda non-aktif.

  • Klik Nonaktifkan Saat Box Warning Muncul
Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Google Play Protect

Setelah klik off atau non-aktifkan menu Device For Security Treats dan Improve Harmfull App Detection maka kamu bisa mengabaikan dengan klik Nonaktifkan sebagai tanda setuju. Setelah menekan tombol tersebut, maka otomatis tampilan Google Play akan berubah dan kamu bisa men-download berbagai aplikasi dengan bebas.

Nah itulah di atas beberapa uraian mengenai tips dan cara mematikan google play protect yang ada pada ponsel anda dengan mudah tentunya. 

Sebenarnya keberadaan dari google play protect ini cukup penting dalam membantu mengamankan perangkat dalam ponsel anda agar tetap aman dari gangguan virus, hacker, aplikasi bodong atau laman-laman illegal yang bisa menganggu keamanan ponsel. 

Namun tentu saja jika anda ingin mematikan layanan ini tetap dapat di lakukan dengan beberapa rangkaian cara di atas, pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi kamu selama menggunakan ponsel pintar ya! 

Dan untuk cara mengaktifkan dan menonaktifkan Google Play Protect sebenarnya kita tinggal membalikkan caranya saja.

Rekomendasi Artikel Lainnya