BLANTERORBITv102

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop dengan Mudah

4/23/21
Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop

Cara mengatasi HP Xiaomi Bootloop dengan mudah yang bisa anda praktikan sendiri di rumah. Tentu saja penggunaan ponsel dengan merk apapun dalam kurun waktu tertentu bisa mengakibatkan suatu penurunan performa atau mesin seiring lamanya penggunaan dan beratnya masa penggunaan, jadi anda tidak perlu khawatir. 

Jika kendala yang muncul pada ponsel kesayangan masih seputar hal-hal ringan maka anda tidak harus mengambil tindakan guna membeli ponsel baru atau membawanya ke tempat service yang memakan biaya.

Bootloop sendiri biasanya memang sering terjadi sekali waktu pada ponsel seperti merk Xiaomi ini karena adanya kegagalan fungsi ringan pada software-nya. Namun tenang saja karena kendala semacam ini masih bisa di atasi dengan mengikuti tahapan dan cara pada uraian artikel ini, jadi jangan sampai tidak menyimaknya. 

Nah, tanpa berlama-lama lagi mari kita simak bersama mengenai bagaimana cara penanganan ponsel khususnya merk Xiaomi yang mengalami kendala bootloop ini? berikut uraiannya!

Pengertian Mengenai Bootloop Pada HP Xiaomi

Sebelum membahas jauh mengenai bagaimana sih cara mengatasi HP Xiaomi bootloop maka menjadi sangat bijak dan pas untuk mengenal terlebih dahulu mengenai istilah dari bootloop itu sendiri. 

Jadi bootloop merupakan sebuah kendala yang bisa menyerang ponsel dan mengakibatkan ponsel tidak bisa bekerja normal menerima perintah dari pengguna. 

Bootloop merupakan sebuah permasalahan yang muncul pada piranti lunak atau software ponsel dan biasanya tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan ponsel selama masih dalam kapasitas normal.

Bootloop ini adalah kendala pada software ponsel yang membuat ponsel tidak bisa bergerak, blank dan mengalami kegagalan sistem. 

Untuk kendala bernama bootloop ini sendiri bisa di bedakan ke dalam dua jenis yaitu Light Bootloop atau bootloop ringan dan Hard Bootloop atau bootloop berat. Untuk masalah bootloop ringan sendiri biasanya terjadi tidak terlalu sering atau hanya kadang-kadang saja menyerang ponsel Xiaomi.

Namun untuk kendala bootloop yang berat ini memiliki kasus yang cukup berbeda karena jauh lebih bandel di bandingkan Light Bootloop.

Untuk kasus yang kedua ini biasanya kegagalan masuknya ke jaringan sistem akan menjadi lebih mengkhawatirkan dan bisa mengarah  ke kerusakan permanen meski sudah coba di atasi berkali-kali. Namun jangan keburu khawatir dengan segera membeli ponsel baru dan simak uraian cara mengatasi HP Xiaomi bootloop kali ini!

Apa Ciri-ciri dan Alasan Ponsel Xiaomi Kesayangan Mengalami Bootloop

Setelah membahas mengenai pengertian dari istilah bootloop dalam ponsel, sebelum beranjak pada tips serta cara-cara mengatasi HP Xiaomi bootloop. Maka menjadi penting juga untuk mengetahui apa kiranya ciri-ciri ponsel Xiaomi terkena bootloop dan bagaimana akhirnya ponsel kesayangan anda terkena kegagalan software ini.

Untuk ciri-ciri pertama ponsel terkena bootloop adalah biasanya ponsel tidak akan bisa menerima perintah apapun dan tidak bergerak sama sekali seluruh menu-menunya.

Ciri kedua yang juga jelas sebagai pertanda ponsel mengalami bootloop adalah ponsel hanya akan menunjukan logo ponsel Xiaomi selama berulang-ulang. Selama logo ponsel tersebut muncul maka ponsel tidak akan bisa bekerja atau di gunakan secara normal seperti biasanya. 

Blank ponsel menjadi ciri-ciri utama ketika ponsel mengalami kegagalan sistem software, jadi ketika ponsel Xiaomi yang anda miliki mengalami hal semacam ini maka anda bisa mulai mengikuti arahan cara mengatasi HP Xiaomi bootloop pada uraian ini.

Adapun alasan mengapa ponsel kesayangan bisa mengalami kegagalan software atau bootloop itu ada banyak  sekali faktor yang melatar belakanginya. 

Pertama adalah pengguna terlalu banyak melakukan modifikasi sistem atau penggunaan software tambahan di luar fitur bawaan resmi dari Xiaomi. Alasan kedua ponsel Xiaomi mengalami bootloop adalah pengguna menggunakan ROM yang kurang tepat pada seri ponsel yang seharusnya. 

Alasan selanjutnya adalah bahwasanya ada kegagalan instalasi atau flashing pada penggunaan ROM ponsel yang ada. Alasan ke empat yang membuat ponsel mengalami bootloop adalah adanya data lama yang tidak di perlukan lupa untuk terhapus sehingga membuat kegagalan software. 

Itulah beberapa ciri serta alasan mengapa ponsel Xiaomi dan android khususnya bisa mengalami kegagalan sistem software.

Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Mengalami Bootloop 

Setelah membahas ringkas pengertian hingga latar belakang mengapa ponsel bisa mengalami bootloop. Maka berikut ini akan di jelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi bootloop ringan hingga berat, bagaimana caranya?

1. Matikan Perangkat, Lepas Memori, Baterai Hingga Kartu Ponsel

Cara mengatasi HP Xiaomi bootloop yang pertama adalah anda harus mematikan perangkat, lepas memori ponsel, baterai hingga kartu data yang di miliki.

Untuk tahapan ini sendiri bisa di lakukan jika memang kondisi bootloop atau kegagalan software yang ada masih tergolong ringan dan tidak perlu masuk ke cara-cara teknis. Setelah anda melihat ciri-ciri ponsel mengalami blank, muncul logo secara berulang maka segera lakukan restart ulang dengan cara berikut ini.

Anda bisa mulai mematikan ponsel, melepas baterai ponsel yang di miliki. Kemudian melepaskan memori luar ponsel jika ada dan lepaskan juga kartu data pada ponsel. Jangan lupa untuk membiarkan ponsel dalam keadaan mati selama beberapa saat, setidaknya diamkan selama 5 menit agar suhu ponsel berubah normal dan bootloop bisa hilang.

Jika kendala kegagalan masih ringan maka setelah melakukan cara seperti ini maka ponsel akan bisa bekerja normal seperti biasanya. Anda bisa mulai memasang kembali baterai, memori hinga kartu ponsel yang ada ke tempatnya semula. Hidupkan ponsel dengan tombol power dan tunggu selama beberapa saat agar sistem bekerja kembali.

2. Reset Ulang Ke Pengaturan Pabrik atau Hilangkan Semua Data yang Ada

Nah, cara mengatasi HP Xiaomi bootloop yang kedua adalah cara mengatasi bootloop bagi kendala bootloop yang sudah parah. Keparahan bootloop dapat diidentifikasi apabila ponsel yang sudah di lepas baterai, memori hingga kartunya saat di hidupkan masih blank. 

Untuk cara yang satu ini lumayan ekstrim karena harus melakukan reset atau penghilangan data ke pengaturan pabrik awal seperti awal membeli ponsel yang otomatis akan membuat seluruh data ponsel menjadi hilang.

Caranya adalah dengan anda menekan tanda volume bagian atas bersamaan dengan tombol power dan tanda home. 

Setelah menekan seluruh tombol di atas maka nantinya akan muncul menu Mi Recovery mode yang bisa anda pilih. Jika sudah muncul menu tersebut maka anda bisa klik Wipe & Reset sebagai tanda setuju melakukan peresetan ulang dan menghilangkan semua data agar ponsel kembali bisa di gunakan.

Bagaimana? Kini sudah tidak perlu khawatir lagi bukan jika mengalami kendala bootloop pada ponsel Xiaomi kesayangan anda karena ada cara mengatasi HP Xiaomi bootloop dengan mudah. 

Pemakaian dan kondisi performa ponsel yang menurun karena kondisi tertentu memang sering kali mempengaruhi kenyamanan ponsel saat di gunakan apalagi saat muncul seperti di atas. 

Nah, agar ponsel tetap terjaga performa dan kesehatan mesinnya maka anda selaku pengguna harus memperhatikan perawatan ponsel Xiaomi anda seperti melakukan charger sebelum lowbat, jangan menggunakan ponsel secara berlebihan dan sering-sering cek virus yang mungkin masuk ke ponsel anda! Selamat mencoba tips di atas!

Rekomendasi Artikel Lainnya