BLANTERORBITv102

7 Cara Mengatasi Dan Penyebab Tidak Bisa Memutar Musik Mp3 di Android

4/25/21
mengatasi tidak bisa memutar musik mp3 android

Memutar musik adalah salah satu jenis hiburan yang bisa dimanfaatkan oleh seseorang. Dimana hiburan berupa musik ini biasanya diputar pada smartphone maupun komputer. Akan tetapi memutar musik di android biasanya mengalami sebuah masalah yang membuat seseorang merasa bingung.

Penyebab Tidak Bisa Memutar Musik Mp3 Pada Android

Pemutar musik yang tidak dapat dioperasikan dengan baik tentu memiliki beberapa penyebab yang perlu Kamu ketahui. Dimana penyebab ini memang masih banyak pengguna yang belum mengetahui hal tersebut. Adapun beberapa penyebab mengapa tidak bisa dioperasikan dengan baik dan lancar yang akan dipaparkan sebagai berikut.

1.File Musik Rusak

Hal yang menjadi permasalahan mengapa tidak bisa memutar musik Mp3 pada smartphone android adalah file musik tersebut rusak. File musik yang rusak ditandai dengan pada saat mendownload lagu namun proses download tersebut gagal. Bukan hanya gagal saja, namun proses download tersebut terhenti secara tiba-tiba sehingga lagu tidak dapat diputar.

2.Format Lagu Tidak Didukung

Meskipun lagu tersebut sudah di download namun format yang dimiliki lagu tersebut tidak didukung sehingga lagu tidak bisa diputar. Adapun jenis format pemutar lagu yang pada umumnya digunakan seperti mp3, mp4, dan lain sebagainya. Namun format lagu yang menggunakan .aac ataupun m4a bisa jadi tidak terbaca dan lagu tidak dapat diputar.

3.Micro SD Rusak

mengatasi tidak bisa memutar musik mp3 android

Micro SD atau disebut sebagai penyimpanan eksternal yang ada pada smartphone android sering mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi apabila Micro SD tersebut sudah lama digunakan oleh pengguna smartphone sehingga file sudah tidak terbaca. Hal tersebut membuat file lagu yang ada di dalamnya tidak bisa terbaca dan diputar.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Musik Mp3 Di Android

Hal tersebut sering terjadi di smartphone android yang dimiliki oleh seseorang pada saat ingin memutar musik MP3. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut akan dipaparkan pada pembahasan berikut ini. 

1.Update Aplikasi Pemutar Musik

mengatasi tidak bisa memutar musik mp3 android

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengupdate aplikasi pemutar musik yang terdapat pada smartphone android. Untuk melakukan update atau pembaruan pada aplikasi ini kamu bisa masuk ke aplikasi Google Play Store. 

Adapun tujuan memperbarui aplikasi ini adalah agar aplikasi tersebut berubah ke versi yang terbaru dan juga kelancaran dalam mengakses aplikasi tersebut akan berbeda dari sebelumnya.

Bukan hanya mendapatkan aplikasi versi terbaru saja, namun juga cara kerja aplikasi tersebut tentu lebih optimal dari biasanya. Proses pembaruan aplikasi tentu membutuhkan waktu beberapa lama dan juga dapat menguras data yang dimiliki. Memang cara yang satu ini untuk mengatasi masalah tersebut cukup mudah dan juga cepat.

2.Membersihkan Cache Aplikasi

mengatasi tidak bisa memutar musik mp3 android

Semua aplikasi yang di download dalam smartphone android tentu memiliki cache apabila aplikasi tersebut dioperasikan. 

Salah satunya adalah aplikasi pemutar musik yang dimiliki pada smartphone android yang akan digunakan. Dimana cara membersihkan cache aplikasi tersebut dengan masuk ke menu setting atau pengaturan yang terdapat pada smartphone.

Setelah itu, masuk ke Apps kemudian pilih All dan cari nama aplikasi musik yang terdapat pada smartphone android. Apabila aplikasi musik sudah ditemukan maka bersihkan cache dengan pilih clear cache sehingga data yang ada akan bersih secara otomatis. Tujuan pembersihan ini agar kinerja aplikasi dapat bekerja secara optimal.

3.Download Aplikasi Pemutar Musik

mengatasi tidak bisa memutar musik mp3 android


Apabila aplikasi pemutar musik yang merupakan bawaan dari smartphone Android tidak bisa difungsikan maka bisa memanfaatkan aplikasi lain. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, kita bisa membuka aplikasi Playstore dan cari aplikasi pemutar musik yang diinginkan. Memang sangat banyak aplikasi pemutar musik yang bisa dimanfaatkan.

Jenis aplikasi pemutar musik yang dapat dimanfaatkan seperti aplikasi JetAudio, Musixmatch, Poweramp, dan lain sebagainya. 

Semua jenis aplikasi pemutar musik tersebut termasuk aplikasi yang terbaik untuk digunakan. Namun kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan pada aplikasi ini tentu berbeda-beda dan begitu pun kualitasnya.

4.Ganti Micro SD

Micro SD

Perlu diketahui bahwa Micro SD adalah salah satu memori penyimpanan eksternal yang bisa digunakan untuk memutar musik. Micro SD tersebut perlu dicek atau diganti, apalagi jika Micro SD tersebut memang sudah lama digunakan.

Micro SD yang sudah lama dapat mengalami kerusakan dalam sistem penyimpanan yang dimiliki. Maka dari itu, sebaiknya ganti Micro SD yang memiliki kualitas yang bagus dengan kecepatan membaca file secara cepat. Dengan begitu penyimpanan internal smartphone tidak akan terbebani untuk mengakses file yang ada pada Micro SD.

5.Menggunakan Aplikasi Clean Master

mengatasi tidak bisa memutar musik mp3 android

Apabila tidak bisa membersihkan cache secara manual, Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih berupa Clean Master. 

Aplikasi Clean Master ini bisa di download pada aplikasi Playstore dengan langsung mengetik Clean Master dan instal aplikasi tersebut. Fungsi dari aplikasi Clean Master ini untuk membersihkan cache android yang sudah menumpuk.

Apabila cache yang menumpuk tersebut sudah banyak tentu dapat menimbulkan berbagai masalah yang bisa terjadi pada android. 

Salah satu masalah yang biasa muncul adalah adanya tulisan no media found pada aplikasi pemutar lagu. Padahal lagu yang kita miliki dalam smartphone sangat banyak namun tidak terbaca akibat cache tersebut.

6.Restart ponsel Android yang menjadi permasalahan

mengatasi tidak bisa memutar musik mp3 android

Tips selanjutnya melakukan reboot atau restart pada android. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengklik tombol power yang biasanya berada pada bagian samping smartphone. Tombol tersebut berukuran kecil yang dapat ditindis untuk melakukan restart pada smartphone.

Dengan melakukan muat ulang atau reboot pada smartphone membuat pengaturan smartphone kembali seperti semula. Setelah melakukan reboot maka diamkan smartphone selama 30 menit lamanya kemudian aktifkan kembali. Apabila hal tersebut sudah dilakukan maka cobalah memutar musik yang kamu inginkan apakah sudah bisa atau belum.

7.Pindahkan Lagu ke Folder Baru

Cara lain yang dapat dilakukan apabila file musik tidak dapat diputar adalah dengan memindahkan file musik tersebut ke folder baru. Tujuan dari pemindahan file ini adalah agar file tersebut dapat terbaca. Memang memindahkan file adalah satu cara yang bisa dicoba untuk mengatasi permasalahan dalam memutar musik ini.

Meskipun cara ini tidak banyak dilakukan oleh pengguna smartphone karena dianggap membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, proses pemindahan file pun cukup ribet karena seseorang perlu menggunakan komputer atau PC. Akan tetapi apa salahnya jika mencoba menggunakan cara tersebut untuk mengatasi masalah tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi tidak bisa memutar musik mp3 di android yang perlu dilakukan. Selain itu, beberapa hal yang menyebabkan timbulnya masalah ini pun dianggap hal kecil saja. Meskipun berbagai cara dapat dilakukan agar musik dapat diputar kembali pada smartphone andoid Kamu. 

Semoga dengan tips yang sudah saya bagikan ini dapat membantu kamu menyelesaikan mengapa tidak memutar musik. Kamu juga dapat membagikan konten ini jika dirasa sangat membantu kepada teman-temanmu yang lain.

Rekomendasi Artikel Lainnya