BLANTERORBITv102

Wajib Dicoba! Cara Menonaktifkan Google Smart Lock Pada Facebook Dan Instagram

4/06/21
Cara Menonaktifkan Google Smart Lock Pada Facebook Dan Instagram

Untuk para pengguna smartphone tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Smart Lock yang mana jika diartikan satu persatu katanya maka memiliki arti kunci pintar. Untuk sebagian orang Google Smart Lock memang sangat membantu, namun tidak untuk sebagiannya lagi.

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai Google Smart Lock dan juga cara menonaktifkan Google Smart Lock pada Facebook dan Instagram. Adapun beberapa informasi tersebut adalah sebagai berikut:

Apa Itu Google Smart Lock?

Meskipun sudah hadir dalam waktu yang cukup lama namun tak jarang orang-orang masih kebingungan dan belum mengetahui apa itu Google Smart Lock jadi Google Smart Lock merupakan sebuah produk yang sangat berfungsi untuk meminta layar kunci ponsel Anda dalam beberapa situasi berikut ini:

  • Mendeteksi tubuh untuk menjaga agar perangkat tersebut tetap terbuka ketika Anda berada di dekat ponsel tersebut.
  • Bisa mendeteksi tempat-tempat terpercaya untuk menjaga agar smartphone anda tetap terbuka kuncinya terutama pada saat berada di area geo-fanced khusus pengguna seperti di rumah ataupun di kantor.
  • Dengan Google Smart Lock ini akan memastikan agar perangkat terhubung kepada perangkat-perangkat yang terpercaya misalnya bluetooth tertentu.
  • Mungkin istilah ID wajah sudah tidak asing, maka dengan Google Smart Lock ini bisa membuka handphone Anda dengan menggunakan ID wajah.
  • Google Smart Lock juga memungkinkan agar Asisten Google bisa membuka kunci perangkat kapanpun ketika suara Anda terdeteksi

Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa Google Smart Lock adalah sebuah layanan yang diberikan oleh Google agar bisa memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

Selain itu, Google Smart Lock akan memberikan kemudahan dalam mengamankan akun juga data-data yang terdapat di handphone, sehingga tidak bisa dengan mudah dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pada dasarnya Google Smart Lock memberikan tiga penawaran yang cukup menggiurkan untuk para peminatnya dan mengharuskan Anda untuk memikirkan kembali atas rencana untuk mencari informasi mengenai cara menonaktifkan Google Smart Lock pada Facebook dan Instagram. Adapun penawaran yang dimaksud yaitu:

1. Smart Lock untuk Android

Penawaran yang pertama ini mampu untuk mengamankan smartphone Anda dengan cara memberikan layanan untuk mengunci secara otomatis smartphone Anda ketika Anda tidak menggunakan smartphone tersebut.

Smart Lock untuk Android ini menggunakan pengenalan gerak tubuh yang artinya apabila Anda tidak berada di dekat smartphone tersebut, maka smartphone akan terkunci dengan sendirinya. Namun jika smartphone Anda berada di sekitar Anda maka layar smartphone Anda tidak akan terkunci.

Setelah mengenal dan mengetahui fungsi ini apakah kamu yakin untuk tetap mencari informasi mengenai cara menonaktifkan Google Smart Lock pada Facebook dan Instagram? Tentunya kamu bisa pertimbangkan hal tersebut dulu.

2. Smart Lock Untuk Chromebook

Secara garis besar bisa dipastikan bahwa fungsi dari Google Smart Lock penawaran yang kedua ini sama persis sebagaimana yang ditawarkan oleh Google Smart Lock di opsi yang pertama atau au Smartphone untuk Android.

3. Smart Lock Untuk Sandi

Jika pada penawaran diatas hanya berfokus pada menjaga agar bangsa tetap terbuka atau tidak terkunci saat dekat dengan pemiliknya maka penawaran Ketika memberikan pelayanan berupa penawaran untuk menyimpan kata sandi dari setiap akun yang Anda miliki dan juga situs website yang sering Anda gunakan.

Penawaran dengan fitur-fiturnya sangatlah cukup menggiurkan, khususnya pada opsi yang ketiga mampu menjadikan orang-orang semakin ragu untuk menonaktifkan Google Smart Lock.

Cara Menonaktifkan Google Smart Lock Pada Facebook dan Instagram

Setelah melewati beberapa penjelasan di atas, maka kamu pasti memikirkan kembali apakah akan tetap melanjutkan atau tidak jadi untuk menonaktifkan Smart Lock tersebut. Semua itu tergantung pada kamu.

Aplikasi sosial media seperti Facebook dan Instagram memang banyak peminatnya dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi berbagai tindak kejahatan misalnya menghack akun atau bahkan kejahatan yang lainnya.

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan agar bisa terhindar dari berbagai tindak kejahatan yang mungkin saja terjadi melalui sosial media tersebut yaitu dengan mengamankan atau tidak memberikan sandi sosial media kepada siapapun.

Namun meskipun demikian, jika Anda menggunakan atau memanfaatkan Google Smart Lock pada penawaran ketiga atau untuk sandi. 

Maka jika smartphone terjatuh pada saat kamu berpergian atau bahkan hilang dan ditemukan oleh orang lain, bisa saja mereka dengan mudah untuk membukanya karena ketika mereka membuka aplikasi tersebut mereka bisa langsung masuk ke akun tanpa diminta kata sandi.

Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa langkah-langkah yang bisa kita lakukan agar bisa menonaktifkan Google Smart Lock smartphone, khususnya di Facebook dan Instagram. Adapun langkah-langkahnya adalah:

1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu membuka fitur Pengaturan di smartphone kamu, kemudian carilah opsi Google.

2. Jika tampilan layar smartphone sudah berubah maka kita harus mencari dan membuka atau menonaktifkan opsi Smart Lock untuk sandi / Smart Lock for Password.


Cara Menonaktifkan Google Smart Lock Pada Facebook Dan Instagram
copyright by joecomp.com


3. Jika hal tersebut sudah dilakukan maka selanjutnya harus mencari tulisan "jangan pernah simpan / Never save". Jika sudah menemukan tulisan tersebut kamu bisa langsung mengklik atau memencet opsi atau tombol "+" / Add app not to be saved sebagai langkah terakhir.


Cara Menonaktifkan Google Smart Lock Pada Facebook Dan Instagram
copyright by joecomp.com


4. Selanjutnya kita hanya menambahkan aplikasi yang ingin ditambahkan contohnya saja dalam hal ini seperti Facebook dan Instagram.

Di bagian tersebut bukan hanya bisa menambahkan aplikasi seperti Facebook dan Instagram bahkan aplikasi-aplikasi lainnya yang sebelumnya terkunci bisa kita buka kembali atau menonaktifkan Smart Locknya.

Jika sudah benar-benar mengikuti langkah demi langkah yang sudah disebutkan di atas, maka Google Smart Lock pada aplikasi Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter serta berbagai aplikasi lainnya bisa kita nonaktifkan sendiri sesuai dengan aplikasi yang sudah kita masukan atau tambahkan.

Demikianlah beberapa langkah dari cara menonaktifkan Google Smart Lock pada Facebook dan Instagram, yang sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan bukan hanya oleh orang dewasa, melainkan bisa juga dilakukan oleh remaja dan bahkan anak-anak juga bisa menggunakan cara-cara di atas.

Dengan cara di atas, bkan hanya bisa untuk menonaktifkan Google Smart Lock pada Facebook dan Instagram saja, melainkan aplikasi-aplikasi lainnya yang diinginkan agar tidak terhubung lagi dengan Google Smart Lock.

Ketika kamu sudah mencoba bagaimana cara menonaktifkan Google Smart Lock serta berbagai aplikasi lainnya dan kemudian kamu berubah pikiran untuk kembali serta ingin menggunakan Google Smart Lock tersebut, maka bisa kembali menggunakan cara di atas.

Namun bukan ditambah melainkan mengurangi atau menghapus aplikasi-aplikasi dari data-data di Google Smart Lock tersebut.

Rekomendasi Artikel Lainnya