BLANTERORBITv102

4 Cara Dalam Memindahkan Kontak Dari Android Ke Perangkat iPhone (Tips Manjur)

4/11/21
Cara Memindahkan Kontak dari Android ke Iphone

Kamu pengguna gadget pintar tentu membutuhkan kontak agar dapat terhubung dengan orang lain. Fitur kontak di dalam gadget membantu kita menyimpan nomor provider teman, kolega kerja, maupun keluarga sehingga proses komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

Ketika berganti gadget, tentu kita tidak ingin kehilangan kontak yang terdapat di dalamnya. Karena itulah aplikasi maupun fitur migrasi kontak banyak dicari oleh pengguna mobile, nantinya gadget baru tersebut akan tetap menyimpan kontak lama. 

Jika gadget atau smartphone yang digunakan menggunakan sistem operasi yang sama, tentunya proses pemindahan dapat dilakukan dengan mudah.

Berbeda jika gadget baru yang dibeli memiliki sistem yang berbeda, misalnya dari Android ke iOS, maka perlu cara khusus agar kontak lama tetap tersimpan. Untuk itu bagi kamu yang sedang mempunyai problem dalam hal tersebut, saya akan bagikan caranya supaya dapat memberikan solusi kepada kamu.

Cara Memindahkan Kontak Dari Android Ke Iphone

Cara Melakukan Pemindahan Kontak dengan Gmail

Akun gmail merupakan akun penting yang akan selalu tersinkronasi dengan ponsel Android, karena itu melakukan pemindahan kontak dengan gmail ke ponsel iPhone tetap bisa digunakan. Meskipun kita menggunakan iPhone, Anda tetap dapat menggunakan fitur dari Google tersebut di dalam perangkatnya. 

Untuk melakukan pemindahan dengan akun gmail, maka kamu harus memindahkan kontak terlebih, yakni dari kontak penyimpanan ponsel ke kontak penyimpanan gmail. Anda bisa mengatur pengaturan di dalam ponsel, sehingga proses pemindahan dapat berlangsung secara otomatis.

Cara untuk memindahkan kontak dari Android menuju ponsel iPhone tidak begitu sulit, beberapa langkah tersebut dapat Anda jadikan panduan agar tidak terjadi kesalahan. 



Cara Dalam Memindahkan Kontak Dari Android Ke Perangkat iPhone


  • Hubungkan akun Gmail ke perangkat iPhone, caranya dengan membuka pengaturan, kemudian memilih bagian Mail, Contacts, ,Calendars.
  • Setelah sampai ke menu tersebut pilih Gmail yang tersedia. 
  • Tunggu sampai berangkat terhubung, kemudian lakukan sinkronisasi data yang ingin dipindahkan. Anda bisa memilih semua data atau hanya memindahkan yang penting saja. 
  • Nantinya iPhone akan langsung melakukan sinkronisasi dengan server milik Gmail dan Android, sehingga daftar kontak yang kita miliki bisa ikut berpindah dan tersimpan. 

Untuk menggunakan cara ini, tentunya kamu harus menggunakan jaringan internet yang cukup stabil. Apalagi jika selain data kontak, kita perlu memindahkan data lain dengan ukuran yang besar.

Membuat File VCF untuk Proses Pemindahan

Kemudahan penyimpanan cloud seperti gmail dan sejenisnya tidak disukai semua orang, apalagi untuk mereka yang tidak ingin data pribadi yang dimiliki bocor hanya karena penyimpanan cloud yang dirasa kurang aman. Jika merasa kurang nyaman menggunakan cara yang pertama karena secara tidak langsung menggunakan penyimpan awan, ada cara lain yang direkomendasikan. 

Cara tersebut adalah dengan memindahkan kontak Android ke iphone dengan membuat file dari VCF. Cara memindahkan kontak dari android ke iphone juga tidak begitu sulit, ia juga sudah cukup familiar untuk digunakan oleh pengguna gadget dengan dua sistem operasi yang berbeda.  Kamu yang memilih untuk menggunakan cara ini, berikut panduan yang bisa Anda ikuti, diantaranya:

copyright by gadgetren.com

  • Masuk ke menu kontak yang tersedia di Android, kemudian pilih pengaturan yang ada disana. 
  • Pengaturan biasanya berbentuk 3 buah titik sejajar vertikal yang ada di ujung kanan kontak. Dari sana Anda bisa melanjutkan dengan memilih fitur import ataupun export
  • Untuk melakukan export ke VCF, pilih menu export to.vcf file tersebut akan tersimpan langsung ke dalam perangkat ponsel. 
  • Jika kamu ingin mengirimkan file tersebut, kita cukup mengirimkannya melalui media yang tersedia. Bisa menggunakan email, whatsapp, maupun media pemindah data lainnya.

Apabila proses pengiriman sudah selesai dan file tersebut sudah terdapat di iPhone, kita hanya perlu membuka file tersebut dan kontak bisa langsung tersimpan di iPhone. 

Memakai Aplikasi Move to iOS

Jika sebelumnya Anda menggunakan Android dan beralih ke iPhone, Anda bisa menggunakan aplikasi yang disediakan secara legal oleh Apple. Aplikasi tersebut bernama Move to iOS, yang akan membantumu untuk memindahkan berbagai data dari perangkat Android, mulai dari foto, kontak dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Meskipun terlihat mudah, cara memindahkan kontak dari android ke iphone memiliki kekurangan. Ia hanya bisa digunakan ketika Anda baru pertama kali menggunakan ponsel. Jika sebelumnya ponsel pernah digunakan atau sudah pernah dilakukan pemindahan, kemungkinan besar fiturnya tidak bisa bekerja secara maksimal. 

Jika ponsel yang kamu gunakan merupakan ponsel yang baru saja dimiliki, tidak ada salahnya mencoba cara yang satu ini. Berikut adalah langkah yang perlu kamu lakukan, diantaranya:


copyright by gadgetren.com


  1. Unduh aplikasi Move to iOS ke perangkat Android Anda, bisa diunduh di Play Store sehingga tetap aman. 
  2. Setelah pemasangan selesai dilakukan, buka aplikasi tersebut dan nyalakan ponsel iPhone Anda untuk pertama kalinya. 
  3. Ketika iPhone menyala, tersedia menu move data from Android, dari sana kita bisa memulai proses pemindahan. 
  4. Akan ada pin yang muncul di ponsel iPhone, salin pin tersebut ke dalam aplikasi yang terdapat di dalam Android. 
  5. Secara otomatis, kedua perangkat langsung terhubung dan Anda bisa melihat transfer data dilakukan

Cara ini kemungkinan juga menggunakan jaringan internet, jadi ada baiknya mempersiapkan paket data yang mencukupi selama proses pengunduhan. Ini merupakan cara memindahkan kontak dari android ke iphone yang paling mudah dan bisa Anda terapkan jika membeli ponsel iPhone baru. 

Tips Menggunakan iPhone untuk Pemula (Info Tambahan)

Cara Dalam Memindahkan Kontak Dari Android Ke Perangkat iPhone

Jika Anda baru pertama kali menggunakan iPhone, ada baiknya mengetahui tips berikut ini agar pemakaiannya bisa maksimal. Karena menggunakan sistem operasi yang berbeda, tentunya isi, fitur, dan pengaturan yang ada didalamnya berbeda dengan ponsel tipe Android. 

Apalagi iPhone menyediakan layanan penyimpanan iCloud yang memudahkan pengguna penyimpan banyak data, dari foto, music, hingga dokumen dan langsung melakukan sinkronisasi dengan produk Apple lainnya. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui jika belum terbiasa menggunakan iPhone dengan sistem operasi iOS. 

  1. Kamu terlebih dulu harus membuat ID Apple, yang berfungsi untuk mengakses semua layanan yang disediakan oleh pihak pengembang. 
  2. Lakukan aktivasi pada perangkat iOS yang dimiliki, Anda bisa menyesuaikan dengan pengaturan bahasa, lokasi, hingga aktivasi Siri. 
  3. Lakukan setting dan sinkronisasi dengan sistem operasi yang dimiliki oleh iOS, sehingga pemakaian bisa maksimal. 
  4. Jika sudah dilakukan, jangan lupa untuk mengaktifkan sistem aplikasi penyimpanan Cloud agar penyimpanan lebih mudah. 

Itulah beberapa cara memindahkan kontak dari android ke iphone yang bisa Anda coba. Semoga informasi tersebut dapat menyelesaikan masalah kamu, terutama jika tidak bisa memindahkan kontak dari dua perangkat dengan sistem yang berbeda. 

Semoga bermanfaat dan apabila konten ini dirasa sangat membantu silahkan kamu bagikan kepada teman-temanmu. Manatau ada juga yang mengalami permasalahan yang sama supaya dapat teratasi.

Rekomendasi Artikel Lainnya