BLANTERORBITv102

Terampuh! 7 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Beserta Penyebabnya

4/28/21
Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

Cara menghilangkan embun pada kamera hp bisa kita atasi dengan berbagai cara. Cuma saja, kamera hp yang berembun dapat berdampak pada kurang maksimumnya hasil foto gambar. 

Perihal ini pastinya amat menjengkelkan apabila kamu mau memoto momen penting, sedangkan kamera ponsel berembun sehingga foto jadi blur ataupun tidak jelas. Tenang, disini ada metode untuk menghilangkan embun di sebuah kamera HP.

Penyebab lensa kamera HP berembun pada umumnya diakibatkan karena hp yang telah terkena air hujan ataupun juga kehujanan dan diletakkan di sebuah saku celana ketika hujan. Dapat juga sebab HP terciprat air ataupun jatuh ke dalam bak mandi. 

Kamu tidak perlu panik sebab ada bermacam metode menghilangkan embun di kamera depan, baik buat merk HP OPPO, Samsung, Apple iPhone, Xiaomi, ataupun brand yang lain dengan gampang. Ayo, ikuti ulasan serta panduan terlengkap berikut ini!

Penyebab Kamera HP Berembun

Ada berbagai macam yang menimbulkan kamera HP berembun. Apa saja? Kamu dapat mengenali bermacam aspek yang jadi sumber dari permasalahan mengenai kamera hpmu biar bisa bebas dari keadaan ini:

Embun pada kamera dapat lenyap dengan sendirinya. Tetapi terkadang embun masih melekat berhari- hari apalagi dalam waktu lama sehingga membuat pengguna smartphone gusar. Apakah kamu salah satunya? Supaya gak penasaran, berikut:

Cara mengatasi kamera HP berembun yang dapat kamu coba

1. Solusi Pertama Menggunakan Bahan Beras

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP


Metode pertama, kamu dapat menggunakan beras yang jitu buat melenyapkan embun di kamera hp karena beras sangat amat meresap. Menggunakan beras buat mensterilkan embun pula gampang dicoba apalagi lebih gampang dibandingkan metode yang lain. Berikut metode mensterilkan embun pada camera hp yang masuk air:

  • Pertama, siapkan wadah yang berisi beras.
  • Berikutnya masukkan hp ke dalam wadah beras itu
  • Tutup wadah yang berisi beras serta handphone.

Kamu dapat menunggu hingga embun yang menutupi lensa kamera menghilang. Metode ini dapat berlangsung lama sepanjang beberapa jam, bergantung tingkatan ketebalan embun yang menempel pada kamera smartphone. 

Baca Juga: 

Kamu dapat memasukkan hp ke tumpukan beras ketika mau tidur. Jadi sehabis bangun, kamu dapat langsung memakai kamera hp tanpa tertutupi embun lagi.

2. Memakai Hair Dryer

Hair dryer alias pengering rambut juga bisa digunakan buat melenyapkan embun pada kamera hp, tidak hanya fungsi utamanya yang dapat digunakan buat mengeringkan rambut. 

Metode melenyapkan embun pada kamera HP ini pula gampang. Kamu hanya cukup menghidupkan sebuah hair dryer, kemudian kamu keringkan kamera hp yang telah berembun tersebut dengan menggunakan hair dryer. Jangan lupa buat mematikan hp kamu terlebih dulu supaya segala yang berhubungan seperti arus segera mati.

Kamu juga wajib berjaga- jaga dikala memakai hair dryer sebab apabila salah memakainya, embun bisa-bisa masuk ke bagian dalam kamera serta sulit buat dihilangkan. Berikut metode melenyapkan embun di kamera depan yang dapat kamu coba.


  • Matikan HP terlebih dulu, serta lepas baterainya apabila perlu
  • Aktifkan hair dryer kemudian pilih temperatur yang sangat rendah biar HP tidak sangat panas
  • Spesial bagian kamera hangatkan HP dari jauh. Dapat pula ditunjukan dari pinggir HP
  • Jangan sampai temperatur HP sangat panas dikala dikeringkan memakai hair dryer

3. Menggunakan Silica Gel

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

Apabila tips  yang sudah diutarakan di atas belum menunjukkan titik terang, kamu dapat memakai silica gel yang biasanya digunakan buat melindungi sepatu sampai benda yang lain supaya senantiasa kering serta tidak lembab. Tidak heran apabila silica gel senantiasa ada di dalam kotak sepatu baru. 

Nah, siapa sangka apabila silica gel juga dapat melenyapkan embun pada kamera hp secara cepat? Langkahnya pula sama dengan metode melenyapkan embun di layar HP memakai beras. Metode nya dapat disimak di bawah ini:

  • Ambil suatu wadah kemudian taburkan silica gel di dekat handphone
  • Tutup rapat wadah itu, kemudian diamkan silica gel serta hp itu dalam waktu semalaman
  • Jangan lupa melepas baterai HP apabila smartphone memakai model battery removable
  • Berikutnya, kamu tinggal menunggu hingga embun itu menghilang dari kamera hp sebab terserap silica gel

4. Menggunakan Lampu

Umumnya, lampu digunakan buat menerangi lingkungan sekitar dengan sinar yang dihasilkannya paling utama pada malam hari. Tetapi, siapa sangka apabila lampu juga dapat melenyapkan embun pada kamera hp? 

Kamu hanya perlu menguapkan dan juga menghilangkan embun di kamera hp menggunakan udara hangat yang cenderung panas yang biasanya dikeluarkan dari sebuah lampu. Langkahnya selengkapnya sebagai berikut:

  • Matikan HP terlebih dahulu saat sebelum melaksanakan metode ini
  • Letakkan sebuah smartphone kamu di atas alas yang terlihat datar
  • Kemudian arahkan kamera hp tersebut ke atas ataupun juga bisa posisikan kamera itu jadi tengkurap
  • Lalu sorotkan lampu itu ke arah kamera hp yang berembun tersebut
  • Terakhir, tunggu hingga embun pada kamera menguap serta hilang

5. Menggunakan Cahaya Matahari

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

Cara berikutnya dengan memakai cahaya matahari. Langkah ini terbilang lumayan efisien apabila kamera hp mempunyai sedikit gumpalan embun yang melekat pada lensanya. 

Tetapi, bila embun pada lensa ponsel sangat banyak, metode ini kurang efisien serta hendaknya dihindari sebab dapat berisiko kamera hp akan terus menjadi buram. Parahnya lagi, kamera juga berisiko jadi rusak. Cara  selengkapnya dapat kamu ikuti di bawah ini:

  • Pertama, kamu tempatkan HP yang terlihat berembun ke dalam sebuah wadah yang bisa menahan paparan akan cahaya matahari tersebut secara langsung. Karena, apabila langsung menghadapkan kamera ke paparan cahaya matahari tanpa memakai penahan, dapat menyebabkan kamera HP rusak
  • Berikutnya letakkan wadah berisi hp itu di tempat yang terkena cahaya matahari
  • Kamu dapat menjemur HP yang terletak di dalam wadah itu hingga embun yang ada di dalam lensa kamera hp menguap serta menghilang

Note: Disini kamu tidak boleh untuk menjemur hp langsung di paparan cahaya matahari yang sangat lama. Walaupun hp tersebut telah ditempatkan di suatu wadah. Perihal itu dapat membuat HP kamu kotor sebab debu. Dan juga bisa berdampak pada kamera ponsel kamu.

6. Mengeringkan dengan Kipas Laptop

Siapa sangka apabila kipas laptop pula dapat diandalkan buat melenyapkan embun pada lensa kamera HP? Kamu tinggal memakai laptop yang lagi menyala biar kipas pada laptop dapat digunakan. 

  1. Cukup letakkan HP di dekat kipas laptop
  2. Tunggu hingga embun pada kamera menghilang.
  3. Tetapi, jangan sampai HP sangat dekat dengan kipasnya sebab kipas itu berpotensi menghembuskan debu ataupun kotoran dari mesin laptop ke kamera. 
  4. Jadi jangan diamkan hp sangat lama di dekat kipas laptop.

Itulah beberapa cara mengatasi kamera HP berembun yang bisa kamu praktikkan ketika terjadi pada smartphonemu.

Rekomendasi Artikel Lainnya