BLANTERORBITv102

Cara Cek Keaslian iPhone dari Tampilan Luar Hingga Detailnya

5/27/21
Cara Cek Keaslian iPhone

Mengetahui bagaimana cara cek keaslian iPhone sangatlah penting mengingat ponsel satu ini harganya sangat mahal. Jika Kamu sudah mengeluarkan uang banyak namun akhirnya mendapat barang palsu tentu sangat mengecewakan.

Saat ini ada banyak produk tiruan atau palsu yang beredar di pasar karena memang peminat iPhone sangat besar. 

Banyak orang ingin mendapatkan produk berkualitas dengan harga lebih murah. Nantinya apabila barang fake bakalan kelihatan dari mesin serta prosesor dari iPhone tersebut yang bisa katakan iPhone china.

Namun keaslian iPhone tidak bisa dengan mudah ditiru karena dari segi kualitas memang sangat diperhatikan. Kamu bisa mengenali asli tidaknya ponsel tersebut hanya dengan melihat tampilan luarnya saja.

Jika ingin lebih detail maka harus mempelajari cara mengecek keaslian iPhone dari tampilan fisik hingga fiturnya. Pelajari beberapa cara berikut ini agar tidak mudah tertipu dengan produk palsu.

Pentingnya mengetahui cara cek keaslian iPhone sebelum membeli

iPhone termasuk ke dalam deretan ponsel pintar high-end di mana versi terbarunya selalu dinanti banyak orang. Sampai sekarang ponsel satu ini dianggap sebagai barang “mewah” sehingga ada kelasnya tersendiri bagi penggunanya.

Banyak orang menantikan produk dari Apple sehingga rela mengantri dan memilih melakukan pre-order. Tujuannya adalah mendapatkan iPhone seri terbaru dan mengikuti trend saat ini sehingga harganya mencapai belasan juta rupiah.

Mengingat tingginya peminat membuat banyaknya ponsel palsu yang beredar di pasaran untuk mengelabui penggemar. Maka sangat penting mempelajari cara cek keaslian iPhone sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Salah satu alasannya sangat sederhana yaitu dari besarnya uang yang dikeluarkan namun mendapatkan produk tidak sesuai harapan. iPhone palsu jelas tidak sama kualitasnya dengan yang asli sehingga jauh harganya.

iPhone seakan memiliki trademark yaitu ponsel mewah sehingga mampu meningkatkan gengsi para pengguna. Kepercayaan diri semakin meningkat jika menggunakannya namun kalau ternyata barang palsu tentu sangat memalukan.

Jadi daripada kamu malu karena dianggap tidak mampu membeli produk asli dan memilih yang palsu. Padahal sudah mengeluarkan banyak uang namun karena ketidaktahuan salah memilih, maka pelajari caranya terlebih dahulu.

Cek keaslian iPhone dari tampilan luarnya

Untuk mengecek nya tidaklah sulit karena kamu bisa melihat dari tampilan luarnya. Ada banyak ciri fisik luar yang sangat memudahkan untuk melakukan pengecekan asli tidaknya.

1. Material yang digunakan sangat berbeda

iPhone sendiri sengaja dipasarkan untuk kelas menengah ke atas sehingga material yang digunakan jelas berbeda. Dari material inilahkamu bisa dengan mudah membedakan asli dengan palsu hanya dengan dipegang saja.

Hampir semua perangkat iPhone menggunakan material kaca dan logam yang memiliki kualitas sangat tinggi. Jadi terlihat lebih kokoh sedangkan yang palsu akan terasa lebih ringkih sama seperti smartphone pada umumnya.

2. Cek garansi yang ada

Cara Cek Keaslian iPhone



Cara Cek Keaslian iPhone

Jika pembelian dilakukan di store resmi atau official store Apple maka dijamin keasliannya sudah bergaransi. Namun jika pembelian di luar toko tersebut sebaiknya lakukan pengecekan garansi dengan lebih teliti.

Anda bisa mengecek keaslian garansi dengan masuk ke situs resmi Apple atau cek saja dari informasi garansi. Jangan sungkan untuk menanyakan garansi kepada seller demi mendapatkan jaminan garansi asli.

3. Screenshoot dengan tombol khusus

Cara cek keaslian iPhone lainnya yaitu dengan memperhatikan tombol screenshoot dan cobalah langsung. iPhone asli memiliki cara tersendiri untuk screenshoot sehingga dapat digunakan sebagai tanda khusus.

Caranya dengan menekan tombol “Home” dan “Lock” secara bersamaan yang ada di bagian atas. Sementara iPhone palsu tidak akan bisa menggunakan cara sama sehingga lebih cepat untuk mengenali.

4. Cek kesamaan IMEI pada sistem, fisik dan dus

Cara Cek Keaslian iPhone

Cara lainnya adalah dengan mengecek melalui nomor IMEI yang sangat mudah untuk mengecek asli tidaknya. Jika tidak ada kesamaan antara ketiga hal tersebut maka dapat dipastikan kalau palsu.

Samakan IMEI pada sistem, fisik dan juga dus sebelum akhirnya memutuskan membeli iPhone tersebut. Kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui iTunes agar semakin yakin keaslian atau tidaknya produk tersebut.

Cara melakukan pengecekan dari fitur yang lebih mendalam

Jika sudah melakukan pengecekan dari segi fisik namun kamu masih belum merasa yakin dan percaya. Maka bisa melakukan pengecekan lebih mendalam agar semakin yakin kalau iPhone tersebut benar-benar asli.

1. Menggunakan teknologi retina display

Cara cek keaslian iPhone bisa dilihat dari teknologi retina display yang dimiliki oleh produk dari Apple. Perusahaan lain tidak mungkin bisa meniru atau bahkan menggunakan teknologi ini pada produk palsu.

Tampilan dengan menggunakan retina display membuat tampilan menjadi jernih dan halus sehingga resolusi menjadi tinggi. Matriks kecil di luar tidak akan mungkin terlihat bahkan dengan jarak sangat dekat sekalipun.

2. iTunes hanya bisa tersambung dengan iPhone asli

Cara Cek Keaslian iPhone

Anda bisa melakukan pengecekan asli tidaknya dengan menghubungkan ponsel ke komputer yang terpasang iTunes. iTunes adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk memasukkan file baik lagu, video maupun data.

Jika ternyata tidak bisa dihubungkan ke iTunes maka dapat dipastikan kalau ponsel tersebut palsu. Namun jika langsung mau terhubung dan bisa digunakan dengan baik maka dijamin asli.

3. Tersedia app store yang dapat diakses

Cara Cek Keaslian iPhone

Cara lainnya dengan membuka App Store yang ada di dalam ponselnya. Jika Kamu menemukan dengan mudah karena memang tersedia dan dapat digunakan maka sudah pasti asli.

Namun jika Kamu tidak bisa mengaksesnya meskipun sudah tersedia maka perlu dicurigai lagi. Apalagi jika menemukan Google Play Store atau Windows Phone Store maka dapat dipastikan kalau palsu.

4. Tersedia fitur fingerprint

Perlu diketahui juga saat ini semua seri iPhone 5S ke atas sudah dibekali dengan fitur fingerprint. Maka jika kamu membeli seri di atas itu sudah dipastikan kalau fitur fingerprint selalu ada.

Cara Cek Keaslian iPhone

Jadi kalau kamu membeli tipe terbaru namun tidak ada fingerprint maka harus memastikan ulang keasliannya. iPhone juga termasuk ponsel single SIM jadi kalau tersedia dual sim maka dipastikan palsu.

Carilah informasi harga jika ingin lebih mudah membedakan asli tidaknya iPhone

Tahukah kamu cara termudah untuk cara cek keaslian iPhone adalah dengan memperhatikan harganya. Ada banyak informasi di internet dari website resmi Apple jika ada produk terbaru pasti ada informasi harganya.

Jika kamu menemukan produk di pasaran dengan harga lebih murah maka sudah dapat dipastikan palsu. Tidak mungkin penjual mau menjual ponsel mahal dengan harga lebih rendah dari toko resminya.

Saat ini ada banyak supercopy yaitu barang tiruan yang sangat mirip dan barang rekondisi namun tetap KW semua. Bahkan terkadang barang seperti ini dijual dengan harga sama dengan barang asli.

Apalagi jika kamu menemukan harga sangat jauh selisihnya dan tertarik karena harganya lebih miring. Meskipun disebutkan sebagai barang rekondisi atau supercopy namun tetap saja itu ponsel palsu.

Contohnya jika iPhone yang baru diluncurkan dengan harga di pasaran sekitar belasan juta rupiah. Namun dijual dengan harga sekitar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 tentu saja sudah sangat diragukan keasliannya.

Banyaknya iPhone palsu yang beredar di pasaran bahkan dijual secara resmi membuat kamu dituntut jeli. Pelajari cara cek keaslian iPhone dengan memperhatikan tampilan fisik maupun berbagai fitur di dalamnya.

Itulah beberapa informasi yang sudah saya utarakan. Maka dengan itu kamu harus dituntut untuk jelas membedakan palsu dan fake. Ini semua untuk barang yang kamu gunakan tidak salah pakai. 

Saya harap konten yang saya bagikan ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi untuk kamu sebelum melakukan pembelian barang tersebut. Dan tidak ada salahnya untuk share artikel ini ke teman sosial media kamu agar kita sama-sama saling membantu.

Rekomendasi Artikel Lainnya