BLANTERORBITv102

Easy way! 9 Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

5/20/21
Easy way! 9 Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

Cara melacak HP Samsung yang hilang dengan mudah memang sangat penting ketika kehilangan HP. Dimana pengguna akan mencari bagaimana cara agar HP Samsung ini bisa ditemukan segera. 

Apalagi jika hilang saat dalam kondisi mati total, tentu akan sangat sulit untuk kembali menemukannya. Maka sebelum memahami caranya sebaiknya penggguna memahami fitur HP Samsung terutama untuk keamanan pengguna.

Keberadaan HP yang hilang tentu membuat penggunanya panik dan akan mencari cara bagaimana hp yang hilang tersebut dapat ditemukan. Jika hilang karena lupa meletakkan ponsel tentu bisa ditemukan dengan beberapa cara yang mudah, seperti menelepon, melacak pakai email dan sebagainya. 

Namun, jika hilang karena dicuri atau hilang begitu saja, maka ini yang membutuhkan cara lebih ampuh agar bisa ditemukan segera.

Memahami Fitur HP Samsung

Pada saat menggunakan HP Samsung maka hal pertama dan utama yang harus dilakukan yaitu dengan memami fitur apa saja yang ada pada HP Samsung tersebut. Inilah beberapa hal yang berhubungan dengan fitur keamanan di Samsung agar HP tetap aman dan tidak hilang.

1.Gunakan Pemindai Wajah / Face Unlock

Easy way! 9 Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

Sebaiknya apabila hp kamu sudah mendukung program face unlock segera gunakan. Karena dengan fitur pemindai wajah dari samsung ini memang sangat berguna ketika seseorang ingin mengunci HPnya agar tidak mudah dibuka.

Dalam fitur pemindai wajah, jika bukan pengguna yang mendaftarkan sensor wajahnya, maka pemakai lain tidak akan bisa membuka HP. Inilah yang perlu diperhatikan oleh pengguna Samsung untuk memanfaatkan fitur pemindai wajah sebagai salah satu alternative untuk perlindungan keamanan HP.

2. Gunakan Pin Atau Pola Password

Easy way! 9 Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

Semua HP termasuk Samsung memiliki layanan atau fitur kode buka. Biasanya berupa angka, pin atau pola yang bisa digunakan penggunanya dari awal akan mensetting. Jadi saat HP sudah dalam kondisi nyala tetap tidak akan terbuka, bahkan akunnya akan terlacak untuk pemiliknya.

Kode buka ini juga bisa disetting sesuai keinginan pengguna dan digunakan untuk beberapa aplikasi pilihan. Jadi pengguna samsung tidak akan pernah khawatir terhadap aplikasi yang bersifat privasi. Pasalnya sudah ada kode yang penting digunakan untuk memberikan keamanan ekstra.

3.Manfaatkan Fasilitas Sidik Jari

Easy way! 9 Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

Adapun fitur keamaanan lainnya yaitu dengan memanfaatkan sidik jari yang ada pada HP Samsung. Banyak HP Samsung yang sudah dilengapi dengan fasilitas sidik jari, sehingga keamanan HP bisa semakin terjamin. 

Yaitu dengan mendaftarkan sidik jari pribadi, jadi jika sidik  jari yang digunakan tidak cocok maka HP Samsung tidak akan terbuka dan sulit digunakan.

Itulah beberapa fitur keamanan yang bisa dimanfaatkan untuk para penggunanya. Dimana dalam hal ini pengguna juga juga bisa memanfaatkan fitur jika HP hilang tidak mudah terbuka. Kemudian seperti apa untuk bisa melacak HP Samsung yang hilang?

Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ponsel Samsung hilang, dalam hal ini ada beberapa alasan yang terjadi. Hilang karena lupa dalam meletakkan HP, atau hilang karena dicuri dan sebagainya. 

Semua kejadian itu tentu berkaitan dengan kehilangan, maka inilah hal yang bisa dilakukan saat HP Samsung hilang.

1.Gunakan Google Map

Easy way! 9 Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

Keberadaan google map sangat penting sebagai cara melacak ponsel samsung yang hilang ini dengan mudah. Awalnya pemilik hp harus membuka email yang digunakan pada ponsel Samsung tersebut, kemudian lihat pergerakan email menggunakan aplikasi. 

Maka selanjutnya akan terlihat dan terlacak bagaimana ponsel Samsung tersebut berada, terutama jika ada fitur bagi lokasi dengan keluarga maka akan lebih terlacak lagi.

2. Melacak Dengan Find My Mobile

Easy way! 9 Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

Dengan Find My Mobile dari Samsung, pengguna juga bisa melacak nomor HP yang mati. Fitur Find My Mobile ini akan memberikan backup kepada pengguna Samsung. 

Contohnya dengan memasukkan nomor tersebut untuk dimasukkan ke list Find My Mobile milik keluarga lainnya.  Jika ada salah satu akun yang hilang, maka kita bisa menggunakan Find My Mobile.

3.Pakai No IMEI Di HP

Setiap handphone memiliki karateristik nomor IMEI masing-masing, hal ini sangat penting gunanya sebagai sarana melacak hp yang hilang.

Dengan begitu akan menghasilkan keberadaan HP yang hilang dengan memasukkan nomor IMEI ke aplikasi kemudian HP samsung bisa terlacak secara detail dimana keberadaanya.

4.My Device Yang Ada

Aplikasi My Device merupakan aplikasi penting dalam melacak HP yang mudah dan tepat guna. Dimana untuk menggunakan fitur My Device ini diharuskan untuk masuk terlebih dulu ke akun chrome.

Kemudian pilih menu telepon, masukkan no telepon dan tunggu hasilnya.

5.Pastikan email valid untuk melacak HP

Easy way! 9 Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

Pentingnya email yang harus terkoneksi pada HP sangat membantu ketika HP mulai tidak terdeteksi ketika hilang. Jadi apabila hp yang kita gunakan hilang kita dapat menggunakan email yang sudah terkoneksi dengan perangkat HP. Selanjutnya email inilah yang digunakan agar HP bisa segera terlacak dan ditemukan secepat mungkin.

6.Pakai Aplikasi Samsung ID

Dengan aplikasi Samsung ID kita dimudahkan untuk melacak hp yang hilang. Dimana sebelumnya pemilik ponsel Samsung harus memakai aplikasi ini terlebih dahulu dalam memahami ID nya dengan baik dan benar. 

Selanjutnya saat ponsel tidak terlacak dan hilang maka kemudian ponsel Samsung tersebut bisa terdeteksi dengan adanya aplikasi Samsung ID dari Samsung.

7. Menggunakan aplikasi pihak ketiga 

Easy way! 9 Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang


Untuk bisa melacak ponsel yang hilang maka gunakan fasilitas pelacak ponsel yang ada di Google PlayStore. Pilih beberapa aplikasi pelacak tersebut dan pastikan bisa mudah digunakan dalam segala hal agar ponsel yang hilang bisa ditemukan segera. 

Biasanya pengguna harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi pelacak ponsel tersebut ke ponsel android yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk melakukan pelacakan dengan sesegera mungkin.

8. Lacak Dengan Google ADM

Easy way! 9 Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

Lakukan login ke dalam Google ADM kemudian butuh email yang digunakan saat aktivasi HP. Setelah masuk maka tinggal masukkan email pada Google ADM, selanjutnya nanti akan terlihat HP yang hilang bisa terlacak dengan cepat. 

Jadi pengguna segera bisa memanfaatkan beberapa fitur di Google ADM, jika tidak pakai no HP, bisa juga dengan google ADM.

9.Maksimalkan Pencarian Dengan Keamanan

Apabila hp yang hilang tersebut sudah sangat sulit ditemukan maka sebaiknya maksimalkan pencarian. Dengan menelusuri hal awal sebelumnya, kapan ponsel atau smartphone tersebut dinyatakan hilang. 

Selanjutnya,saat awal menggunakan HP Samsung sebaiknya tingkatkan keamanan pada HP dengan beberapa fitur keamanan.

Juga bisa memanfaatkannya dalam pencarian ketika smartphone hilang, seperti share location, membagikan ID pada anggota keluarga dan sebagainya. 

Dengan cara melacak HP Samsung yang hilang maka akan jadi solusi terbaik dalam melacak HP. Sehingga HP Samsung yang hilang bisa segera ditemukan dan bisa digunakan kembali oleh penggunanya.

Rekomendasi Artikel Lainnya