BLANTERORBITv102

5 Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android dan iPhone

5/24/21

Pernahkah kamu bermaksud membersihkan hp agar tidak penuh, justru menghapus pesan penting? Hal ini pasti sering terjadi hingga pada akhirnya membuat stress.

Memang benar jika sesekali perlu membersihkan data dari hp agar tidak berat. Pesan baru bisa masuk dengan lebih maksimal karena ruang memori memadai. Lalu bagaimana ketika secara tidak sengaja menghapus pesan?

Pengguna smartphone tidak perlu lagi khawatir terhadap risiko ini. Kamu bisa mengembalikan SMS tersebut sehingga bisa dibaca kembali sendiri. Hanya dibutuhkan beberapa tahapan saja, maka masalahnya akan terselesaikan.

Maka dari itu jika kamu mengalami masalah seperti ini, kami punya 4 solusinya. Sehingga kamu bisa menggunakannya untuk memulihkan pesan yang hilang. Berikut cara mengembalikan SMS yang terhapus sendiri dengan mudah.

Cara mengembalikan pesan terhapus di iPhone

Jika Kamu merupakan pengguna iPhone, maka cara mengatasi permasalahan ini cukup mudah. Perlu diingat bahwa kamu harus selalu membuat back up pesan di iTunes sebagai cadangan. Langkah selanjutnya sebagai berikut.

1. Buka iTunes

Gunakan komputer atau laptop untuk membuka iTunes, jika mencadangkan data di sini. Mungkin akan ada permintaan untuk Download apabila di komputer belum tersedia. Bisa juga menggunakan cadangan dari iCloud.

2. Hubungkan hp dengan komputer

Selanjutnya, komputer harus terhubung dengan perangkat iPhone. Kamu harus menggunakan kabel data untuk hal ini. Untuk pemulihan menggunakan cadangan iCloud, langsung masuk pengaturan General, pilih Reset.

3. Lakukan restore



Penggunaan iTunes untuk pemulihan, dimulai dengan klik “Device”. Halaman baru berisi Summary akan langsung terbuka. Penggunaan iCloud, masuk ke “Erase All Content and Settings”, jangan lupa masukkan password yang benar.

Pilih “Restore backup”, di sini Kamu harus menonaktifkan fitur “Find My iPhone”. Jika setelah Restore Backup ternyata tidak berjalan, Kamu harus menggunakan pilihan Backup Now. Lanjutkan dengan klik iPhone Name.

Pada penggunaan iCloud, klik “Erase iPhone”. Selanjutnya proses penghapusan akan langsung berjalan otomatis. Kamu harus menunggu untuk beberapa saat sampai selesai, lalu klik “Home”, jika terdapat permintaan.

4. Perhatikan tanggal 

Pemulihan pesan harus menggunakan tanggal di mana pesan sms masih utuh, belum terhapus. Pilih tanggal sesuai ingatan kamu, untuk mengembalikan pesan yang ada pada saat itu. 

Jika menggunakan iCloud pilih “Restore from iCloud Backup”. Perlu diperhatikan, bahwa kebenaran informasi tanggal menentukan pemulihan sms. Salah tanggal, bisa berakibat pesan yang dikembalikan tidak sesuai keinginan.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus untuk Pengguna Android

Cara memulihkan pesan di Android itu prosedurnya sama. Kamu harus memiliki cadangan pesan pada perangkat. Sebelumnya, pastikan sudah memiliki fitur SMS Backup & Restore.

Jika belum memiliki aplikasi ini, maka tidak bisa mengikuti langkah pemulihan. Kamu harus menggunakan layanan lain untuk mengembalikan SMS terhapus. Dan untuk kebutuhan ini tentu perlu membayar lebih mahal.

1. Buka SMS Backup & Restore

Klik aplikasi tersebut, kemudian akan muncul menu dengan simbol garis 3 mendatar. Pilih menu untuk membuka halaman baru. Terdapat beberapa pilihan pada halaman baru, pilih Restore.

2. Pilih lokasi cadangan pesan

Klik pada lokasi penyimpanan yang digunakan, contoh Google Drive, Dropbox Location atau lainnya. Akan muncul kotak dialog untuk opsi pencadangan, Kamu pilih pesan atau Message

Semula ikon ini berwarna abu-abu, geser untuk merubahnya menjadi hijau. Selanjutnya klik pilihan restore, dari sini langkah selanjutnya setiap perangkat berbeda. Kamu hanya perlu mengikuti arahan dari perangkat yang digunakan.

3. Buat pengaturan untuk pencadangan selanjutnya

Langkah di atas sudah dapat mengembalikan SMS terhapus di perangkat ponsel. Cara mengembalikan SMS yang terhapus selanjutnya adalah bisa membuat pengaturan baru untuk cadangan jika suatu saat dibutuhkan kembali. Download SMS Backup & Restore.

Setelah terpasang, masuk dengan klik Open lalu Get Started, pilih Next. Kamu akan menemukan pilihan penyimpanan internet. Login menggunakan akun pribadi, pilih Save untuk menyimpan lalu Next.



Pada pilihan pencadangan kamu bisa menentukan apakah harian, mingguan, atau setiap jam. Pilih sesuai cadangan yang akan digunakan. Setelah selesai klik Backup Now, maka SMS akan aman tersimpan.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus Menggunakan Layanan Gratis

Layanan gratis yang dimaksud disini adalah bantuan dari aplikasi. Terlebih dahulu harus menentukan pesan mana yang akan dipulihkan. Apakah dihari yang sama atau sebelumnya, sebab ini menentukan kecepatan proses pemulihannya.

Jadi usahakan untuk memilih dulu pesannya, barulah kemudian menggunakan bantuan dari layanan gratis seperti ini untuk memulihkannya. Penasaran bagaimana caranya? Berikut adalah cara memulihkan pesan terhapus menggunakan aplikasi gratisan, antara lain:

1. Cari pemulihan melalui internet

Terlebih dahulu posisikan perangkat smartphone dalam mode pesawat, untuk menghindari masuknya pesan baru. Ini bertujuan agar SMS terhapus sebelumnya bisa cepat ditemukan. Dengan begitu, pesan yang masuk tidak tertimpa oleh masuknya pesan baru.

Buka mesin pencarian menggunakan laptop, cari layanan tersebut. Pilih yang paling sesuai dengan perangkat smartphone supaya hasilnya lebih maksimal. Sebab fitur masing-masing smartphone biasanya berbeda jadi pilih yang sesuai kebutuhan saja.

2. Pilih layanan gratis

Pasang layanan gratis, sehingga cara mengembalikan SMS yang terhapus lebih hemat. Tidak semua layanan berbayar memberikan jaminan SMS dipulihkan dengan sempurna. Selanjutnya, hubungkan komputer dengan perangkat smartphone kamu menggunakan kabel USB.

Karena cara ini dinilai jauh lebih efektif dan terjangkau daripada menggunakan cara yang lain. Hanya saja pengguna harus pintar memilih jenis aplikasi yang support dengan perangkat kamu dulu bila ingin memakai cara ini.

3. Buka layanan

Setelah terpasang, Kamu bisa membuka layanan tersebut melalui windows. Cukup pindai perangkat smartphone yang tersambung, dan proses akan berjalan otomatis. Kamu bisa memeriksa setiap pesan yang berhasil dikembalikan.

Menggunakan aplikasi berbayar

Aplikasi yang dimaksud di sini adalah aplikasi berbayar. Kamu bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mengamankan data dalam ponsel. Sehingga pada saat terhapus dengan tidak sengaja lebih mudah memanggilnya kembali.

Aplikasi pertama yang banyak di download pengguna Android adalah Wondershare Dr. fone. Pasang aplikasi, kemudian hubungkan dengan smartphone untuk mengembalikan SMS. Bukan hanya SMS tetapi juga data lain.

Pada saat komputer dan smartphone terhubung, akan langsung terjadi pemindaian. Kamu hanya perlu menekan start untuk membuat aplikasi tersebut bekerja. Semakin banyak data dalam smartphone membutuhkan waktu lebih lama.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi MyJad untuk kebutuhan pengembalian data. Tersedia untuk pengguna Android maupun iOS. Cara mengembalikan SMS yang terhapus sama, kamu harus mendownload terlebih dahulu, kemudian aktifkan Debugging ponsel.

Hubungkan dengan ponsel, sehingga akan berjalan proses pemindaian. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai, selanjutnya kamu bisa melihat hasil pesan terdahulu. Daftar pesan yang berwarna merah bisa dikembalikan dengan mencentangnya.

Anda akan menemukan daftar pesan berwarna hitam, ini adalah sms yang masih ada di Inbox. Jadi tidak perlu dilakukan perubahan pada SMS yang berwarna hitam tersebut.

Setelah pemilihan dengan mencentang selesai, klik pilihan Recovery. Maka pesan akan dikembalikan, dan bisa dibaca. Seperti itulah cara mengembalikan SMS yang terhapus paling efektif bagi pengguna android dan iPhone.

Saya harap dengan konten ini dapat memberikan manfaat dan terutama yang paling saya harapkan bisa memberikan solusi kepada kamu serta menambah wawasan kamu juga. Apabila konten artikel ini berguna tidak ada salahnya kamu bagikan kepada teman-teman sosial media kamu. Supaya kita saling membantu menemukan titik terang.

Rekomendasi Artikel Lainnya