BLANTERORBITv102

6 Cara Menghapus Cache di HP Oppo Untuk Ruang Penyimpanan Yang Bebas

5/09/21
Cara Menghapus Cache di HP Oppo

Smartphone saat ini diketahui telah memiliki berbagai jenis merek dan tipe terbaru. Salah satu jenis dari smartphone yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah merek Oppo. Akan tetapi smartphone Oppo juga memiliki keterbatasan penyimpanan sehingga harus dihapus. Untuk itu saya akan membagikan tips kepada teman sekalian bagaimana caranya dalam menghapus cache pada hp oppo.

Penyebab Cache Menjadi Semakin Banyak.

Kita harus mengetahui bahwasanya kapasitas penyimpanan HP Oppo juga memiliki keterbatasan. Dari keterbatasan tersebutlah yang membuat data aplikasi atau disebut cache menumpuk. Lantas apa penyebab utama dari menumpuknya data tersebut? Berikut ulasan lengkap terkait penyebab menumpuknya data aplikasi / cache di HP Oppo.

1.Ukuran Aplikasi yang Besar

Ukuran aplikasi yang besar menjadi salah satu penyebab data aplikasi pada smartphone Oppo menumpuk. Memang menumpuknya data aplikasi pada smartphone mengikut pada ukuran aplikasi yang di download memang besar. 

Hal tersebut membuat penyimpanan internal pada smartphone menjadi penuh dan tidak dapat download aplikasi lainnya.

2.File Aplikasi Bertipe Cache

File aplikasi yang sudah di download ada yang memiliki tipe cache yang membuat ukuran aplikasi lebih besar. Bukan hanya bertipe cache saja, akan tetapi file aplikasi tersebut bertipe cadangan maupun bertipe thumbnail. 

Memang tipe file seperti ini memiliki peranan yang besar untuk aplikasi namun juga membuat penyimpanan smartphone semakin gemuk.

3.Terdapat Sisa Data dari Aplikasi Lama

Aplikasi lama yang sudah di uninstal atau pemasangannya di copot biasanya masih ada sisa data yang tidak pernah dihapus. Akibatnya membuat penyimpanan smartphone menjadi lebih menumpuk dan tidak dapat mengunduh aplikasi lain. Maka dari itu, Kamu perlu mengecek hal ini pada pengaturan file manager untuk melihat sisa data aplikasi lama.

4.Banyaknya Aplikasi Bawaan HP Oppo

Aplikasi bawaan merupakan sebuah aplikasi yang sudah ada sejak seseorang membeli smartphone Oppo dalam kondisi baru. Adapun jenis aplikasi bawaan yang dimaksud seperti aplikasi kalkulator, aplikasi kalender, aplikasi alarm, dan lain sebagainya. Semua aplikasi ini tentu memiliki cache yang perlu dihapus agar tidak membuat penyimpanan penuh.

5.File Foto dan Video yang Semakin Banyak

Foto merupakan aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan oleh seseorang jika memiliki smartphone android seperti merek Oppo. Mengapa demikian? Karena HP tersebut memiliki kualitas kamera yang cukup bagus untuk digunakan pengguna. 

Selain itu, hasil video yang diberikan pun sangat memuaskan sehingga semakin hari file foto dan video semakin banyak. Maka dari itulah kita harus cek di penyimpanan untuk menghapus beberapa yang tak diperlukan untuk tidak memberatkan kapasitas memori.

Cara Menghapus Cache di HP Oppo

Data aplikasi yang sudah menumpuk sebaiknya dihapus untuk meringankan penyimpanan internal smartphone Oppo. Dimana ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus cache di HP Oppo yang dimiliki. Berikut adalah paparan lengkap yang dapat kamu pahami beberapa tips ini:.

1. Hapus Aplikasi Dengan Cara Alternatif

Cara yang dapat dilakukan untuk menghapus cache aplikasi yang terdapat pada HP Oppo adalah dengan menghapus aplikasi tersebut. 

Adapun cara menghapus aplikasi ini seperti pada umumnya yakni dengan menguninstal aplikasi pada menu pengaturan. Akan tetapi sebelum menghapus aplikasi sebaiknya hapus terlebih dahulu data dari aplikasi tersebut.

Sangat disarankan bahwa aplikasi yang boleh dihapus adalah aplikasi yang memiliki penyimpanan internal dengan ukuran yang besar. Akan tetapi cari pula aplikasi pengganti agar tetap bisa menggunakan aplikasi yang dihapus. Dimana Kamu bisa mencari aplikasi pengganti di Google Chrome, Opera Mini, maupun aplikasi Facebook.

2. Membersihkan File Cache Aplikasi

Cara Menghapus Cache di HP Oppo

Untuk mengurangi kapasitas penyimpanan yang membludak, Kamu bisa membersihkan file cache aplikasi tersebut. 

Memang aplikasi yang sudah digunakan sejak lama tentu menyimpan banyak file cache sehingga membuat penyimpanan menjadi penuh. Oleh karena itu, file cache ini perlu dihapus dengan mengikut beberapa langkah.

Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan:

  1. Buka aplikasi pengaturan atau settings 
  2. Kemudian pilih App atau pengelola aplikasi.\
  3. Buka menu pencarian dan cari aplikasi yang hendak dihapus datanya dan buka aplikasi tersebut. 
  4. Apabila aplikasi sudah dibuka maka pilih clear cache atau hapus cache sehingga secara otomatis cache akan dihapus.

3. Membersihkan Cache Melalui Manajer Telepon

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan cache aplikasi melalui manajer telepon. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah dengan membuka pilih menu Manajer Telepon yang terdapat pada HP ini. Selanjutnya adalah memilih opsi untuk membersihkan memori yang sudah disediakan.

Langkah selanjutnya akan dihadapkan pada dua pilihan yakni hapus semua file cache yang aman. Opsi kedua adalah menghapus cache pada aplikasi tertentu, namun yang dapat dijadikan pilihan adalah hapus semua file cache yang aman. Namun apabila hanya cache aplikasi tertentu yang ingin dihapus maka pilih opsi kedua.

4. Mengahapus Cache Melalui Manager File

Bukan hanya membersihkan cache melalui manajer telepon, namun juga dapat melalui Manager File yang terdapat pada smartphone. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan: 

  • Membuka aplikasi Manager File terlebih dahulu. 
Cara Menghapus Cache di HP Oppo

  • Setelah aplikasi tersebut sudah dibuka, maka langkah berikutnya adalah dengan memilih opsi bersihkan memori.
  • Selanjutnya ketuk file sampah yang terdapat pada tampilan bersihkan memori yang sudah diketuk sebelumnya. 
  • Kemudian pilih tombol bersihkan, tombol tersebut terdapat pada bagian bawah layar. 
  • Apabila sudah memilih tombol bersihkan maka tunggu proses pembersihan data aplikasi tersebut hingga selesai. 
Simple bukan?

5. Menghapus Data Aplikasi Melalui Pusat Keamanan

Membersihkan data aplikasi pada smartphone Oppo juga bisa dihapus melalui Pusat Keamanan yang terdapat pada HP tersebut. 

Cara yang dapat dilakukan pun cukup mudah dengan: 

Cara Menghapus Cache di HP Oppo

  • Pertama, membuka menu Pusat Keamanan terlebih dahulu. 
  • Apabila menu ini sudah terbuka maka akan ada tampilan untuk memilih opsi bersihkan & percepat.
  • Opsi bersihkan & percepat yang sudah dipilih tersebut, langsung memproses scanning hingga selesai. 
  • Proses scanning tersebut tentu membutuhkan beberapa waktu sehingga Kamu perlu menunggunya hingga selesai. 
  • Langkah berikutnya adalah dengan mengetuk tombol Bersihkan atau delete dan tunggu pula hingga beberapa saat sampai selesai.

6. Menghapus Data Aplikasi Dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila cara yang di atas yang telah dipaparkan tersebut belum memberikan hasil yang memuaskan, menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat digunakan. Maksud menghapus data aplikasi menggunakan pihak ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih. Adapun aplikasi tersebut seperti All-In-One Toolbox.

Cara yang dapat dilakukan apabila menggunakan All-In-One Toolbox adalah:

  1. Menginstal aplikasi terlebih dahulu. 
  2. Apabila ada notifikasi pop-up yang muncul maka Kamu harus ketuk tombol allow atau izinkan
  3. Proses instal selesai, kemudian buka aplikasi dan masuk ke menu bersihkan lalu tekan tombol bersihkan pada bagian bawah layar.

Beberapa cara tersebut memang cukup mudah dan tentunya tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, penyebab dari membludaknya data aplikasi pun sangat perlu untuk diketahui sehingga bisa langsung kita atasi dengan mencari penyebab utamanya terlebih dulu. 

Memang dengan menghapus cache di hp oppo dapat meringankan penyimpanan internal HP Oppo. Dan juga pada saat penggunaan ponsel pun menjadi semakin ringan dalam segi performa. 

Saya harap jika konten ini dirasa membantu dan menemukan titik terang kamu bisa membagikannya kepada teman-temanmu melalui media sosial. Mana tau ada yang sedang mengalami permasalahan yang serupa dan ingin ia atasi.

Rekomendasi Artikel Lainnya