BLANTERORBITv102

Super Ngebut! 10 Cara Mempercepat Download Pada Google Chrome PC dan Android

5/22/21
Cara Mempercepat Download Pada Google Chrome PC dan Android

Apabila saat kamu menjalankan proses download terkena kendala karena terlalu lama, ada cara mempercepat download pada Google Chrome PC dan Android. Memang saat mencari sebuah informasi atau hiburan maka seringkali kita menggunakan berbagai informasi di internet untuk menjadi rujukannya. 

Oleh sebab itu terkadang kita butuh untuk melakukan sebuah pengunduhan di internet, entah itu gambar, video, dokumen,suara atau data apapun.

Nah umumnya ketika mengunduh sebuah data di internet maka anda akan menggunakan layanan Google Chrome bukan? Nah sayangnya ketika mengunduh kendala proses yang terlalu lama sering terjadi. 

Adapun masalah loading lama itu sendiri bukanlah suatu masalah besar yang tidak bisa anda pecahkan loh, jadi jangan keburu panik atau emosi. Dalam ulasan ini akan di berikan beberapa tips untuk mempermudah download pada Google Chrome anti ngadat dan loading lama.

Tidak hanya tips untuk menangani loading lama saat mengunduh sebuah berkas saja, anda bisa menyimak informasi penting mengenai berbagai alasan yang melandasi kendala itu terjadi. 

Nah tanpa berlama-lama lagi mari cari solusinya bersama mengenai apa saja kendala yang melatar belakangi loading lama saat mengunduh terjadi dan bagaimana cara penanganannya. Informasi lengkapnya ada di bawah ini!  

Mengapa download melalui Google Chrome bisa lemot? ini penjelasannya!

Cara Mempercepat Download Pada Google Chrome PC dan Android

Adapun sebelum membahas persoalan cara mengatasi download pada Google Chrome yang lama atau lemot maka mari ketahui terlebih dahulu penyebab yang mendasari terjadinya kendala tersebut.

Jadi, ada berbagai alasan serta penyebab mengapa akhirnya ketika anda tengah mengunduh suatu data di internet dengan memanfaatkan situs Google Chrome itu bisa lemot. Pertama dan utama biasanya adalah karena masalah internet yang kurang stabil sehingga mempengaruhi kecepatan data dalam mengunduh suatu berkas.

Tidak hanya kecepatan internet, menggunakan jaringan yang sudah tidak tepat seperti 3G juga bisa mempengaruhi koneksi loh. Selain itu jika anda membuka tab history terlalu banyak di dalam sebuah Google Chrome maka itu juga bisa mempengaruhi kecepatan pengunduhan. 

Oleh sebab itu, akan menjadi lebih bijak untuk menghapus atau menutup tab dan history di Google Chrome yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Cara Mempercepat Download Pada Google Chrome PC dan Android 

Nah setelah mengetahui kendala yang umumnya terjadi ketika mengunduh suatu data atau dokumen di internet melalui Google Chrome. Maka berikut ini ada berbagai cara mempercepat aksi mendownload suatu data di internet menggunakan Google Chrome yang anti lemot! Apa saja?

1. Menggunakan layanan operator data seluler atau WiFi 

Cara Mempercepat Download Pada Google Chrome PC dan Android

Cara pertama untuk mempercepat kegiatan download pada Google Chrome yang pertama adalah dengan menggunakan layanan operator data seluler atau WiFi yang baik. 

Pastikan untuk anda hanya memanfaatkan jaringan operator dari provider yang kredibel dan sesuai dengan cakupan lokasi anda agar tidak menganggu jalannya pengunduhan internet yang kurang stabil bisa mempengaruhi jalannya pengunduhan yang di lakukan dengan memanfaatkan Google Chrome.

2. Pastikan saluran internet tidak terkendala atau bermasalah

Cara Mempercepat Download Pada Google Chrome PC dan Android

Jika memang sudah menggunakan layanan internet atau WiFi dari provider yang kredibel namun kendala pengunduhan masih terus saja terjadi maka anda patut cek statusnya. 

Apakah memang saluran pusat dari jaringan yang anda gunakan tengah bermasalah atau tidak. Biasanya jika memang provider tengah melakukan perbaikan jaringan maka selang beberapa waktu koneksi internet akan sedikit bermasalah.

Tapi apabila masalahnya tidak mengenai provider yang maintenance maka kamu bisa lebih mengulik mengenai WiFi ataupun data seluler yang kamu pakai. Supaya kita menemukan titik permasalahannya. Sebenarnya disisi WiFi kah yang bermasalah atau di data seluler saya?

3. Mengunduh data dengan bertahap

Yang ketiga adalah dengan mengunduh data yang ada secara bertahap. Biasanya anda suka tidak sabar bukan dalam mengunduh suatu data entah gambar, dokumen atau video dan sering menumpuknya secara berlebihan. 

Hal semacam ini sebenarnya sangatlah tidak dianjurkan, biarkan satu persatu data yang di unduh selesai di download untuk melanjutkan ke unduhan data berikutnya. Solusi ini dilakukan untuk supaya lebih memberikan proses data secara lebih bertahap.

4. Jangan lupa hapus history yang menumpuk!

Cara Mempercepat Download Pada Google Chrome PC dan Android

Suka menumpuk history dan membuka tab terlalu banyak di PC maupun Android? Maka jika ingin mengunduh data anti lemot segera lakukan hapus historynya. Semakin banyak tab dan history yang di buka maka akan membuat kinerja peramban Google Chrome semakin berat. 

Hal ini yang kemudian bisa mempengaruhi pengunduhan suatu data bisa berjalan lama bahkan gagal, seperti kelebihan muatan ponsel dengan tumpukan tab bisa menghasilkan masalah. 

5. Refresh / Restart Ulang Ponsel atau PC

Cara Mempercepat Download Pada Google Chrome PC dan Android

Kelima adalah dengan melakukan refresh ponsel atau  PC yang anda gunakan. Mengapa perlu melakukan refresh atau memuat ulang sistem? Hal ini di karenakan biasanya ponsel yang terlalu panas atau tengah mengalami hang bisa saja akan mengalami tidak merespon suatu perintah seperti pengunduhan. 

Oleh sebab itu anda bisa coba untuk melakukan pemuatan ulang atau refresh ulang Android atau PC yang tengah di gunakan.

6. Menghapus extension yang sudah tidak dibutuhkan lagi

Cara Mempercepat Download Pada Google Chrome PC dan Android

Langkah selanjutnya untuk membuat aksi mengunduh data melalui Google Chrome dari PC atau Android menjadi anti loading lama adalah dengan menghapus extension. 

Untuk menghapus extension yang tidak diperlukan ini mudah sekali. Caranya:

  1. Hanya perlu masuk ke Google Chrome 
  2. Klik tiga titik berbentuk vertikal di bagian kanan atas google. 
  3. Temukan tulisan berjudul tools, kemudian pilih menu extensions 
  4. Dan segera hapus semua data dalam extensions yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

7. Dekatkan ke sumber internet

Ke tujuh adalah dengan mendekatkan PC atau Android ke sumber internet. Lokasi gadget yang jauh dari sumber internet biasanya akan berdampak terhadap ke stabilan data untuk menunjang aksi selancar di Google Chrome. 

Oleh sebab itu, jika memang sedang mengunduh data penting maka ada baiknya untuk mendekatkan gadget ke sumber internet atau koneksi.

8. Gunakan chrome prefetch

Cara Mempercepat Download Pada Google Chrome PC dan Android

Adapun cara lainnya untuk membuat pengunduhan tidak lemot adalah dengan memanfaatkan Chrome Prefetch yang memang khusus di gunakan pada layanan Google Chrome. 

Mengaktifkan menu ini sendiri tidaklah sulit, anda hanya perlu masuk ke menu Google Chrome kemudian klik tiga titik di pojok kanan tampilan menu internet. Setelah itu anda bisa aktifkan tools bertanda use a prediction service to load pages more quickly.

9. Gunakan flash plugin click untuk membantu mempercepat pengunduhan

Berikutya gunakan Flash Plugin Click untuk membantu pengunduhan dengan cepat. Masuk ke bagian tools pada Google Chrome, kemudian pilih menu settings >> show advance settings dan klik menu content setting. Terakhir klik icon flash, dan proses pengunduhan yang terlalu lama mudah-mudahan akan bisa teratasi.

10. Update ke versi terbaru google chrome

Alasan terakhir mengapa proses pengunduhan data lamban bisa diakibatkan kita yang masih menggunakan chrome versi yang lama. Jadi solusinya update Google Chrome tersebut ke versi terbaru supaya peramban chrome kita juga diperbaiki dari segi kecepatan hingga dari segala fiturnya.

Nah itulah di atas beberapa uraian menarik mengenai bagaimana cara download pada Google Chrome dengan mudah tanpa loading lama yang bisa di praktikan untuk PC atau Android. 

Memang ketika tengah mengunduh suatu berkas baik video, gambar atau dokumen biasanya muncul kendala loading lama yang membuat kesal bukan? 

Namun kini anda jangan takut dan khawatir lagi. Cukup ikuti berbagai uraian di atas untuk mempercepat kegiatan pengunduhan kamu terhadap suatu berkas di internet melalui Google Chrome, selamat mencoba!

Rekomendasi Artikel Lainnya