BLANTERORBITv102

5 Cara Memperbaiki WhatsApp Yang Tidak Bisa Membuka File PDF

5/19/21
Cara Memperbaiki WhatsApp Yang Tidak Bisa Membuka File PDF

Sama seperti aplikasi pesan yang lain yang ada buat Android ataupun iOS di iPhone. WhatsApp juga telah semenjak awal dilengkapi dengan fitur buat kirim serta menerima file dokumen.

Bisa dalam wujud dokumen word, excell, powerpoint hingga portable document format ataupun yang lebih diketahui dengan sebutan PDF. Fitur ini pastinya sangat bermanfaat untuk mereka yang bekerja di suatu lembaga.

Mewajibkan untuk membuat dan setelah itu teratur mengirimkan laporan kepada sesama rekan kerja. Sebab saat ini kamu dapat melaksanakan seluruh kegiatan tersebut dimanapun serta kapanpun pula tanpa dibatasi oleh tempat serta waktu.

Salah satu file dokumen yang kerap dikirimkan oleh pengguna WhatsApp merupakan portable document format( PDF). Dimana dokumen ini mempunyai banyak sekali kelebihan antara lain dari sisi keamanan.

Bisa memakai perlindungan dengan password buat menghindari orang yang tidak berkepentingan membuka. Mencetak serta apalagi melaksanakan proses editing terhadap isi dokumen tersebut.

Kelebihan yang lain dari dokumen pdf yaitu tata letak, wujud hingga tampilan foto akan sama persis. Dikala dibuka memakai berbagai fitur baik itu komputer biasa, laptop, tablet serta pasti saja smartphone Android ataupun iPhone.

Tetapi satu yang kerapkali jadi permasalahan yaitu kala kamu menerima suatu dokumen dalam wujud pdf. Tetapi ketika mau mencoba buat membukanya nyatanya WhatsApp tidak dapat membuka file PDF timbul penjelasan kalau file tidak didukung. 

Permasalahan semacam ini terjadi paling utama buat kamu yang baru pertama memakai WhatsApp maupun mengenakan smartphone baru.  Hal ini masih belum dilengkapi dengan adanya aplikasi pihak ketiga. 

Artikel Serupa :

Cara Membuat Baris Baru (Enter) Pada WhatsApp Web Dan Ponsel

6 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call |Error|

Buat menanggulangi permasalahan WhatsApp yang tidak bisa membuka file PDF sebenarnya ada solusi untuk memperbaikinya. Dengan menginstall aplikasi spesial buat membuka serta membaca file pdf di Android ataupun iPhone.

Penyebab mengapa file PDF tidak dapat dibuka

Berikut beberapa penyebab WhatsApp tidak bisa membuka file PDF atau mengapa PDF yang Kamu miliki tidak dapat dibuka:

1. File PDF yang Rusak

Misalnya sebab informasi corrupt, proses copy- paste yang tidak selesai, sampai kerusakan pada harddisk.

2. PDF Reader Bermasalah

Bisa jadi kamu belum memperbaharui ke versi terbaru atau bisa juga aplikasinya yang bermasalah, dapat membuat PDF tidak dapat terbuka.

3. Permasalahan Virus / Malware

PDF yang tersimpan terserang malware. Ini dapat membuat PDF tersebut jadi rusak file-nya.

Cara Memperbaiki WhatsApp Yang Tidak Bisa Membuka File PDF

Bagi Adobe.com, jika PDF kamu corrupt maka tidak dapat dikembalikan. Tetapi di sini memiliki opsi repair yang dapat dicoba.

Jika PDF Kamu tidak corrupt, informasinya 100% masih dapat dikembalikan.

Pada artikel ini akan coba bagikan sebagian panduan yang dapat dicoba buat menanggulangi WhatsApp tidak dapat membuka PDF.

1. Install aplikasi PDF reader

Cara Memperbaiki WhatsApp Yang Tidak Bisa Membuka File PDF


Awal kamu wajib coba dahulu buat install aplikasi PDF reader. Dapat saja WhatsApp di hp kamu tidak dapat membuka file PDF sebab memanglah belum terdapat aplikasi buat membacanya.

Aplikasi yang direkomendasikan yaitu Google PDF Viewer, WPS Office, ataupun Adobe Acrobat Reader. Ketiga aplikasi ini lumayan ringan buat membuka file PDF. Aplikasinya dapat langsung didownload dari Playstore.

Setelah kamu install salah satu dari sebuah aplikasi PDF reader yang ada di atas, maka coba lagi untuk buka WhatsApp dan klik di file PDF. Bila timbul opsi maka pilih aplikasi PDF reader yang tadi baru diinstall.

2. Reset koneksi internet

Cara kedua adalah dengan cara mereset koneksi jaringan internetnya. Dikala memakai smartphone kadangkala koneksi internet jadi macet tanpa kamu sadari. Perihal ini kerap terjadi paling utama pada pengguna mobile.

Koneksi yang macet ini akan membuat file PDF yang dikirim ke WhatsApp kamu tidak dapat dibuka, apalagi diklik saja tidak bisa sebab internet tidak jalan sehingga tidak dapat didownload. 

Buat menanggulangi perihal ini terdapat satu metode yang sangat jitu ialah dengan reset koneksi internet. Pada hp Android permasalahan ini dapat kita atasi dengan cara:

  1. Tarik bar notifikasi
  2. Aktifkan mode fashion pesawat
  3. Diamkan sebentar
  4. Matikan fashion pesawat
  5. Tekan*#*#4636#*#*
  6. Pilih Phone information 1 ataupun 2 bergantung SIM mana yang dipakai buat internet
  7. Turn off radio
  8. Diamkan sebentar
  9. Turn on radio
  10. Restart hp

Sehabis melaksanakan salah satu dari sebagian trik di atas. Koneksi internet di hp kamu akan restart serta hp akan memperoleh IP Publik yang baru. 

Sehabis itu internet akan berjalan mudah seperti biasa. Berikutnya kamu tinggal coba lagi buat membuka file PDF yang terdapat di WhatsApp.

3. Ubah koneksi internet ke mobile data ataupun WiFi

Cara Memperbaiki WhatsApp Yang Tidak Bisa Membuka File PDF

Metode menanggulangi WhatsApp tidak bisa membuka PDF yang berikutnya yaitu mengubah koneksi internet yang dipakai pada hp. Bila memakai mobile data (paket kuota dari kartu SIM) maka coba dahulu ubah ke WiFi. Begitu pula kebalikannya jika memakai WiFi maka ubah ke mode mobile data.

Perihal ini bertujuan buat menguji apakah jaringan internet di WiFi ataupun mobile data lagi kendala. Jika yang bermasalah itu jaringan internetnya maka jelas saja file PDF di WhatsApp tidak dapat dibuka.

Apalagi permasalahan ini pula dapat menimbulkan WhatsApp tidak dapat mengirim pesan suara serta mengirim gambar. Sehabis mengubah koneksi internet coba lagi buka file PDF yang dikirim melalui WhatsApp tadi, apakah telah dapat?

4. Update WhatsApp ke versi terbaru

Cara Memperbaiki WhatsApp Yang Tidak Bisa Membuka File PDF

Aplikasi WhatsApp yang tidak sempat diupdate juga dapat menimbulkan banyak permasalahan. Termasuk tidak dapat membuka serta mengirim file PDF. 

WhatsApp yang telah tertinggal sangat jauh versinya akan mempunyai bug- bug lama yang sepatutnya telah diperbaiki dikala pembaharuan.

Coba cek dahulu tipe WhatsApp di hp yang kamu gunakan, apakah telah memakai tipe terkini. Apabila belum melakukan update, lakukan update ke versi terbaru melalui PlayStore untuk pengguna Android.

Sehabis pembaharuan berakhir coba lagi buka WhatsApp serta buka file PDF yang tadi di kirim. Apabila butuh restart dahulu hp- nya sehabis pembaharuan.

5. Install ulang aplikasi WhatsApp

Cara Memperbaiki WhatsApp Yang Tidak Bisa Membuka File PDF

Jika cara di atas belum juga menemukan perbaikan atas permasalahan ini kamu bisa mencoba cara terakhir dengan menginstall ulang aplikasi WhatsApp.

Sebenarnya sudah biasa apabila aplikasi yang telah sangat lama dipakai, terlebih yang menaruh banyak informasi serta cache sewaktu- waktu dapat jadi korup aplikasinya. Perihal ini pula dapat terjadi pada WhatsApp.

Artikel Terkait:

4 Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara & Solusi

3+ Cara Menghapus Status di Whatsapp Sendiri dan Orang Lain

Jika permasalahan tidak dapat membuka file PDF ini diakibatkan sebab aplikasi WhatsApp yang telah korup maka jalan terbaik buat memperbaikinya merupakan dengan install ulang aplikasinya.

Tadinya jangan lupa buat backup dahulu seluruh chat serta file media WhatsApp supaya nanti dapat dikembalikan seperti semula.

Cara Backup Chat WhatsApp

  1. Sehabis membuat backup
  2. Hapus uninstall aplikasiWhatsApp dari hp
  3. Setelah itu bersihkan dahulu hp dengan memakai aplikasi cleaner.
  4. Kemudian setelah itu install lagi WhatsApp tipe terbaru dari Playstore. 
  5. Login dengan no hp seperti biasa kemudian restore chat serta media WhatsApp.

Setelah semua selesai coba lagi buka file PDF yang tadi dikirim melalui WhatsApp, mudah- mudahan metode yang terakhir ini sukses. Kasus WhatsApp tidak bisa membuka file PDF bisa ditangani.

Rekomendasi Artikel Lainnya