BLANTERORBITv102

~ 6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca Serta Penyebabnya

5/23/21
Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Mendapati SIM card tidak terbaca secara tiba-tiba memang cukup membuat stress. Terutama bagi kamu yang memiliki segudang aktivitas menggunakan smartphone. SIM Card yang bermasalah dapat menyebabkan pekerjaan menjadi terganggu.

Misalnya saja seperti komunikasi menjadi terkendala ketika dilakukan melalui telepon maupun sms. Smartphone menjadi kurang bekerja maksimal karena banyak data tidak dapat diakses. Sinyal tidak masuk karena sumber permasalahan pada SIM.

Ketika kondisi seperti ini terjadi, jangan langsung panik. Kamu bisa melakukan beberapa cara mudah untuk segera mengatasinya. Namun terlebih dahulu perlu kamu ketahui penyebab SIM Card tidak terbaca supaya dapat segera diketahui solusinya.

Melihat betapa pentingnya mengetahui penyebab masalah pada simnya, maka berikut akan kami jelaskan tentang beberapa hal penting tersebut di bawah ini. Yaitu membahas tentang penyebab sim tidak terbaca, cara mengatasi masalahnya, dan perawatannya.

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

Sebelum mulai memperbaiki permasalahan pada SIM card dan smartphone, terlebih dahulu harus cari tahu penyebabnya. Kamu bisa mengidentifikasi sendiri apa yang terjadi pada alat seluler. Berikut beberapa penyebab yang umum terjadi pada masalah seperti ini.

1.SIM usang

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Penyebab SIM Card tidak terbaca yang pertama tentu berasal dari kualitasnya. Chip bisa mengalami kerusakan pada lempeng kuningnya. Salah satu penyebabnya adalah tergores karena sering dibuka pasang sehingga menjadi bermasalah.

Gesekan kartu dengan slot dalam waktu lama juga menyebabkan kondisinya menjdi kurang bagus. Kamu pasti sering melihat kartu tidak lagi kuning, namun seperti ada warna silver atau hitam.

2.Faktor masa pakai

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Berapa lama kamu menggunakan kartu yang sama? Ternyata ini berpengaruh terhadap performa. Usia kartu yang sudah lebih dari 5 tahun tentu berbeda kualitasnya dengan usia dibawah itu.

Kartu seluler terbuat dari plastik, lapisannya bisa habis karena lama digunakan. Material ini bisa terdegradasi karena faktor usia pakai. Smartphone jadi kurang maksimal membaca kartu.

3.Pengaruh perangkat smartphone

Performa perangkat tempat kartu juga sangat berpengaruh terhadap kondisi chip. Smartphone yang sering panas menyebabkan kerusakan, pada akhirnya sulit terbaca. Data di dalam kartu juga rusak dan sulit diakses.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca secara Mandiri

Setelah mengetahui penyebab SIM Card yang tidak bisa terbaca, Kamu bisa segera mengatasinya sendiri menggunakan cara berikut ini. Karena akan kami berikan solusinya supaya bisa mengatasi permasalahannya sendiri tanpa bantuan provider. Berikut triknya!

Baca juga:

1.Restart Perangkat

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Cara pertama mengatasi SIM Card tidak terbaca paling mudah adalah dengan mematikan perangkat kemudian memulai kembali (restart ponsel). Bisa jadi sebelumnya kartu belum siap. Sehingga tidak bekerja seperti seharusnya.

Pada kondisi smartphone mulai panas, pengguna bisa mematikan untuk beberapa waktu. Kemudian menghidupkan kembali perangkat kamu pada saat kondisi sudah stabil. Kemungkinan error akan dipulihkan kembali.

2.Cabut dan kembali pasang kartu

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Mencabut kartu kemudian memasang kembali bisa jadi salah satu solusi. Cara ini sering digunakan pengguna kartu seluler dan cukup efektif. Matikan smartphone, buka baterai dan cabut kartu.

Ingat, perlu berhati-hati pada saat mencabut kartu. Usahakan untuk tidak terlalu kencang agar tidak tergores. Kemudian masukkan kembali dengan cara yang sama, tutup baterai dan nyalakan smartphone untuk menguji.

3. Ganti Posisi

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Jika slot chip dalam smartphone lebih dari satu, dapat dicoba untuk menukar posisi. SIM 1 yang error bisa dicabut kemudian dipasang pada slot SIM 2, begitu sebaliknya.

Bisa saja error terjadi karena slot chip bermasalah. Setelah menukar posisi, coba hidupkan perangkat. Jika chip bisa terbaca, berarti slot tempat chip yang sudah aus dan tidak dapat membaca.

Alternatif Perbaikan SIM Card Tidak Terbaca

Selain cara di atas, ada alternatif lain untuk memperbaiki SIM Card yang  tidak bisa terbaca. Jika cara sebelumnya belum efektif memperbaiki kartu error, kamu bisa mencoba cara berikut ini supaya pada akhirnya SIM kembali terbaca.

1. Ubah pengaturan

Pertama bisa merubah pengaturan pada smartphone ketika kartu tidak dapat dibaca. Di sini setiap pengguna harus peka terhadap kondisi wilayah. Bisa jadi kinerja kurang dapat dibaca perangkat karena kendala jaringan.

Contoh, wilayah dataran tinggi cukup stabil untuk salah satu provider. Sedangkan kamu menggunakan kartu dari provider berbeda mungkin terkendala. Segera buka pengaturan dan merubah pada menu APN.

2. Factory Reset

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Cara satu ini terbilang cukup ekstrim dan berisiko terhadap keamanan data. Namun perlu dicoba demi mendapatkan akses ke dalam kartu SIM. Sebelumnya, siapakan back up data pada smartphone.

Jika solusi lain kurang maksimal mengembalikan kinerja kartu, factory reset pilihannya. Namun untuk cara ini semua pengaturan kembali ke awal. Data, aplikasi dan perubahan lain hanya dapat dikembalikan dengan mudah.

3. Minta bantuan customer service

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Untuk menghindari kerugian terkait dengan pengaturan data pada smartphone, Cobalah untuk meminta bantuan Customer Service. Ini merupakan cara paling praktis dan efektif bagi yang masih awam terhadap permasalahan seluler.

Langsung saja menghubungi Customer Service sesuai provider yang digunakan. Kamu akan dibantu langkah demi langkah untuk mengembalikan akses SIM Card tidak terbaca. Customer service akan memberikan pilihan ganti chip sebagai solusi akhir.

Perawatan SIM Card yang Benar

Untuk menghindari kerusakan pada SIM Card, Kamu perlu melakukan perawatan secara rutin. Minimal untuk menjaga agar kartu tetap bisa bekerja seperti seharusnya sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini. Dengan begitu bisa terhindar dari permasalahan ini.

1. Menghindari overheat perangkat

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Perawatan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menghindari panas atau overheat. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi ini menyebabkan kerusakan. Contoh, tidak memaksa bekerja pada saat baterai limit.

Tidak menggunakan fitur internet yang memaksa smartphone untuk mencari sinyal. Ini akan menyebabkan perangkat menjadi panas dan dapat merusak chip kartu. Gunakan kartu memori yang sesuai dengan kapasitas perangkatnya dan jangan pernah memaksakan kinerjanya.

2. Membersihkan slot kartu

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Untuk beberapa saat setiap minggu, usahakan untuk membersihkan slot dari debu. Gunakan tisu atau kapas bersih untuk menyapu bagian dalam perangkat yang sulit dijangkau. Jangan menggunakan pembersih basah agar tidak merusak komponen.

Debu dan kotoran bisa jadi penghambat kinerja kartu. Cara mudah seperti ini bisa dilakukan lebih sering jika kondisi smartphone sudah cukup tua sehingga perlu dibersihkan. Sebab kemungkinan kotor jadi lebih besar.

3. Jangan terlalu sering mengganti-ganti SIM Card dengan alasan tidak jelas

Sebisa mungkin jangan sering bongkar pasang SIM. Ini sering dilakukan pengguna smartphone, mencoba-coba kartu dari berbagai provider. Jika ingin berganti-ganti provider karena suatu alasan, sebaiknya menggunakan perangkat dual-SIM Card sehingga lebih aman.

4. Tidak menyalakan smartphone non-stop

6 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Smartphone sebagai rumah SIM adalah mesin yang perlu istirahat. Jangan memaksanya bekerja non-stop. Malam hari ketika tidak digunakan, sebaiknya dimatikan supaya terhindar dari hang atau overheat penyebab masalah pada simnya.

Dengan mengistirahatkan sejenak perangkat, hal tersebut memberi kesempatan untuk merefresh simnya. Sehingga pada saat dinyalakan, SIM bisa bekerja kembali dengan prima. Hal ini akan membantu mencegah kondisi SIM Card tidak terbaca.

Saya harap artikel yang disajikan ini dapat membantu permasalahan kamu mengenai yang kita bahas saat ini. Dengan beberapa tips yang sudah saya utarakan saya harap juga dapat menemukan titik terang. 

Dan kamu juga dapat membagikan artikel ini kepada teman-teman sosial media kamu. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Rekomendasi Artikel Lainnya