BLANTERORBITv102

4 Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara & Solusi

5/17/21
Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara

Buat kamu pengguna WhatsApp tentu kita sering menggunakan fitur mengirim pesan suara ataupun audio dalam obrolan WhatsApp? 

Salah satu dari kelebihan sebuah pesan suara yaitu dengan pesan bisa di informasikan dengan sangat jelas. 

Sebab ketika mengirim pesan suara maka ada intonasi yang bisa memperjelas akan makna suatu pesan yang akan dikirimkan yang kadang kurang bisa ditegaskan apabila dilakukan melalui pesan teks.

Perihal ini pasti sangat berbeda dengan pesan bacaan sebab penerima tidak dapat menduga intonasinya. 

Sehingga pesan bacaan kadangkala kerap hadapi salah tangkap dalam pengartian oleh penerimanya. Tetapi mengirim pesan suara di WhatsApp kadangkala pula kerap hadapi permasalahan teknis.

Mengirim pesan suara ataupun audio di WhatsApp mempunyai kelebihan tertentu bila dibanding dengan pesan bacaan. Salah satu kelebihan pesan suara merupakan pesan bisa di informasikan dengan jelas.

Sebab kala kamu mengirim pesan dalam wujud suara, maka intonasi bisa memperjelas makna dari pesan yang kamu kirim. Berbeda dengan pesan bacaan. Sang penerima tidak dapat mengira- ngira intonasinya. Sehingga pesan bacaan terkadang kerap hadapi salah makna kala dibaca oleh penerima.

Tetapi mengirim pesan suara (kerap disebut pula voice note) di WhatsApp pula kadangkala hadapi hambatan. Salah satu hambatan yang sangat kerap dirasakan oleh para pengguna WhatsApp tidak bisa kirim pesan suara.

Beberapa peristiwa yang kerap mengenai pengguna WhatsApp terpaut permasalahan tersebut antara lain:

  • Voice Note WA tidak ada suaranya padahal terkirim
  • Tidak dapat kirim pesan suara di WhatsApp
  • Tidak dapat melaksanakan perekaman suara di chat WhatsApp
  • Dan lain sebagainya

Saat sebelum menanggulangi permasalahan ini, terdapat satu perihal yang perlu kamu jalani. Ialah mengecek apakah mikrofon HP kamu rusak ataupun tidak.

Cara untuk mengetahuinya bagimana?

Metode Cek Mikrofon HP Android Rusak Ataupun Tidak

  1. Buka aplikasi perekam suara. Seluruh ponsel Android telah mempunyai aplikasi ini secara bawaan. Tetapi jika memanglah di ponsel kamu belum ada, dapat cari di Google Play Store.
  2. Kala aplikasi perekam suara telah dibuka. Cepat jalani perekaman suara.
  3. Silahkan berdialog asal apa saja. Sehabis merekam 20 detik ataupun lebih, hentikan perekaman.
  4. Setelah itu coba buka hasil rekaman tersebut serta dengarkan suaranya.
  5. Bila terdapat suara, maka maksudnya mikrofon HP kamu dalam keadaan baik- baik saja alias tidak rusak.
  6. Bila tidak terdapat suara sama sekali, itu maksudnya mikrofon kamu rusak ataupun bermasalah. Serta kamu tidak butuh menjajaki cara- cara dibawah ini, tetapi langsung membawa HP Android kamu ke tukang servis.

Gimana, telah ketahui jika mikrofon HP Android kamu dalam keadaan baik ataupun rusak?

WhatsApp ialah salah satu aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh pengguna Android serta iPhone buat mengirim serta menerima pesan.

Kenyataan ini bukan perihal yang mengejutkan alasannya aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang sangat berguna yang dapat mempermudah pengguna dalam berhubungan. Serta salah satu fitur unggulan tersebut yaitu voice note ataupun pesan suara.

Dengan memakai Voice Note, user tidak butuh capek- capek mengetik pesan dimana pengguna cuma butuh merekam suara saja serta mengirimkannya sebagai pesan.

Metode ini pastinya dapat dibilang lebih instan serta cepat dibanding mengirim pesan bacaan serta pula bisa mengantarkan emosi dalam isi pesan dengan metode yang lebih baik.

Akan tetapi yang namanya juga aplikasi maka tentu terkadang bisa terjadi bug dalam sebuah fitur tersebut. Seperti voice note yang biasanya ada di WA diketahui akan tidak ada suaranya. 

Bila kamu lagi megalami permasalahan diatas jangan takut sebab dibawah ini sudah dirangkum panduan Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara.

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara

1. Restart Smartphone

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara

Saat sebelum lebih jauh memikirkan metode menanggulangi whatsapp tidak dapat kirim pesan suara, ayo kamu jalani perihal yang sangat gampang dahulu ialah Merestart Android kamu atau hp yang kamu  miliki.

Terkadang metode simpel ini dapat membetulkan permasalahan android sebab proses restart akan menyegarkan seluruh sistem di smartphone.

2. Bagikan Izin Aplikasi

Izin Aplikasi dapat jadi alasan kenapa voice note whatsapp tidak ada suaranya. Perihal ini terjadi sebab WA tidak mempunyai izin memakai microphone Android yang kamu pakai.

Oleh karena itu untuk memperbaikinya kamu cuma wajib membagikan izin ke whatsapp lewat pengaturan.

Caranya:

  • Masuk ke Settings / Pengaturan ponsel
  • Kemudian seleksi Apps & Notifications
  • Cari aplikasi WhatsApp, sehabis ketemu ketuk aplikasi tersebut
  • Berikutnya akan tampak menu yang lain, silahkan pilih Permisions
  • Yakinkan Microphone telah memperoleh izin, Bila belum silahkan ketuk buat berikan Izin.
  • Nonaktifkan Aplikasi Perekam Suara Pihak Ketiga

Tidak hanya belum membagikan izin pemakaian Microphone, Aplikasi Perekam Suara Pihak Ketiga pula dapat jadi alasan kenapa whatsapp tidak bisa kirim pesan suara.

Buat mengatasinya silahkan kamu nonaktifkan Aplikasi Perekam Suara Pihak Ketiga termasuk seperti aplikasi perekaman panggilan ataupun perekaman layar yang aktif di ponsel kamu.

Sehabis itu cobalah buat mengirim voice note wa kembali, bila masih gagal coba hapus instalan aplikasi tersebut. Setelah itu, coba putar voice note whatsapp kamu apakah sudah ada suaranya ataupun belum.

3. Cek kapasitas memori

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara

Dalam sebagian permasalahan, kamu bisa jadi sempat hadapi voice note whatsapp tidak dapat dibuka serta memperoleh notifikasi Sorry, cannot load this audio right now. Please try again later ataupun Maaf, tidak bisa muat audio ini saat ini. Silakan coba lagi nanti.

Itu terjadi sebab memori hp kamu penuh. Maka untuk mengatasinya silahkan hapus file yang tidak terpakai biar dapat mengunduh pesan suara WhatsApp.

4. Clear Cache

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara


Membersihkan Cache pula dapat jadi solusi buat membetulkan permasalahan pesan suara di aplikasi WhatsApp (WA). 

Caranya:

  • Masuk ke Pengaturan kemudian pilih Apps & Notifications.
  • Cari WhatsApp, kemudian tekan apps tersebut
  • Setelah itu seleksi Storage & Cache.
  • Berikutnya ketuk Clear Cache.
  • Terakhir restart ponsel kamu.

Pembaharuan WhatsApp

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara

Permasalahan seputar WhatsApp tidak bisa kirim pesan suara diakibatkan sebab banyaknya bug serta aplikasi telah ketinggalan pembaharuan sangat jauh.

Oleh sebab itu, cobalah buat memperbaharui aplikasi WhatsApp kamu serta amati apakah whatsapp kamu telah dapat kirim pesan suara ataupun belum.

  • Uninstall WhatsApp

Metode Terakhir ini dapat kamu coba bila metode diatas tidak bisa membetulkan whatsapp tidak dapat kirim pesan suara.

Caranya:

  • Uninstall WhatsApp kamu
Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara

  • Kemudian bersihkan Cache Android memakai CC Cleaner. 
Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara

  • Sehabis itu restart hp.
  • Setelah hp hidup kembali coba unduh serta install kembali WhatsApp dari PlayStore.

Itulah cara dalam mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Mengirim Pesan Suara. Jadi kamu jangan khawatir terlebih dahulu jika mengalami kasus ini. 

Karena bisa kamu atasi dengan mudah dengan terus mempelajari dan memahami berbagai cara diatas. Mudah- mudahan konten yang saya sajikan ini bisa segera membantu permasalahan kamu. 

Kamu juga bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu di sosial media. Supaya kita saling membantu sesama teman kita yang sedang mengalami permasalahan yang sama mengenai hal pembicaraan kita ini.

Rekomendasi Artikel Lainnya