BLANTERORBITv102

3 Cara Memblokir Kontak WhatsApp Tanpa Diketahui Pemilik Akun

6/04/21
cara blokir kontak wa tanpa diketahui

Cara blokir WA tanpa diketahui untuk kegunaan pribadi. Ini sebenarnya merupakan hal wajar. Whatsapp adalah aplikasi yang paling banyak digunakan orang Indonesia.

Dengan banyaknya pengguna tersebut, pasti ada banyak pesan yang masuk ke ponsel seseorang. Kebanyakan memang penting.

Pesan semacam itu biasanya masuk dari saudara, teman, atau bahkan rekan kerja. Namun ada juga beberapa yang mengganggu.

Jika dibiarkan, penggunaan aplikasi akan terasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memblokir kontak yang mengganggu.

Cara ini sebenarnya sangat mudah. Whatsapp sendiri memang menyediakan fitur blok sehingga seseorang bisa memanfaatkannya dengan mudah.

Cara blokir WA tanpa diketahui lewat profil

Terdapat beberapa cara yang bisa dipilih ketika ingin memblokir kontak WhatsApp. Untuk cara pertama, pemblokiran bisa dilakukan melalui profil.

Ini bisa dikatakan sebagai cara termudah. Itu karena, prosesnya bisa dilakukan saat itu juga.

1. Buka aplikasi

Cara blokir WA tanpa diketahui pertama adalah dengan membuka aplikasi. Whatsapp memang aplikasi yang menjadikan sinkronisasi kontak adalah hal wajib.

Namun bukan berarti pemblokiran bisa dilakukan langsung melalui kontak. Pemblokiran harus dilakukan melalui aplikasi.

Oleh sebab itu, membuka aplikasinya terlebih dahulu adalah perkara wajib.

2. Cari kontak

Jika aplikasinya sudah terbuka, carilah kontak yang akan diblok. Terdapat dua cara yang bisa dipilih ketika akan melakukan pemblokiran.

Pertama scroll aplikasi dan carilah kontak yang akan diblokir. Ini bisa dilakukan jika chatting dengan kontak tersebut dilakukan belum lama.

Namun jika chatting sudah lama tidak dilakukan atau pesan dengan kontak tersebut sudah dihapus, langsung saja gunakan kolom pencarian. Kolom pencarian sendiri tersedia di kanan atas.

Carilah kontak tersebut sesuai nama yang tersimpan di ponsel. Setelah itu, klik nama kontaknya.

3.  Tap profilnya

Jika kontak sudah ditemukan, lanjutkan ke tahapan selanjutnya dalam cara blokir wa tanpa diketahui. Tahapan selanjutnya adalah dengan klik tap pada bagian profil.

Bagian profil sendiri adalah bagian foto pada kontak tersebut. Ini juga bisa dilakukan dengan melakukan tap pada bagian nama dari kontak tersebut.

4. Blokir

Terakhir adalah tahapan pemblokiran. Jika sudah pada menu profil, lakukan saja scroll ke bagian paling bawah.

Di bagian paling bawah, akan terlihat pilihan “block”. Klik pilihan tersebut dan kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi.

Cara Memblokir Kontak WhatsApp Tanpa Diketahui

Pastikan kontak yang akan diblokir sudah benar. Jika sudah benar, selesaikan proses dan pemblokiran sudah dilakukan.

Cara blokir WA tanpa diketahui lewat pengaturan

Cara blokir WA lewat profil adalah cara yang paling umum dilakukan. Namun cara itu tidak efektif jika kontak yang akan diblokir berjumlah banyak.

Untuk kondisi semacam ini, cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah memblokir lewat pengaturan. Ini memungkinkan seseorang untuk memblokir dalam jumlah banyak sekaligus.

1. Buka aplikasi

Pertama bukalah terlebih dahulu aplikasi whatsapp. Ini sama seperti sebelumnya. Selalu ingat bahwa blokir lewat pengaturan yang dimaksud adalah pengaturan whatsapp.

Baca juga:

Jangan anggap kalau pemblokiran ini akan dilakukan melalui pengaturan ponsel. Tidak ada cara blokir yang bisa dilakukan melalui pengaturan ponsel.

2. Klik ikon

cara blokir kontak wa tanpa diketahui

Di bagian kanan atas aplikasi, terlihat ikon berbentuk titik tiga vertikal. Langsung saja klik ikon tersebut. Nantinya, akan muncul beberapa pilihan bagi pengguna.

3. Masuk ke pengaturan

Pada beberapa pilihan, akan terlihat tulisan “pengaturan”. Klik tulisan tersebut untuk masuk ke tahapan selanjutnya.

Ini akan berbeda jika whatsapp yang digunakan berbahasa Inggris. Untuk whatsapp berbahasa inggris, tulisannya akan menjadi “settings” ataupun "setelan".

4. Tap akun

Di halaman selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan juga. Disinilah biasanya orang-orang sering kebingungan ketika akan memblokir.

Tidak ada fitur pemblokiran secara langsung. Dalam cara blokir wa tanpa diketahui orang, pilihlah akun.

cara blokir kontak wa tanpa diketahui
klik menu akun

Dengan memilih akun, Kamu akan diarahkan untuk lanjut ke halaman berikutnya. Jangan tertipu oleh pilihan lain di bawahnya.

5. Tap privasi

Dalam pengaturan akun sendiri, akan muncul beberapa pilihan. Pilihlah privasi yang juga berada di area atas.

6. Cari tempat blokir

Ketika privasi telah dipilih, Kamu akan diarahkan untuk lanjut ke halaman selanjutnya. Langsung saja scroll hingga ke bagian paling bawah.

Disana akan terlihat kotak bertuliskan “blocked contact". Jika dalam bahasa Indonesia, tulisan tersebut akan berubah menjadi “kontak terblokir".

cara blokir kontak wa tanpa diketahui
klik kontak terblokir


Tap pada tulisan tersebut dan lanjutkan ke tahap akhir.

7. Pilih kontak

Di tahap terakhir, Kamu tinggal memilih kontak mana saja yang akan diblokir. Proses pencariannya sendiri sama seperti ketika melakukan pencarian di halaman depan.

cara blokir kontak wa tanpa diketahui
Klik yang ditandai warna merah tersebut. untuk menambahkan kontak.

Pencarian bisa dilakukan dengan menuliskan nama. Namun untungnya, cara ini membuat pemblokiran bisa dilakukan ke banyak kontak.

Cara blokir WA yang tidak sekontak

Ketika membicarakan tentang pesan yang mengganggu, sering juga ini muncul dari nomor yang tidak sekontak. Ini jelas sangat mengganggu.

Biasanya nomor semacam ini akan mengirim pesan yang tidak jelas dan bahkan mengancam.

Jika dibandingkan dengan dua cara sebelumnya, pemblokiran untuk kasus semacam ini bahkan lebih mudah.

1. Buka chat

Jika aplikasi sudah terbuka, carilah pesan yang berasal dari orang tidak dikenal. Karena belum dinamai, pencarian hanya bisa dilakukan melalui teknik scroll.

Pencarian menggunakan nama sebenarnya bisa dilakukan. Hanya saja, pencarian tersebut nantinya akan menuliskan chat yang dilakukan dengan akun tersebut.

2. Blokir

Ketika masuk ke chat, lihatlah bagian atas di bawah nomor. Di sana akan muncul dua tulisan yang sejajar.

Tulisan tersebut adalah “Tambah kontak” dan “Blokir”. Pilihlah blokir dan lakukan konfirmasi. Dengan ini proses pemblokiran sudah selesai.

Berhati-hatilah ketika akan melakukan pemblokiran. Jangan asal melakukan pemblokiran padahal kontak tersebut tidak melakukan kesalahan.

Ini jelas bukan hal tepat. Selalu ingat bahwa pemblokiran memiliki arti pemutusan hubungan.

Akan sulit untuk memperbaiki hubungan jika kejadian semacam ini sudah terjadi. Namun jika sudah memutuskan untuk memblokir, langsung saja ikuti cara blokir wa tanpa diketahui di atas.

Artikel yang singkat ini semoga bisa membantu permasalahan kamu mengenai apa yang sedang kita bahas ini. Dan tidak ada salahnya juga untuk membagikan konten ini ke media sosial kamu. Agar kita membantu lebih banyak orang lagi. 

Rekomendasi Artikel Lainnya