BLANTERORBITv102

Cara Mengecek DirectX di Windows 10 Secara Tepat

6/29/21
Cara Mengecek DirectX di Windows 10

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengecek directx di Windows 10, lebih dulu kami akan mengulas apa itu ms.directx. Sebenarnya perangkat tersebut bukan nama asing terutama bagi para gamers, sebab kerap berhubungan ketika baru mengunduh suatu apk games.

Untuk dapat menjalankan games tersebut lebih dulu harus mengupdate ms.directx. Ms.DirectX merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk dapat menyesuaikan penggunaan berbagai game berbasis komputer. Supaya pada semua spek dapat dijalankan secara lancar.

Setiap komputer tentunya memiliki spesifikasi komponen berbeda, itulah gunanya ada Ms.DirectX. Sebelum akhirnya digunakan sebagai salah satu pendukung di jendela 10, perangkat lunak ini sudah terlebih dahulu dimanfaatkan pada OS tertua sebelumnya.

Baca juga:

Cara mengecek directx di windows 10

Untuk memeriksa perangkat pada komputer sebenarnya tidak sulit, Anda tinggal mengikuti langkah di bawah ini:

  • Gunakan kombinasi Windows dan R secara bersamaan dari keyboard.
Cara Mengecek DirectX di Windows 10
  • Ketik manual kata kunci “dxdiag” kemudian tekan Enter.
  • Informasi mengenai Ms.DirectX tersedia pada bagian paling bawah.
Cara Mengecek DirectX di Windows 10

Selain digunakan sebagai cara mengecek directx di Windows 10, langkah di atas juga bisa digunakan untuk mengecek komponen lainnya. 

Contohnya untuk memeriksa prosesor, sistem operasi, memori, dan berbagai informasi penting dari perangkat Anda.

Seperti perangkat lunak lainnya, pendukung games ini juga perlu dilakukan pembaruan atau update. Namun, sayangnya khusus Windows XP, batas update hanya bisa sampai ke versi 9.0. Padahal, sudah banyak versi di atas itu yang kompatibel untuk pemasangan berbagai games.

Terbaru adalah versi 12, tentunya tidak perlu dipertanyakan apabila Anda menggunakan cara mengecek directx di Windows 10. 

Sebagai OS terbaru, tentunya mendukung update sampai versi terbaru juga bahkan apabila nanti ada pembaruan lagi, kemungkinannya kecil untuk tidak bisa dilakukan.

Microsoft sendiri sebenarnya sudah mengimbau untuk semua orang beralih ke Windows 10 dan meninggalkan versi ketujuh, apalagi kurang dari itu. Sebab semakin teknologi berkembang, para pendahulu tidak lagi kompatibel dan relevan untuk berbagai perintah.

Ketahui versi Ms.DirectX pada perangkat kamu

Sebelumnya kami telah menyinggung bahwa perangkat lunak terkait memiliki beberapa versi. Untuk lebih jelasnya dapat melihat pembahasan di bawah ini:

1. Versi 9

Versi ini merupakan yang paling pertama dirilis sekitar tahun 1998 dan digunakan pada perangkat lunak Windows XP. Jika tidak tahu apa jenis Windows Anda, coba lakukan cara mengecek directx di Windows 10 di atas.

2. Versi 10

Selanjutnya dilakukan pengembangan ke versi 10 dimana update dari versi 9 ini ditujukan untuk jenis Windows Vista. Sampai sini. konon XP tidak dapat mengaksesnya.

3. Versi 11

Dapat dikatakan versi 11 ini menjadi jenis yang lebih umum karena kompatibel dipasang pada Windows Vista, 7, 8, dan juga 10. Itu artinya ada kemungkinan ketika Anda melakukan cara mengecek directx pada Windows 10 maka yang tampil adalah versi 11.

4. Versi 12

Terbaru adalah versi 12 yang diluncurkan 6 tahun lalu atau 2015 dengan berbagai update fitur lebih kekinian. Anda dapat melakukan cara mengecek directx di Windows 10 melalui berbagai cara tersebut.

Komponen penting dalam Ms.DirectX

Cara Mengecek DirectX di Windows 10

Seperti pada berbagai perangkat lunak lainnya, Ms.DirectX juga terdiri atas beberapa komponen pendukung. 

Sebut saja ada bagian grafik yang tugasnya memperbaiki tampilan grafik yang dapat diperiksa dengan tahapan cara mengecek directx di Windows 10.

Ada juga bagian input yang memudahkan masuknya setiap komponen ke dalam perangkat terkait satu sama lain. Berbagai komponen, seperti mouse, keyboard, kabel data, dsb akan diatur sedemikian rupa melalui komponen bagian input ini.

Untuk mengatur segi suara disediakan komponen sound sehingga gendang telinga tidak akan pecah atau suara yang keluar terdengar jernih. Hal ini penting terutama untuk game online yang membutuhkan koordinasi dengan tim meskipun ada di tempat berbeda.

Tiga komponen tersebut menjadi alasan kenapa penggunaan Ms.DirectX sangat dibutuhkan pada komputer apabila hendak bermain game. Meskipun memang harus rajin instal.

Namun ini salah satu cara yang diakui oleh Microsoft demi keamanan dan kenyamanan pengguna. Anda dapat memeriksa status Ms.DirectX dengan cara di atas. Mudah sekali mengaplikasikan cara mengecek directx di Windows 10.

Dengan konten yang singkat ini bisa memberikan solusi kepada kamu serta dapat bermanfaat. Dan bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share di bagian bawah ini. Untuk menyebar manfaat dan hal positif mengenai tulisan ini.

Rekomendasi Artikel Lainnya