BLANTERORBITv102

Praktis! Cara Cek Garansi Realme Online Via Situs Resmi

6/03/21
Cara Cek Garansi Realme Online

Cara cek garansi realme online tidak sesulit yang dibayangkan. Ini tidak seperti rumor yang menyebar di masyarakat dimana realme merupakan pabrikan yang belum kompeten.

Ketika menggunakan ponsel merek Realme, apa yang didapat tidak jauh berbeda seperti menggunakan merek lain. Itu karena, berbagai fitur dengan jenis sama juga disediakan.

Namun masalahnya, pengetahuan soal garansi ini belum menjadi hal yang umum. Beberapa orang bahkan menganggap ini sebagai hal tabu.

Padahal garansi sendiri merupakan poin penting ketika membeli ponsel. Dengan adanya garansi, klaim bisa dilakukan apabila nantinya mengalami masalah.

Dalam Realme sendiri, garansi sistem diberikan seumur hidup. Dengan adanya garansi seumur hidup, seseorang bisa langsung datang ke gerai jika mengalami masalah dengan sistem.

Namun berbeda dengan sistem, part di dalam ponsel memiliki garansi yang tidak selama itu. Oleh sebab itu, menjauhkannya dari kerusakan merupakan hal yang wajib.

Baca juga:

Cara Cek Garansi Realme Online

Cara Cek Garansi Realme Online

Untuk melakukan pengecekan garansi, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui. Beberapa tahapan ini tidak boleh dilupakan satu sama lain.

Jika ada saja satu yang terlewat, pengecakan garansi tidak akan bisa dilakukan. Oleh sebab itu, berikut bagian dari setiap tahapan tersebut.

1. Cek IMEI

Tahapan pertama ketika akan mengecek garansi adalah melakukan pengecekan IMEI. Mengecek IMEI sendiri sangat mudah.

Pertama masuklah ke menu panggilan telepon. Ketika akan memasukkan nomor, masukkan *#06#.

Jika nomor tersebut telah dimasukkan, kode IMEI akan otomatis keluar. Sebenarnya dalam cara cek garansi realme online, terdapat banyak cara lain untuk mengecek IMEI.

Cara Cek Garansi Realme Online

Salah satunya adalah dengan melihat ke kardus ponsel. Nomor IMEI biasanya ditampilkan pada bagian bawah produk.

2. Buka Browser

Setelah didapatkan, simpan nomor IMEI tersebut. Selanjutnya bukalah browser di ponsel. Browser apa saja bisa dipilih baik itu Chrome maupun jenis lain.

Dari sana masuklah ke google lalu cari realme.com disana. Biasanya, situs tersebut akan berada di urutan paling atas.

3. Masuk ke Realme.com

Tahapan selanjutnya dalam cara cek garansi realme online adalah masuk ke realme.com. Darisana, carilah fitur phone check yang memang disediakan realme.

Kolom untuk masuk ke fitur phone check sendiri bisa dilihat di halaman utama Realme.com. Jika sulit menemukannya, langsung saja tambahkan beberapa kata di URL pada bagian atas.

Rubahlah URL tersebut menjadi “realme.com/id/support/phonecheck”. Karena ini adalah website resmi, fitur phonecheck nya seratus persen akurat.

4. Masukkan IMEI

Cara Cek Garansi Realme Online


Ketika berada di fitur phone check, akan terdapat kolom kosong yang memang disediakan untuk memasukkan IMEI. Masukkan nomor IMEI yang sebelumnya dicatat pada kolom tersebut.

Selalu ingat bahwa nomor IMEI pasti berjumlah 15 buah. Ini sangat penting dalam cara cek garansi realme online.

Jika sampai nomornya kurang, dapat dipastikan pengecekan tidak akan bisa dilakukan. Ini membuktikan bahwa pengguna tidak teliti dalam menuliskan nomor IMEI yang sebelumnya didapat.

5. Klik Cek

Di bawah kolom untuk memasukkan nomor IMEI, terdapat kotak dengan tulisan Cek sekarang. Klik kotak tersebut dan pengecekan IMEI akan dilakukan.

6. Lakukan Validasi

Cara Cek Garansi Realme Online

Sebelum pengecekan dilakukan oleh website, pengguna akan diminta untuk melakukan validasi terlebih dahulu. Ini adalah tahapan wajib yang dipatok oleh pihak Realme.

Dengan adanya tahapan ini, dapat dipastikan bahwa pengecekan memang dilakukan oleh manusia. Sering terdapat beberapa masalah dimana pengecekan semacam ini dilakukan oleh robot.

Proses validasinya sendiri terbilang cukup mudah. Nantinya akan diperlihatkan sebuah gambar di bagian utama ponsel.

Pada gambar tersebut, akan diperlihatkan satu kotak yang kosong. Nantinya, pengguna perlu menggeser kotak lain hingga menutupi kotak yang kosong tersebut.

Menggesernya sendiri bisa dilakukan dengan fitur penggeseran yang disediakan di bagian bawah gambar.

7. Cek Garansi

Cara cek garansi realme online tahap terakhir adalah melakukan pengecekan akhir. Ketika validasi sudah dilakukan, akan diperlihatkan beberapa kolom yang memang disediakan.

Beberapa kolom tersebut berisi nomor IMEI, warna, dan waktu registrasi. Waktu registrasi sendiri memperlihatkan tanggal pertama kali ponsel diaktifkan.

Realme memberikan garansi 12 bulan sejak ponsel diaktifkan. Oleh sebab itu, jika waktu registrasinya adalah 1 januari 2021, garansinya berlaku hingga 1 januari 2022.

Dengan itu, garansi sudah tidak dimiliki jika usia ponsel sejak diaktifkan lebih dari satu tahun.

Beberapa syarat jika ingin melakukan klaim garansi

Jika cara cek garansi realme online sudah dilalui dan garansi ingin diklaim, ketahuilah bahwa terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk melakukan klaim.

1. Pastikan ponsel resmi

Pertama, perlu terdapat bukti bahwa ponsel tersebut memang dibeli dari gerai resmi Realme. Bukti tersebut bisa berbentuk beberapa hal mulai dari faktur, stiker IMEI, dan masih banyak lagi.

2. Kondisinya belum berubah

Selanjutnya, selalu ingat bahwa ponsel memang masih berada pada kondisi seperti pertama kali membeli. Beberapa orang sering melakukan root pada ponselnya.

Selain itu, beberapa yang lain ponselnya perlu dibongkar di tempat service biasa. Jika hal semacam ini terjadi, klaim garansi tidak akan bisa dilakukan. 

Apalagi biasanya logo dari Realme ada di belakang ponsel dan apabila logo tersebut hilang maka dari pihak realme akan mengetahui bahwa ponsel tersebut sudah pernah dibongkar oleh pihak service.

3. Penyebab kerusakan

Klaim garansi bisa dilakukan apabila ponsel memang rusak dengan sendirinya. Garansi tidak bisa diklaim jika kerusakan terjadi karena kesalahan pribadi.

Misal jika kerusakan terjadi karena ponsel tersebut jatuh dan terbentur. Ini jelas membuat proses klaim tidak bisa dilakukan.

Sering juga terdapat masalah dimana kerusakan terjadi karena penggunaan aksesoris yang tidak resmi. Realme tidak akan bertanggung jawab untuk kerusakan semacam ini.

Lain halnya jika kerusakan terjadi akibat penggunaan aksesoris resmi. Jika ini terjadi, pihak Realme selalu siap untuk memberikan garansi.

Pastikan untuk mengikuti setiap tahapan pengecekan dengan baik. Selain itu, pahami juga tata cara melakukan klaim garansi.

Jika tata caranya tidak diketahui, semuanya akan percuma. Dengan detailnya penjelasan di atas mengenai cara cek garansi realme online dan klaim, Kamu sebagai konsumen akan sangat dimudahkan.

Penjelasan tadi saya harap bisa membantu kamu mengatasi permasalahan tersebut. Yang paling penting supaya berhasil untuk klaim garansi pelajari dulu sebijak mungkin agar pada proses nanti pihak dari realme mengvalidkan hal ini.

Saya harap konten yang singakat ini dapat membantu dan untuk membantu teman kita lainnya yang mengalami permasalahan serupa bagikan konten ini melalui media sosial kamu. Karena sedikti share saja akan menimbulkan efek yang besar untuk kamu dan untuk semua orang.

Rekomendasi Artikel Lainnya