BLANTERORBITv102

Cara Cepat Membuat Bot Di Telegram Mudah Untuk Dicoba

6/08/21
cara membuat bot di telegram

Apakah kamu sedang mencari cara membuat bot di telegram? Telegram menjadi sebuah aplikasi chat yang banyak digunakan di era sekarang. Aplikasi ini menarik dengan berbagai emojinya yang sangat menggemaskan.

Melalui aplikasi chatting tersebut, kamu bisa terhubung dengan teman-teman maupun saudara dari berbagai wilayah. Selain itu, siapa saja bisa tergabung dalam grup untuk menikmati film-film kesayangan. Pernahkah mendengar tentang bot telegram?

Pengertian bot telegram yang perlu diketahui

Sebelum memahami tentang bagaimana cara membuat bot di telegram, akan lebih baik jika memahami terlebih dahulu pengertiannya. Messenger telegram menjadi salah satu messenger yang cukup menonjol.

Ini menjadi saingan utama dari Whatsapp. Menonjolnya messenger ini dikarenakan memiliki fungsi program ini. Pemrograman ini bisa digunakan secara gratis sehingga membuat fungsinya menjadi lebih menarik.

Bot pada aplikasi ini sebenarnya merupakan sebuah program. Program ini memiliki perilaku layaknya mitra obrolan biasa. Meskipun demikian, program ini sudah dilengkapi dengan fungsi tambahan. Istilah ini berasal dari kata robot.

Hal inilah yang membuat aplikasi chatting di telegram cukup berbeda dengan messenger lainnya. Pada dasarnya, program tersebut bisa melakukan berbagai macam hal kepada mitra obrolan manusia. Ini bahkan terjadi secara otomatis tanpa persetujuan langsung dari si pihak penerima.

Cara membuat bot di telegram kini banyak dipelajari oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan istilah pada messenger ini bisa mengirimkan berbagai macam berita. Berita dan informasi yang mungkin disampaikan oleh program tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Video
  2. Pesan dalam bentuk teks
  3. Gambar
  4. File lain

Berbagai data tersebut mungkin saja bisa diterima oleh pihak pengguna aplikasi chatting ini. Kamu dapat menerimanya bahkan tanpa meminta. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Apakah setiap orang bisa membuat program tersebut?

Cara membuat bot di telegram mudah

Sebagai salah satu aplikasi chat paling secure di masa sekarang, kamu pasti tertarik untuk mencari lebih jauh mengenai telegram. Aplikasi ini bahkan pernah di blocking oleh pemerintah Indonesia awalnya.

Hal tersebut berkaitan dengan berbagai konten yang mengandung kejahatan di dalamnya. Meskipun demikian, kini penggunanya semakin banyak saja. Jika kamu tertarik untuk mengetahui dan mengoprek cara membuat bot di telegram, simak ulasannya di bawah ini.

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk menjalankan bot. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah menggunakan BotFather. Berikut langkah-langkah mudah untuk melakukan bot menggunakan BotFather.

Baca juga:

1. Login telegram

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login pada aplikasi chat telegram terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa mencari bagian search. Ketikkan Manybot pada bagian pencarian.

cara membuat bot di telegram

Nantinya, kamu akan diberikan oleh beberapa pilihan. Pilihlah Manybot atau @Manybot, bot. Jika sudah ketemu, klik bagian start. Dengan menekan start, maka proses setup akan segera dimulai.

2. Create a New Bot

Jika langkah nomor 1 sudah kamu jalankan, maka akan muncul bagian command awal. Dalam hal ini, kamu akan membuat program tersebut. Oleh karena itu, klik pada bagian tertuliskan Addbot atau klik pada bagian Create a new bot.

cara membuat bot di telegram

Jika sudah mengeklik pada bagian tersebut, maka ada berbagai macam langkah serta tutorial cara membuat bot di telegram memakai aplikasi ini. Langkahnya bahkan telah disampaikan secara detail.

3. Pilih @BotFather

Jika semua langkah-langkah sudah dipelajari, maka lanjutkanlah. Proses berikutnya adalah klik bagian username bertuliskan @BotFather. Kemudian, lanjutkan dengan mengeklik bagian start.

cara membuat bot di telegram

Kamu akan menemukan kembali tutorial penggunaan BotFather. Untuk memulai proses Bot, lanjutkanlah menekan Newbot. Nantinya, kamu akan diminta akan menggunakan nama apa pada bagian kolom chat.

cara membuat bot di telegram


Kamu bisa menuliskan nama Bot yang ingin digunakan. Tuliskan nama bot tersebut pada bagian kolom tersedia. Lanjutkan dengan klik bagian send. Setelah itu, buatlah username. Username diharuskan menggunakan akhiran Bot.

4. Verifikasi

Jika kamu sudah membuat nama dan username, ini berarti proses pembuatan program tersebut telah selesai dilakukan. Kamu akan mendapatkan informasi dan harus mencatat token pada bagian informasi untuk melakukan akses HTTP API.

cara membuat bot di telegram

Langkah terakhir, kamu harus melakukan verifikasi pada token bot. Ini bisa dilakukan dengan menyalin token dan masuk ke Manybot. Pastikan Manybot telah menjawab dengan kalimat, Good. Send the API token in the next message.

Mengapa bot di telegram spesial?

Sebenarnya, apa yang menjadi keistimewaan bot telegram hingga banyak orang mencari cara membuat bot di telegram? Ini memang cukup spesial. Dengan memakai robot, maka ada kemungkinan perintah obrolan dalam aplikasi chatting tersebut.

Secara langsung, hal itu akan memicu tindakan untuk meminta informasi. Contohnya saja, robot bisa digunakan untuk mengeluarkan perintah. Nantinya, program tersebut akan meminta umpan balik teks pada obrolan yang telah dibuat.

Telegram akan melakukan penyimpanan terhadap semua data obrolan, termasuk data dari robot karena telah di enkripsi menggunakan cloud. Jadi dalam hal ini, cadangan eksternal pada telegram tidak selalu mutlak diperlukan.

Ada berbagai pengaturan termasuk pengaturan pribadi sehingga pengguna pada seluruh platform dapat mengaturnya. Sifat dari bot dalam aplikasi chatting ini tidak memiliki sifat pribadi. Sifatnya normal.

Maka, siapa saja dapat menggunakan robot pada telegram. Ini bisa diakses oleh pengguna ketika saluran komunikasi terpisah dengan robot yang telah diatur sebelumnya. Dengan itu, maka bot pada telegram hanya dapat digunakan oleh grup pengguna yang kamu kendalikan.

Kamu juga bisa mempelajari tutorial cara penggunaannya agar lebih mudah. Setiap pengguna memiliki hak sama untuk menggunakan robot pada aplikasi telegram. 

Langkah-langkahnya juga begitu mudah dan bisa kamu terapkan. Cobalah tutorial dan cara membuat bot di telegram untuk mulai menggunakannya.

Baik sekian penjelasan untuk artikel ini. Dan saya harap penjelasan singkat ini mudah dimengerti dan membantu kamu. Dan bagikan artikel ini ke media sosial kamu supaya kita saling mendapatkan manfaatnya dan membantu teman-teman kamu juga.

Rekomendasi Artikel Lainnya