BLANTERORBITv102

Cara Membuat QR Code di Word untuk Berbagai Kepentingan

6/23/21
Cara Membuat QR Code di Word

Informasi mengenai cara membuat QR Code di Word sepertinya cukup mengejutkan, terutama bagi yang belum terbiasa dengan ini. Siapa yang mengira kode scan hanya dapat digunakan pada layanan tertentu saja pastinya tidak menyangka dari Ms word juga bisa.

Bahkan Anda dapat menggunakan dua cara berbeda, namun tahapannya hampir sama. Penggunaan kode scan pada saat ini sudah banyak dimanfaatkan, baik dalam pembagian file maupun metode pembayaran demi menghindari sistem transaksi melalui uang tunai.

Dalam berbagai situasi, tidak jarang adanya kode tersebut memudahkan berbagai proses verifikasi. Untuk itu, demi memudahkan urusan dan juga mengikuti perkembangan zaman, ada beberapa cara untuk membuat QR Code di Word bisa dilakukan, diantaranya:

Unduh QR4Office dari Web Browser

Cara Membuat QR Code di Word

Untuk dapat melakukan cara membuat QR Code di Word, tahapan awalnya adalah mengunduh aplikasi pendukung dulu dari web browser. Yang dibutuhkan adalah apk QR4Office. Pastikan Anda menemukan apk yang resmi sehingga keamanannya terjamin.

Selesai dengan penemuan apk dari situs terpercaya selanjutnya klik pilihan Get It Now kemudian tunggu proses unduh sampai selesai. Nanti muncul kotak dialog untuk mengkonfirmasi tahapan selanjutnya, Anda tinggal klik Continue.

Cara Membuat QR Code di Word

Setelah proses unduh selesai, muncul pilihan untuk membukanya, apakah hendak di Word, Excel, atau Power Point. Karena di sini pembahasannya mengenai cara untuk membuat QR Code di Word, maka konfirmasi pembukaan kode scan melalui ms.word saja.

Cara Membuat QR Code di Word dari Ms. Store

Selain melakukan unduhan melalui web browser, Anda juga dapat menggunakan Microsoft Store sebagai perantara. Cara membuat QR Code pada Word melalui Ms.Store cukup mudah, diantaranya dengan mengikuti langkah berikut:

Baca juga:

  1. 4 Cara Mematikan Update Windows 10
  2. 7 Cara Mengatasi USB HP Yang Tidak Terbaca di Komputer Dan Laptop
  3. Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP

1. Buka microsoft store

Cara Membuat QR Code di Word

Buka Microsoft Store melalui perangkat Anda dengan cara mengetikkan kata kunci bersangkutan pada kolom pencarian. Tunggu sampai proses masuk ke Ms.Store berhasil. Jika sudah berhasil masuk maka pilih Get Add-ins kemudian ketik QR4Office selanjutnya klik Add.

2. Pilih tab insert

Cara Membuat QR Code di Word

Cara membuat QR Code di Word selanjutnya dengan pilih tab Insert kemudian arahkan pencarian pada My Add-ins kemudian cari yang sudah ditambahkan tadi, yakni QR4Office. Klik bagian tersebut untuk mengkonfirmasi pilihan sebelum akhirnya berlanjut ke tahap berikutnya.

3. Ketik URL

Cara Membuat QR Code di Word
@TWC

Untuk URL, diketik sesuai kebutuhan, bisa dengan http atau yang lebih aman menggunakan https. Apabila URL tersebut sudah dimasukkan maka tahapan selanjutnya adalah dengan klik tombol Insert supaya bisa lanjut ke tahap 4.

4. Simpan kode scan

Cara Membuat QR Code di Word
@TWC

Proses penyimpanan cukup mudah, asalkan ketiga cara membuat QR Code di Word di atas sudah dilalui. Selanjutnya Anda tinggal klik kanan pada icon kode scan. Jika sudah, klik Save Picture As kemudian konfirmasi simpan untuk mendapatkan penyelesaian sempurna.

Fakta menarik yang harus Anda ketahui adalah tersedia layanan untuk mengubah warna kode tersebut sesuai keinginan. Selama fungsinya tidak terganggu maka berbagai desain warna tersebut tidak akan mengubah apa-apa, terutama hal penting.

Menciptakan keamanan ganda yang lebih efisien

Cara Membuat QR Code di Word

Awalnya cara membuat QR Code di Word seperti ini hanya dimanfaatkan oleh segelintir pihak. Namun, kian zaman berkembang akhirnya dari instansi pemerintah sampai swasta juga memanfaatkannya karena dianggap lebih efisien daripada harus menyalin alamat URL.

Bahkan pihak bank sendiri sudah menyediakan layanan QR Code sebagai alat pembayaran dalam berbagai jenis transaksi. Memang dibutuhkan teknologi pendukung, misalnya handphone yang kompatibel untuk melakukan pemindaian terhadap kode bersangkutan.

Namun, jika melihat sebesar apa ketergantungan masyarakat modern terhadap penggunaan gadget maka dapat dikatakan mayoritas orang dapat mengaksesnya. 

Transaksi online menjadi semakin mudah tanpa dihinggapi rasa takut membawa uang tunai kemana-mana.

Namun, sebagai gantinya Anda harus menjaga gadget dengan menerapkan cara membuat QR Code di Word supaya uang tetap terlindungi. 

Evolusi sistem transaksi seperti ini memberikan kepraktisan dan kemudahan bagi semua orang, namun sistem keamanan juga mesti ditingkatkan.

Salah satunya dimulai dari diri sendiri dengan mengatur sistem keamanan secara fisik maupun teknis. Pastikan Anda menggunakan sistem keamanan ketat hingga orang lain tidak bisa mengakses sembarangan QR Code tersebut.

Keamanan dilakukan guna mendukung kenyamanan. Dengan begitu, tidak sia-sia ilmu mengenai cara membuat QR Code di Word apabila dalam pemanfaatannya Anda melindungi data secara ketat untuk melakukan transaksi.

Rekomendasi Artikel Lainnya