BLANTERORBITv102

2 Cara Menghapus Akun Telegram Dengan Permanen dan Manual

7/03/21
Cara Menghapus Akun Telegram

Cara menghapus akun telegram menjadi sebuah hal yang cukup banyak dicari. Orang-orang menghapus akun tersebut karena berbagai macam hal. Contohnya saja karena ingin membuat akun terbaru atau sudah tidak ingin menggunakannya lagi.

Layanan chatting dengan mengedepankan privasi tersebut ini memang bisa digunakan sebagai alternatif terbaik dan jitu. Kamu bisa melakukan penghapusan akun jika memang takut disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab di kemudian hari.

Bagaimana cara menghapus akun telegram?

Sebelum melakukan penghapusan akun pada telegram, perlu kamu pastikan bahwa semua data yang penting sudah benar-benar disimpan. Atau, kamu sudah mencadangkan data-data penting agar tidak rugi setelah menghapusnya.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk dilakukan dalam menghapusnya. Cara pertama untuk dilakukan adalah menghapus secara otomatis. Sedangkan cara lain adalah menghapusnya dengan cara manual.

Nah, bagaimana langkah dan cara menghapus akun telegram baik secara otomatis maupun manual? Berikut tutorial singkat untuk kamu lakukan.

Untuk menggunakan cara otomatis dalam melakukan penghapusan akun media chatting ini, langkah mudah yang perlu kamu jalankan adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi telegram

Cara Menghapus Akun Telegram

Buka terlebih dahulu aplikasi telegram di smartphone kamu. Kemudian, temukan bagian dengan lambang tiga garis bertumpuk pada bagian layar. Ini biasanya terletak pada bagian sisi kiri layar.

2. Setting

Cara Menghapus Akun Telegram


Lanjutkan dengan menekan bagian setting. Pilihlah bagian Privacy dan Security.

3. Delete my account

Cara Menghapus Akun Telegram


Jika kamu sudah menemukan bagian Privacy dan Security, gulirkan hingga menemukan menu Delete My Account. Pilihlah bagian “if away for”.

4. Pilih durasi

Cara menghapus akun telegram bisa dilanjutkan dengan memilih bagian durasi waktu. Durasi waktu ini maksudnya adalah seberapa lama penghapusan diinginkan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga satu tahun.

Dalam hal ini, durasi dimaksudkan agar telegram tidak digunakan atau diakses dalam waktu tersebut. Jika kamu memilih 6 bulan, maka akun benar-benar akan terhapus jika kamu tidak menggunakannya selama 6 bulan tersebut.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Selain menghapusnya secara otomatis, kamu bisa melakukan penghapusan secara manual. Ini memungkinkan telegram akan terhapus secara permanen. Oleh karena itu, pastikan telah memikirkan dengan baik sebelum menjalankannya.

Artikel terkait:

Cara menghapus akun telegram manual dan permanen

Cara melakukan penghapusan secara manual sebenarnya sama mudahnya dengan menghapus secara otomatis. Hal ini bisa dilakukan langsung dengan menggunakan smartphone atau menggunakan perangkat komputer.

Jika kamu akan melakukan penghapusan secara permanen, beberapa langkah di bawah ini harus dilakukan secara urut dan benar.

1. Jalankan browser

Dalam hal ini, tidak perlu membuka aplikasi chatting tersebut terlebih dahulu. Pengguna cukup menjalankan browser saja. Bahkan, kamu dapat melakukannya menggunakan PC atau langsung di HP.

2. Kunjungi hapus akun telegram

Cara menghapus akun telegram secara manual bisa dilanjutkan dengan melakukan kunjungan pada link hapus akun telegram. Pastikan telah menemukan link ini dengan baik.

3. Input nomor telepon

Cara Menghapus Akun Telegram


Pada link tersebut, pengguna akan dipersilahkan memasukkan nomor HP yang digunakan sebagai nomor untuk aplikasi messenger tersebut. Ketikkanlah nomor HP dengan benar pada kolom tersedia. Selanjutnya, klik Next.

4. Memasukkan kode konfirmasi

Cara Menghapus Akun Telegram


Lanjutkan dengan memasukkan kode konfirmasi. Kode konfirmasi tersebut akan dikirimkan oleh pihak telegram pada aplikasi telegram. Ingat ya, kode ini dikirimkan melalui aplikasi chatting tersebut, bukan melalui SMS.

5. Sign in

Jika sudah mendapatkan kode konfirmasi, maka masukkanlah kode tersebut pada kolom yang sudah disediakan. Lanjutkan dengan menekan tombol Sign in.

6. Tuliskan alasan hapus

Kamu akan masuk bagian Delete Your Account. Pada bagian ini, pengguna yang akan melakukan penghapusan diminta untuk menuliskan alasan pada kolom. Tuliskan alasan mengapa kamu melakukan tindakan penghapusan akun. Jika sudah , lanjutkan menekan opsi Delete My Account.

7. Selesai

Cara Menghapus Akun Telegram

Jika semua langkah di atas telah selesai dijalankan, konfirmasi dengan menekan bagian Yes, delete my account. Jika pengguna sudah memilih bagian tersebut, artinya penghapusan telah selesai dilakukan.

Ingat ya, jika akun telegram telah terhapus maka semua pesan otomatis akan terhapus. Ini tidak akan bisa diperbaiki kembali. Bahkan, semua grup serta channel yang pernah dibuat akan menjadi hilang. Jadi, pastikanlah hapus setelah mempertimbangkan berbagai macam hal.

Kelebihan akun telegram yang perlu diketahui

Nah, sudah jelas bukan tentang bagaimana cara menghapus akun telegram? Lalu, sebenarnya apakah alasan untuk menghapusnya? Padahal, aplikasi ini cukup unggul dibandingkan dengan media chatting lainnya.

Berikut beberapa kelebihan dari akun telegram dibandingkan dengan akun chatting lain yang ada.

1. Gratis

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis alias tidak berbayar. Tidak hanya itu, kamu bisa terbebas dari berbagai macam iklan yang menganggu.

2. Memiliki cloud dan cache

Tidak seperti aplikasi chatting lain, telegram juga dibekali dengan fitur cloud dan cache.Fitur ini membuat penyimpanan data mulai dari teks, foto, video, bahkan history dari percakapan menjadi lebih hemat.

3. Bisa diakses dari berbagai macam perangkat

Rupanya, aplikasi chatting ini bukan hanya bisa dijalankan melalui smartphone saja. Namun, pengguna bisa melakukan akses melalui platform lain mulai dari Linux, Windows, hingga Android.

4.  Ada fitur channel

Pengguna akan menemukan fitur channel. Fitur ini dipakai untuk menyiarkan berbagai macam pesan pada pengikutnya. Ini memungkinkan pengguna yang memiliki bisnis bisa menyampaikan bisnisnya secara digital dengan menggunakan sosial media secara mudah.

Bagaimana, apakah kamu juga memiliki aplikasi chatting tersebut? Jika ingin melakukan penghapusan sementara, lakukanlah cara pertama. Ini memungkinkan kamu bisa menggunakannya lagi di lain waktu. 

Ada juga cara menghapus akun telegram permanen jika kamu sudah benar-benar tidak akan menggunakannya lagi.

Rekomendasi Artikel Lainnya