BLANTERORBITv102

Simple! 7 Cara Screenshot di Laptop ASUS No Ribet

6/17/21
7 Ways to Take Screenshots on ASUS Laptops

Cara screenshoot di Laptop ASUS bisa menjadi informasi menarik untuk kamu coba. Menangkap layar akan menjadi sebuah hal penting untuk menunjang pekerjaan menjadi lebih mudah. Apakah kamu pernah melakukannya?

Dengan berbagai macam kemajuan teknologi, laptop ASUS asal Taiwan ini memiliki teknologi untuk melakukan screenshoot. Jadi, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi apapun untuk menjalankannya. Simak caranya di bawah ini.

Mengenal screenshoot di sebuah laptop

Sebelum mengetahui bagaimana cara screenshoot di Laptop ASUS, kamu dapat mempelajari terlebih dahulu apa itu screenshoot. Ini merupakan sebuah tangkapan layar dan bisa diambil melalui gadget maupun perangkat komputer serta laptop.

Kegiatan menangkap layar tersebut biasanya sudah didukung oleh masing-masing sistem operasi. Jadi, masing masing gadget maupun perangkat komputer dengan merk berbeda memiliki cara-cara sendiri untuk melakukan tangkapan layar.

Namun sayangnya, tidak semua gadget, perangkat komputer, maupun laptop didukung dengan fitur screenshoot ini. Adakalanya pengguna harus menggunakan aplikasi tambahan untuk menjalankannya.

Terlebih lagi untuk gadget maupun perangkat komputer dengan model lawas. Pengguna harus menggunakan aplikasi tepat untuk diinstal dalam melakukan kegiatan tangkapan gambar tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Hasil dari screenshoot biasanya dibutuhkan untuk memberitahukan kepada orang lain mengenai apa yang kamu lihat pada layar komputer maupun gadget. 

Alasan ini biasanya membuat penerima menjadi lebih percaya karena informasi yang disampaikan melalui screenshoot akurat.

Oleh karena itu, banyak orang yang bergantung pada screenshoot. Bagi kamu pengguna laptop ASUS, langkah di bawah ini bisa kamu coba untuk melakukan tangkapan layar. Selain menggunakan cara manual melalui laptop, berbagai aplikasi juga bisa dipilih.

Cara screenshoot di laptop ASUS 

Tangkapan layar atau screenshoot pada laptop bisa menjadi sebuah kebutuhan praktis untuk mengambil dokumen maupun file di masa sekarang. Mengabadikan moment seperti zoom maupun google meet bisa dilakukan dengan cara ini.

Baca juga:

Berikut beberapa cara screenshoot di laptop ASUS untuk kamu coba.

1. Kombinasi Windows dan PrtSc

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Cara praktis pertama untuk kamu coba adalah dengan menekan tombol Windows serta PrtSc secara bersamaan. Dengan menekan tombol tersebut secara bersamaan, maka ini sudah cukup untuk mengambil tangkapan layar.

Cara ini juga menjamin bahwa hasil tangkapan telah terambil dan tersimpan. Layar akan berkedip dan memastikan bahwa tangkapan telah diambil serta disimpan secara otomatis.

2. Fn dan PrtSc

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Selain menggunakan kombinasi Windows dan PrtSc, pengguna juga bisa menggunakan cara screenshoot di laptop ASUS memakai kombinasi Fn dan PrtSc. Langkahnya juga sangat mudah.

Tekanlah tombol Fn dan PrtSc secara bersamaan. Kemudian, buka program sunting gambar di laptop seperti Ms Word atau Paint. Control V pada keyboard untuk menempelkan hasil tangkapan. Edit sesuai kebutuhan dan simpanlah hasilnya.

3. Pakai Snapgit

Selain menggunakan dua cara screenshoot di laptop ASUS manual di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Snapgit. Langkah pertama adalah dengan mengunduh serta menginstal aplikasi tersebut pada laptop.

Setelah proses pengunduhan berhasil dilakukan, jalankan dan kemudian masuk pada aplikasi. Tekanlah tombol Capture. Klik dan pilihlah layar yang ingin ditangkap atau di screenshoot. Klik tombol kamera untuk menyimpan hasil tangkapan.

4. Snipping tool

Jenis fitur ini memang telah tersedia bagi para pengguna windows. Kamu bisa menemukan fitur tersebut dalam versi sistem operasi windows. Untuk menjalankan tangkapan layar memakai Sniping tool, tekan tombol windows di keyboard.

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Kemudian, ketiklah snipping tool pada bagian kolom pencarian. Lanjutkan dengan memilih fitur yang diinginkan seperti rectangular, window, atau full screen snip. Simpan hasil tangkapan dengan menekan tombol Control dan S secara bersamaan.

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Berbagai cara tersebut nyatanya memang sangat praktis untuk digunakan. Selain menggunakan cara-cara di atas, ada berbagai macam aplikasi menarik untuk melakukan screenshoot dengan lebih mudah.

Cara screenshoot di laptop ASUS pakai aplikasi

Laptop ASUS memang telah dilengkapi dengan teknologi super canggih sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi untuk melakukan tangkapan gambar. Meskipun demikian, pengguna juga bisa mencoba berbagai macam aplikasi untuk dijalankan.

Berbagai macam aplikasi di bawah ini sangat praktis digunakan untuk melakukan tangkapan layar pada laptop ASUS.

1. Lighshoot

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Lighsoot menjadi sebuah aplikasi tangkapan layar paling sederhana dari Windows & Mac. Ukurannya juga sangat kecil sebesar 5 MB saja. Jadi, kamu bisa mendownloadnya dengan mudah.

Ini diperuntukkan bagi pengguna yang ingin melakukan screenshoot dengan mudah dan sederhana. Aplikasi ini tidak memiliki interface. Jadi, untuk melakukan tangkapan gambar pengguna hanya perlu menekan tombol PrntScr saja.

2. Skitch Windows & Mac

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Aplikasi ini memang sangat mudah untuk digunakan dalam sebuah perangkat komputer. Pengguna Mac OS X juga bisa menikmatinya. Aksesori yang tersedia dalam aplikasi ini cukup menarik mulai dari arrow, frame, blurring, dan lain-lain.

3. Greenshot

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Aplikasi Windows ini hampir sama dengan aplikasi Lighshoot. Ini tidak menyediakan interface sehingga untuk menangkap layar bisa dilakukan melalui sistem Tray atau memencet hotkey.

Mode yang disediakan bervariasi mulai dari Fullscreen,last region, region, serta Window. Setelah selesai melakukan tangkapan layar, akan diberikan berbagai macam pilihan untuk diapakan hasil tangkapan tersebut.

4. Nimbus Capture

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Sebenarnya, aplikasi ini menjadi salah satu jenis paling populer. Ini sudah memiliki interface modern dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Berbagai fitur mulai dari Numbered Tag tersedia.

Mode yang disediakan ada dua yaitu Fragment dan Fullscreen. Kamu bisa menyimpan hasil tangkapan dan record pad komputer dengan mudah

Begitu mudahnya melakukan screenshoot di jaman sekarang. Kamu dapat memilih cara paling mudah dan menarik untuk dilakukan. Mau memakai aplikasi atau langsung, semua bisa dicoba. Namun, cara screenshoot di laptop ASUS sejauh ini memang terbilang cukup mudah.

Rekomendasi Artikel Lainnya