BLANTERORBITv102

5 Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang yang Terbukti Ampuh

7/01/21
Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang

Sebagai pengguna jaringan seluler, memiliki pengetahuan tentang cara mengatasi sinyal Indosat hilang bisa menjadi salah satu penyelamat. Mengingat salah satu kelemahan jaringan terutama di daerah tertentu adalah hilangnya sinyal untuk berkomunikasi.

Pelanggan Indosat, meskipun jarang, pasti pernah mengalami kendala ini. Contohnya ketika sedang rapat di ruangan tertutup, pergi mudik ke pedesaan, atau entah kondisi tertentu yang tiba – tiba sinyalnya hilang. Tentunya sangat mengganggu bukan.

Terlebih apabila sedang memerlukannya untuk menjalin komunikasi, seperti menggunakan jaringan internet atau hendak menelepon seseorang yang penting. Perlu memahami bagaimana cara mengatasinya secara cepat, sehingga tidak menimbulkan masalah lainnya.

Memahami penyebab sinyal Indosat hilang

Langkah pertama sebelum mencari cara mengatasi sinyal Indosat hilang adalah dengan memahami penyebabnya terlebih dahulu. Berbeda sebab, tentu saja berbeda penyelesaiannya. Karenanya penting untuk mengidentifikasi penyebabnya dahulu.

Secara umum, sinyal hilang bisa disebabkan oleh beberapa hal, pertama adalah karena posisi ponselnya. Apabila terletak di daerah minim sinyal, seperti pedesaan, pegunungan, atau hutan, tentunya akan sering kehilangan jaringannya, sehingga tidak bisa digunakan berkomunikasi.

Meskipun saat ini Indosat sudah berupaya mengembangkan berbagai tower, namun terdapat beberapa tempat yang masih cukup sulit memperolehnya. Apabila Anda hendak ke daerah tersebut, tentunya harus mempersiapkan solusinya terlebih dahulu.

Penyebab lainnya bisa terletak pada perangkatnya, terlebih apabila dibarengi dengan deteksi SIM card bermasalah. Biasanya terdapat problem pada slot kartunya, sehingga cara mengatasi sinyal Indosat hilang juga berkaitan dengan perangkat keras kartunya.

Dan penyebab lainnya biasanya terletak pada servernya itu sendiri. Ini sangat jarang terjadi, kalaupun terjadi biasanya merupakan sebuah upaya perbaikan berkala, sehingga biasanya terdapat notifikasi terhadap pelanggan Indosatnya, sehingga tidak kaget.

Cara mengatasi sinyal Indosat hilang ampuh

Setelah ditelaah kembali, ternyata ada cukup banyak penyebab dari hilangnya sinyal pada pelanggan Indosat. Karenanya untuk mengatasinya cobalah melakukan beberapa tips berikut. Biasanya cenderung berhasil apabila tidak ada kerusakan secara fisik pada perangkat.

1. Mengaktifkan mode pesawat

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang

Salah satu cara mengatasi sinyal hilang Indosat adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Ketika fitur ini diaktifkan segala kemampuan komunikasi akan dimatikan, termasuk pembacaan sinyal dari perangkatnya. Memang difungsikan agar tidak mengganggu perangkat sinyal lainnya.

Ketika mode tersebut dimatikan kembali, jaringan atau sinyal akan ter-reset ulang, sehingga akan berusaha mencari sinyal baru. Apabila tidak ada kendala pada perangkat keras serta tidak berada di desa, biasanya cara ini sangat ampuh.

2. Merestart HP

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang

Salah satu kendala dari hilangnya sinyal biasanya adalah aplikasinya membludak atau banyak sampah dan cache aplikasi. Langkah penyelesaiannya adalah dengan menghapus memori sementara (RAM) dengan cara mematikan ponselnya.

Cara mengatasi sinyal hilang indosat tersebut biasanya efektif apabila ditemui HP tiba – tiba terasa lemot, apalagi bila menggunakan koneksi internet. Bisa juga dengan mengosongkan memori menggunakan aplikasi cleaner, sehingga bisa lebih cepat dan efektif.

3. Mengatur setting APN

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang

Setting APN biasanya digunakan oleh perangkat untuk menghubungkan antara perangkat dengan operator. Biasanya kartu SIM telah diberikan pengaturan default atau resmi dari providernya. Apabila bermasalah sinyalnya, bisa jadi ini kendalanya.

Untuk mengatasinya, cobalah membuka menu pengaturan, masuk ke menu jaringan. Ubah nama APN beserta informasi lainnya sesuai dengan petunjuk defaultnya. Cara ini kemungkinan-nya akan dapat juga mengatasi hilangnya koneksi internet.

4. Memeriksa jadwal maintenance

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu agenda dari provider-nya adalah memastikan masing – masing pelanggan mendapatkan akses secara maksimal. Karenanya terkadang diadakan peremajaan atau maintenance secara berkala.

Biasanya terdapat informasi terkait agenda tersebut, namun bisa saja Anda melewatkannya, karenanya cobalah mencari informasi dari berbagai sumber resminya juga hingga beragam caralah kamu cari. Atau bisa juga melalui sosial media, karena akan ada orang yang mengalami hal serupa.

5. Menghubungi call center

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang

Cara untuk mengatasi sinyal hilang indosat lainnya adalah dengan menghubungi call center, fungsinya adalah laporan. Terkadang solusinya tidak bisa diperoleh saat itu juga, karenanya harus sabar menunggu hasil penyelidikan providernya.

Ada banyak sekali potensi penyebab sebuah jaringan kehilangan sinyalnya, mulai dari lokasi geografis, serta kondisi perangkatnya. Memahami cara mengatasi sinyal hilang Indosat bisa membantu Anda ketika sedang kesulitan sinyal saat mengerjakan hal – hal penting.

Rekomendasi Artikel Lainnya