BLANTERORBITv102

Cara Print Hitam Putih di Microsoft Word dengan Cepat

7/07/21
Cara Print Hitam Putih di Microsoft Word

Salah satu trik teknologi yang perlu Anda kuasai adalah cara print hitam putih di Microsoft Word. Seperti namanya memang nanti hasilnya tidak berwarna, atau hitam putih keabu-abuan saja. Tentunya kurang menarik, namun ternyata juga memiliki keunggulan.

Meskipun trik ini tergolong sangat sederhana, namun nyatanya masih belum banyak yang mengetahui triknya. Terkadang mereka harus menuju rental komputer atau jasa printing untuk mencetakkan dokumennya dalam format black or white.

Padahal ketika mengetahui triknya, siapa saja bisa melakukannya, tentunya akan menghemat banyak biaya, mulai dari biaya cetak hingga akomodasinya. Sebenarnya ada beberapa langkah mencetaknya, namun kali ini fokusnya hanya di Ms. Word saja.

Keunggulan print hitam putih dengan Microsoft Word

Sebelum membahas mengenai cara print hitam putih di Microsoft Word, ada baiknya mengetahui manfaatnya terlebih dahulu. Mengingat seolah – olah tidak ada manfaatnya, karena cenderung kurang menarik, tetapi nyatanya banyak nilai positifnya.

Pertama adalah untuk mendistribusi jumlah tintanya, terkadang setelah digunakan beberapa lama, tinta hitam cenderung masih banyak tersimpan, sedangkan tinta warnanya sudah mulai habis. Hal ini karena, hitam cenderung jarang dipakai, kecuali pada tulisan.

Agar terpakai, salah satunya adalah dengan membuat banyak sekali obyek dengan dominasi warna gelap. 

Tentunya salah satu caranya adalah dengan mengubahnya menjadi mode grayscale. Sebuah gambar berwarna akan langsung dikonversi menjadi hitam-putih.

Manfaat kedua adalah lebih menghemat biaya, terlebih apabila dokumennya belum masuk kategori fix serta tidak memerlukan ilustrasi mendetail. 

Biasanya draf proposal atau laporan tidak perlu cetak warna. Bahkan harus berulang kali dicetak.

Apabila warnanya beraneka ragam ketika dicetak, tentunya harus sering mengisi tinta warnanya. Padahal tintanya memiliki harga cukup mahal. Ketika tintanya awet, tentu saja biaya yang dikeluarkan bisa dihemat beberapa kali lipat.

Setelah memahami beberapa manfaatnya, kini saatnya membahas mengenai cara print hitam putih pada Microsoft Word. Ada beberapa alternatif, bergantung pada jenis dokumennya. Apabila satu gambar saja bisa menggunakan fasilitas filter atau editor gambarnya.

Baca juga:

Cara print hitam putih di Microsoft Word Step by Step

Ada berbagai alternatif langkah untuk menghasilkan model black – white, salah satunya dengan mengedit gambarnya menjadi mode grayscale. Namun apabila dokumennya sangat panjang, langkah tersebut tidaklah efektif, berikut langkah mudahnya.

1. Membuka File Dokumen Microsoft Word

Cara print hitam putih di Microsoft Word yang pertama adalah dengan membuka dokumennya, periksa kembali isi dokumennya. 

Apabila mengandung tidak berwarna sama sekali, maka langkah berikutnya tinggal mencetaknya seperti biasa. Tidak perlu pengaturan khusus.

Apabila terdapat bagian berwarna, Anda bisa melakukan beberapa pengaturan. Apabila berupa teks, tinggal di blok lalu diganti warnanya menjadi black100%. 

Apabila terdapat gambar bisa diedit manual satu – satu atau memasuki langkah berikutnya.

2. Memilih Menu Print

Tidak perlu editing, langsung saja masuk menuju menu print. Bisa melalui klik “file” kemudian pilihlah “print” atau menggunakan shortcut berupa ctrl + P

Alternatif langkah ini adalah cara print hitam putih di Microsoft Word ini efektif untuk dokumen besar.

Ketika sudah memasuki menu printing, Anda akan diarahkan pada tampilan preview serta berbagai pengaturan lainnya. 

Seperti pengaturan kertasnya, pengaturan margin, jenis printernya, serta berbagai pengaturan lainnya.

3. Memilih Preferensi Print

Langkah atau cara print hitam putih di Microsoft Word berikutnya adalah masuk ke menu printer properties, tetapi sebelumnya pastikan sudah memilih jenis printer yang ready. 

Cara Print Hitam Putih di Microsoft Word

Karena apabila belum, nanti harus mengulang proses pengaturan ini.

Pada menu printer properties, akan ada berbagai pengaturan tambahan lainnya, seperti jenis kertasnya, penggunaan warnanya, dan berbagai hal lainnya. 

Cara Print Hitam Putih di Microsoft Word


Fokuslah pada opsi “color” ubahlah pilihannya menjadi “grayscale” atau “Black and White”.

Cara Print Hitam Putih di Microsoft Word

4. Periksa bagian Preview

Agar memastikan langkah dan cara print hitam putih di Microsoft Word berhasil, cobalah melihat preview-nya terlebih dahulu. 

Melalui preview, Anda tidak perlu mencetaknya terlebih dahulu untuk mengetahui hasilnya, serta memungkinkan sedikit editing.

Periksa seluruh gambarnya, apabila terlalu tidak jelas mungkin bisa mengatur kontrasnya terlebih dahulu. Apabila sudah puas dengan hasil previewnya, Anda bisa langsung mencetaknya.

Terkadang dalam suatu kondisi tertentu, tidak perlu cetak berwarna, entah karena efisiensi biaya, kecepatan cetaknya atau berbagai pertimbangan lainnya. sebenarnya cara print hitam putih di Microsoft Word cukup mudah, perlu pembiasaan saja.

Jika dirasa konten ini memberikan bantuan dan ilmu baru kepada kamu tidak ada salahnya bagikan ke media sosial dengan menekan tombol share di bagian bawah artikel ini.

Rekomendasi Artikel Lainnya