BLANTERORBITv102

Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi dengan Mudah

7/24/21
Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Terkadang Anda tidak memerlukan beberapa bagian video dan malas menginstall aplikasi tambahan, tidak perlu khawatir karena ada cara memotong video di laptop tanpa aplikasi. 

Cara ini sebenarnya sudah umum digunakan, namun belum banyak yang menyadarinya.

Memang idealnya adalah memasang aplikasi editing video, mengingat fiturnya lebih lengkap, banyak serta mudah digunakan. 

Namun karena alasan tertentu, misalnya karena kebutuhan insidentil, tidak ingin memasang aplikasi di perangkat laptop.

Sebenarnya ada banyak cara, terlebih jika sudah menggunakan windows 10. Microsoft sudah menyediakan berbagai tools sederhana bawaan bersama windowsnya, sehingga Anda bisa memotongnya tanpa harus menambah aplikasi.

Menggunakan aplikasi bawaan Windows 10

Disadari atau tidak, Windows 10 yang Anda gunakan memiliki beragam fasilitas editor, mulai dari photo editor hingga video editor. Memang tidak terlihat pada ikon atau tampilan desktopnya, tetapi fasilitasnya ada. Berikut langkah mengakses serta mengoperasikan nya.

1. Membuka editor video Windows 10

Karena tidak ada di ikon dekstop maupun menu, cara mengaksesnya adalah menggunakan kolom pencarian. 

Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Ketiklah “editor Video” or "Photos"  nanti akan diarahkan pada satu aplikasi bawaan Windowsnya. Klik aplikasi tersebut Anda akan dibawa pada jendela baru.

Cara memotong video di laptop tanpa aplikasi menggunakan video editor bawaannya tidaklah sulit. Mengingat tampilannya sangat sederhana, interaktif, serta hanya ada beberapa pilihan saja. 

Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Tidak banyak yang bisa dilakukan hanya menggabungkan atau memotongnya saja.

2. Membuat projek baru

Langkah pertama untuk memulai memotong videonya adalah dengan memilih tombol proyek video baru (tombol dengan warna biru di pojok atas). Anda akan diminta untuk mengisi informasi nama videonya.

Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Untuk mempermudahnya, isilah sesuai dengan nama atau judul proyeknya. Apabila hendak mencobanya terlebih dahulu, bisa mengisinya dengan nama sembarang. Ini tidak akan mempengaruhi bagaimana output editingnya nanti.

3. Menambahkan video ke dalam projek

Step berikutnya adalah mengunggah videonya ke dalam proyek Anda. caranya dengan menambahkan videonya melalui komputer dengan cara melakukan drag and drop atau menggunakan menu browse. Tambahkan semua videonya, tidak harus urut.

Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Setelah selesai, cara memotong video di laptop tanpa aplikasi memasuki tahap berikutnya. Yaitu pilihlah file hasil unggahan tadi menuju storyboard. 

Caranya adalah klik kanan videonya, kemudian pilihlah “place in storyboard”.

4. Melakukan Pemotongan Video

Setelah memasuki panel storyboard nya, tinggal melakukan pemotongan videonya. Caranya adalah dengan klik kanan, pilih opsi “Trim”

Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Terdapat pembatas di bagian kiri dan kanannya. Geserlah sesuai dengan cuplikan yang Anda inginkan.

Setelah mendapati bagiannya, tinggal menyelesaikannya dengan memencet tombol “Done”. Langkah terakhirnya adalah dengan mengeksportnya. 

Pilihlah direktorinya, kemudian tunggu hingga segala prosesnya berjalan sampai selesai.

Baca juga:

Alternatif cara memotong video di laptop tanpa aplikasi secara online

Apabila editor bawaan Windowsnya dirasa kurang mumpuni untuk memperoleh hasil sesuai harapan Anda, terdapat alternatif lainnya. 

Yaitu memanfaatkan editor online berbasis browser, sehingga tidak memerlukan instalasi. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Kapwing.com

Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Langkah menggunakan situs ini cukup sederhana, yaitu tinggal mengunjungi nya, mengunggah file yang akan dipotong, serta memilih opsi “Trim”. Potonglah bagian yang Anda inginkan, setelah itu selesaikan pemotongan nya.

Kelemahan menggunakan editor ini adalah terdapat watermark sepanjang videonya, sehingga terkadang mengganggu. 

Untuk menghilangkan watermarknya, diperlukan fasilitas berlangganan terlebih dahulu. Bukan alternatif yang ramah kantong.

2. Online-video-cutter.com

Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Alternatif cara memotong video di laptop tanpa aplikasi berbasis online berikutnya adalah mengunjungi online-video-cutter.com. 

Fitur uniknya adalah Anda bisa memotong video dari youtube, misalkan untuk kepentingan klip tanpa harus mendownloadnya dahulu.

Keunggulan menggunakan alternatif ini adalah tidak adanya watermark, serta terdapat berbagai fasilitas lainnya. 

Di antaranya seperti mengubah rasio, kualitas, serta merotasi videonya. Sehingga cocok sebagai alternatif bawaan windows.

3. Clideo.com

Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Alternatif berikut ini cenderung populer karena ramah terhadap pengguna Android. Cara memotong video di laptop tanpa aplikasi menggunakan Clideo.com juga cukup mudah, tidak berbeda dari editor video lainnya.

Keunggulan nya terletak pada banyaknya pilihan format eksportnya. Ini berguna untuk kepentingan upload ke sosial media, sehingga Anda bisa mengoptimalkan sesuai dengan keperluan editingnya secara ringkas.

Terkadang menemukan sebuah klip seru untuk dibagikan ke rekan atau sahabat. Tentunya perlu memotong videonya terlebih dahulu. 

Windows memberikan cara memotong video di laptop tanpa aplikasi dengan adanya editor video bawaan.

Jika kamu mendapat ilmu baru serta dapat memberikan solusi kepada kamu melalui tutorial dari artikel ini tak ada salahnya kamu bagikan konten ini dengan mengklik tombol share di bagian bawah ini.

Supaya teman-teman kamu yang lainnya merasakan manfaat serta kebergunaan mengenai ilmu dari konten ini.

Rekomendasi Artikel Lainnya