BLANTERORBITv102

10+ Situs Short URL Untuk Perpendek Link Mudah Digunakan dan Terbaik

9/07/21
Situs Short URL Untuk Perpendek Link

Pasti kamu sudah sering menemui link yang di short supaya lebih rapi terlihat dan mudah untuk dibagikan. Shorten link ini sering didapati pada sosial media seperti Youtube, Facebook, Twitter dan Instagram. 

Biasanya yang dibuat shorten link tersebut antara lain portofolio, playlist lagu, website toko online, tautan blog dan berbagai tautan link lainnya. 

Kebanyakan orang menggunakan layanan memperpendek link seperti Rebrandly, Bitly dan TinyURL.

Dengan banyak-nya website penyedia Short URL kita menjadi lebih mudah memilih layanan memperpendek URL dan terutama layanan gratis. 

Salah satu tujuan menggunakan layanan Short URL untuk  menjadikan URL tersebut mudah diingat dan lebih pendek.

Beberapa penyedia layanan Short URL ada juga yang menyediakan versi berbayar perbedaan nya akan jelas dari segi penggunaan fitur. 

Jadi bagi kamu yang menggunakan untuk kegiatan usaha dan bisnis mungkin akan memilih versi pro atau prabayar-nya karena sudah jelas akan lebih lengkap.

Tapi sebagian orang menggunakan layanan short URL hanya untuk sekedar saja maka lebih simple memilih versi gratis-nya. 

Nah, dibawah in akan saya rangkum Situs Short URL Terbaik untuk Memperpendek Link yang dapat kamu gunakan untuk berbagai tujuan. 

10+ Situs Short URL Untuk Perpendek Link

1. Rebrandly

Situs Short URL Untuk Perpendek Link

Termasuk situs yang banyak digunakan untuk memperpendek link karena kualitasnya. Hingga situs satu ini dikatakan sebagai pesaing Bitly yang merupakan situs short url juga. 

URL yang sudah kita perpendek dapat juga di cek hasil statistik kunjungan mengenai short url tersebut. Jika kamu berminat menginstall ekstensi Rebrandly di peramban Chrome sudah bisa.

Cara pemakaian-nya:
  • Daftarkan akun di Rebrandly.
  • Kemudian email konfirmasi akan masuk ke pendaftaran akun tadi.
  • Jika sudah dikonfirmasi, akan ditampilkan ke menu dashboard.
  • Lalu tinggal memasukkan URL yang ingin diperpendek.
  • Tahap terakhir, tap "Create Link".

2. Bit.ly

Situs Short URL Untuk Perpendek Link

Admin RFA pertama kali juga mengetahui short URL dari situs Bitly. Jadi sudah bisa dikatakan Bitly ini termasuk situs short url untuk perpendek link yang populer dengan pengguna yang sangat banyak dan dengan segala keunggulan-nya. 

Tak seperti situs short url lainnya yang harus mendaftarkan akun terlebih dulu, Bitly ini dapat digunakan tanpa mendaftar akun. Dan kapasitas yang bisa dipakai untuk short url juga banyak atau unlimited. 

Tapi ada baiknya untuk mendaftarkan akun di Bitly. Karena dengan hal tersebut kamu bisa mengecek bagaimana statistik perkembangan mengenai short url tersebut. Jadi kamu bisa menganalisis-nya. 

Sebagian dari kita pasti punya bisnis online makanya disarankan untuk mendaftarkan akun di Bitly untuk bisa mengoptimalkan fitur yang tersedia pada Bitly. Sebab mengetahui tingkat CTR juga penting.

Mengenai keamanan Bitly sudah diverifikasi dengan enkripsi HTTPS setiap short url yang kamu lakukan. 

Jadi akan jauh dari kemungkinan link akan dapat diubah atau terkena bahaya seperti malware atau berbagai virus lainnya.

Langganan pemakai Bitly cukup terbilang banyak dan beberapa profil besar juga sudah menggunakan-nya. Jadi tak heran mengapa dikatakan sebagai situs short url yang terbilang populer.

Untuk penggunaan-nya admin rasa kalian sudah pasti bisa. Karena simple sekali. Tapi ada sedikit kekurangan pada akun gratis yang mana kita hanya bisa mengganti URL pada bagian belakang saja. 

Tapi untuk dibuat menjadi custom domain url Bitly tersebut kamu harus mendaftar ke program pra-bayar. Mengenai detail selengkap nya bisa kamu lihat di halaman Bitly. 

3. TinyURL

Situs Short URL Untuk Perpendek Link

Awalnya TinyURL ini diperkenalkan pertama kalinya di tahun 2002 dan termasuk situs perpendek URL yang sangat digemari oleh pengguna Twitter dan platform ini bisa dikatakan sebagai para pemain awal di short url.

Walaupun fitur yang disuguhkan oleh situs short url ini tidak selengkap situs lain tapi hingga sekarang masih digemari oleh para pengguna internet yang digunakan sebagai memperpendek link.

URL yang sudah kamu perpendek akan dapat digunakan selamanya dan pemanfaatan sepuasnya karena situs short url ini terbebas dari jangka expired penggunaan. Kemungkinan terjadinya broken link akan sedikit sekali.

Hingga kini TinyURL terus mengalami perubahan penampilan dari fitur dan berbagai hal dan tentunya membuat kemudahan bagi para pengguna untuk memperpendek link.

TinyURL dapat kita gunakan tanpa mendaftarkan akun terlebih dulu dan juga dapat mengubah bagian akhiran link. 

Bagi kamu yang suka TinyURL untuk memperpendek link, kamu juga bisa memasang-nya pada toolbar browser. 

4. S.id

Situs Short URL Untuk Perpendek Link

Sudah jelas situs ini juga dapat digunakan untuk memperpendek link dan unggul-nya lagi S.id ini berasal dari negara kita sendiri (Indonesia). 

Dari domain nya saja sudah ketahuan karena berasal dari dalam negeri.

Tautan yang sudah kita persingkat dapat juga kita teliti bagaimana perkembangan dalam hal kemajuan statistik-nya. 

Umumnya ada dua pilihan yang disediakan S.id untuk memperpendek link.
  1. Melakukan short URL tanpa mengubahnya atau memodifikasi
  2. Dan bisa menyetel akhiran link serta menganalisis perkembangan statistik link tersebut. Tapi cara kedua ini akan berlaku apabila kita sudah mendaftarkan akun pada website S.id.

5. Tiny.cc

Situs Short URL Untuk Perpendek Link

Dengan menggunakan Tiny.cc kita bisa memodifikasi URL yang kita inginkan yang tentunya untuk berbagai tujuan. 

Tapi, untuk bisa mengaktifkan layanan ini kita harus berlangganan yang sekiranya $5 / bulan untuk bisa meng-custom atau memodifikasi URL yang kalian buat.

Tapi untuk kamu yang tidak ingin memodifikasi URL hanya untuk kebutuhan memperpendek link saja, kalian bisa menggunakan layanan Tiny.cc ini dengan gratis lho.

Tiny.cc juga mempunyai fitur andalan lainnya yang tak hanya sebatas custom url saja. Terutama kita bisa menganalisis tracking link yang sudah kita custom tersebut. Fitur tracking ini meliputi:
  1. Lokasi yang akan ditampilkan
  2. Persentase CTR yang dapat diketahui
  3. Serta browser yang dipakai untuk konversasi penge-klik an link tersebut.
Dan yang perlu kalian ketahui juga, jangan lupa untuk mendaftarkan akun walaupun versi gratis supaya link yang kita perpendek tersebut tidak expired (kadaluarsa).

Untuk melakukan short url tidak jauh berbeda dengan situs lainnya.

6. Dik.si

Situs Short URL Untuk Perpendek Link

Berlanjut dari S.id, situs shorten URL Dik.si ini juga hasil buatan dalam negeri (Indonesia). Pengelola-an serta pemakaian nya tidak jauh berbeda dengan situs shorten url yang sudah dirangkum di atas. 

Sebelum menggunakan situs perpendek URL ini atau Dik.si diharuskan untuk mendaftar akun dulu kemudian login ke situs tersebut.

Fitur yang disediakan oleh situs ini termasuk unggul juga karena sudah didukung dengan proteksi tambahan berupa password.

7. BL.ink

Situs Short URL Untuk Perpendek Link

Termasuk situs short url untuk perpendek link yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap serta dashboard yang dapat digunakan sebagai analisis. 

BL.ink menyediakan fitur untuk memodifikasi url serta melacak pengguna yang melakukan klik terhadap link short, negara asal dan dari mana user tersebut membuka link tersebut.

Fitur untuk versi gratis juga tidak kalah saingnya dengan pra-bayar. Fitur untuk pengguna gratis:
  1. Hanya dapat menggunakan satu akun
  2. Dibatasi dengan 1.000 klik per link.
Bagi kita yang masih ingin mencoba dan belum berniat untuk berlangganan ke veri pro-nya, fitur versi gratis sudah cukup menunjang untuk para pebisnis kecil sekalipun.

Pastinya setiap situs short url akan makin melengkapi dengan berbagai fitur unggulan-nya. Salah satu fitur yang disematkan yaitu Smart Link. 

Keunggulan dari fitur ini kita akan dapat membuat url dengan pengecocokan pada keyword populer. 

Tentu dengan hal tersebut kita bisa menjangkau pengunjung yang lebih luas lagi terutama menaikkan sebuah converstion rate.

Sudah hal umum conversion rate sangat dipentingkan untuk para kalangan pebisnis. Untuk bisa mengetahui perkembangan pada dashboard serta menganalisis apakah semakin baik atau sebaliknya makin terpuruk.

8. Yourls.org

Situs Short URL Untuk Perpendek Link

Situs untuk memperpendek url ini mempunyai singkatan yang berarti Your Own URL Shortener. 

Jadi kita harus melakukan proses instalasi terlebih dulu pada server hosting yang kita pakai. Karena Yourls ini menggunakan program self hosting. 

Tentunya Yourls ini juga menyediakan tampilan tracking kepada pengguna-nya untuk bisa menganalisis serta mendata perkembangan shorten link yang sudah dibuat. 

Misalnya perangkat yang digunakan hingga peramban atau browser apa yang digunakan.

9. T2M

Situs Short URL Untuk Perpendek Link

Fitur yang unggul dan dengan segala penunjang pelengkap untuk short URL sudah disediakan oleh layanan T2M ini.

Kita juga bisa mendata serta menganalisis pada tampilan dashboard untuk bisa melihat kemajuan link. 

Tentunya fitur ini sangat penting bagi para pebisnis untuk bisa mengetahui kemajuan url yang sudah diperpendek. 

Kita bisa mengatur masa expired URL yang sudah di custom tersebut dengan cara efisien untuk short URL yang banyak dalam satu waktu serta bagian untuk membagikan url short tersebut ke sosial media sudah disediakan.

Fitur andalan T2M bernama Custom Analytic Reports. Kegunaan-nya untuk menanyakan perihal perkembangan statistik yang tentunya tidak disediakan pada bagian dashboard.

Situs short URL T2M ini tidak menyediakan untuk program trial atau gratis. Dengan berbagai fitur unggulan untuk penunjang bisnis mengenai short URL tapi layanan ini hanya menyediakan program 

Paket Basic untuk yang termurah. Harga untuk paket Basic tersebut $5 untuk masa aktif selamanya.

Dengan harga tersebut kamu bisa mendapatkan:
  1. Peramban apa yang diakses oleh pengguna.
  2. Jangkauan alamat IP yang bisa kita analisis.
  3. Rasio klik yang dilakukan oleh pengguna.
Jadi layanan yang akan kamu dapatkan masih banyak lagi. Tentunya untuk perkembangan analisis custom kita akan dimudahkan dengan meminta kepada CS T2M.

Berbagai fitur yang sudah kamu ketahui dari situs short URL T2M pasti akan membuat kamu tergiur untuk mencoba layanan tersebut. Terpenting, untuk memajukan kinerja bisnis dalam digital marketing.

10. Cutt.ly - URL Shortener

Situs Cutt.ly ini menyediakan layanan untuk memperpendek link dengan pendata-an mengenai hasil analisis link shortener tersebut. 

Melalui Cutt.ly kita juga dapat membuat kode UTM dengan syarat sudah mendaftar terlebih dulu.

Apabila kamu ingin meng-custom domain juga disediakan yang awalnya Cutt.ly dapat diubah menjadi domain yang kamu inginkan. 

Tentunya harus berlangganan dulu dengan harga $25 / bulan untuk bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Cutt.ly ini juga mempunyai fitur A/B testing yang artinya pengubahan redirect URL selain dari fitur custom domain saja.

11. Is.gd

Fitur yang ditampilkan sudah tentu untuk memperpendek URL dengan cara pengguna-an yang cukup mudah. URL yang kita miliki juga dapat di ubah menjadi QR Code. 

Dashboard yang dapat digunakan untuk melihat perkembangan klik terhadap URL yang sudah di short tersebut. 

Dengan statistik yang ditampilkan untuk mengetahui seberapa banyak klik terhadap url tersebut, akan menjadi layanan pendukung bagi performa bisnis anda.

Manfaat dari penggunaan short URL

Kegunaa-an utama melakukan short URL sudah tentu untuk lebih mempersingkat link dan url akan terlihat lebih professional. Tentu tidak hanya sebatas memperpendek link tapi ada beberapa kegunaan-nya antara lain:
  1. Dengan gabungan karakter pada link yang lebih singkat akan membuat tampak lebih professional dan tidak seperti biasa yang url nya panjang
  2. URL akan lebih mudah diingat dan karakter yang sedikit ini akan mempunyai ciri khas. Untuk perbandingan-nya kamu bisa lihat URL yang panjang dan jika sudah dipakai short url kepada link tersebut akan terlihat lebih ringkas dong.
  3. Kita dapat melakukan tracking atas sumber traffic yang berdatangan. Contohnya, alamat IP pengguna, peramban yang digunakan serta berbagai perangkat pengaksesan. Tentu hal tersebut akan menjadi pendukung tambahan untuk kinerja usaha. Jadi kita bisa tau sumber traffic tersebut datang nya darimana. Dan tambahnya lagi, kita bisa mendata atas kinerja bisnis yang dijalankan.
Penjelasan di atas tadi merupakan beberapa situs short url untuk perpendek link yang kamu bisa pilih. Setiap situs shortener URL mempunyai fitur keunggulan-nya masing-masing. 

Dari fitur dari situs short url tersebut dapat kita gunakan untuk meningkat bisnis kita dalam dunia online ini. Sekalipun untuk kegunaan-an marketing dalam bisnis website. 

Tentunya, sampai disini admin RFATEK pasti kalian sudah bisa memilih langganan untuk situs short url yang akan kamu gunakan. 

Serta mengapa kita harus menggunakan short url sudah admin bahas dalam penjabaran di atas. Sudah pasti akan mempunyai beberapa manfaat yang didapatkan dalam pengguna-an short url.

Pastinya kamu tidak ingin manfaat dan ilmu ini sampai ke kamu saja. Silahkan kamu bagikan di sosial media untuk teman-teman kita yang lainnya bisa memahami apa itu short url tersebut. 

Jadi, kamu bisa majukan bisnis online dengan menggunakan short url apalagi bisa kita gunakan untuk menganalisis sektor digital marketing saat ini. 

Rekomendasi Artikel Lainnya