BLANTERORBITv102

9 Manfaat Jaringan 5G Untuk Inovasi Kehidupan Di Masa Depan

9/24/21
Manfaat Jaringan 5G

Sebagai operator yang berpengaruh di Indonesia, Telkomsel menyampaikan beberapa keunggulan untuk orang yang akan menggunakan jaringan 5G. 

Salah satu manfaatnya yang dapat juga diterapkan Future City Planning, Smart Surveillance dan 5G Call serta Smart Air Patrol.

Laporan ini dinyatakan Direktur of Planning & Transformation Telkomsel Edward Ying yang sedang mengunji coba jaringan 5G di kantor Telkomsel Smart Office (TSO) Batam, Kepulauan Riau.

Dalam hal ini Telkomsel menggunakan frekuensi 3,5 GHz dalam pemanfaatan nya serta menguji cobanya. Maka dari itu, jaringan 5G makin menyebar dan terus akan menjadi komersial di Indonesia. 

Beberapa operator sudah mendukung jaringan ini dan sebagian tempat juga. Walaupun perkembangan nya belum sepesat negeri luar. 

Keunggulan yang didapatkan dengan memanfaatkan jaringan 5G akan semakin banyak untuk kedepannya apalagi kegunaan untuk kehidupan akan berpengaruh sekali.

Pastinya kalian sudah bertanya-tanya apa sih kegunaan serta manfaat jaringan 5G ini untuk kehidupan dan berbagai hal.

1. Pengoperasian jarak jauh

Dalam hal kesehatan dan medis akan sangat terbantu sekali dengan kehadiran 5G. Karena kecepatan koneksi internet nya sudah pasti jauh berbeda dari rekan lamanya 4G.

Jadi untuk monitoring pasien dan berbagai hal lainnya akan lebih dimudahkan bahkan di berbagai luar negara. 

Pastinya tidak hanya sebatas untuk medis saja 5G ini, masih banyak sekali kegunaannya untuk berbagai sektor.

2. Streaming video yang makin canggih

Manfaat Jaringan 5G

Peningkatan dalam hal streaming juga akan melesat karena kebutuhan penggunaan video yang semakin banyak tentu tingkat kualitas streaming akan makin membaik juga. 

Dengan kata lain, resolusi yang dihadirkan dalam video ini akan jauh meningkat. Dan akan jauh dari buffering sekalipun kualitas resolusinya 8K streaming tersebut.

Dalam acara bergengsi MWC 2021, Vivo sebagai brand yang terkenal mengunji coba hal ini di Shanghai, China.

Manfaat Jaringan 5G
Pengujian yang dilakukan oleh vivo dengan resolusi video 8K dengan 5G mmWave.

Hanya dengan koneksi 5G yang cuman 20 Gbps dapat mengunduh file video 4K berukuran 10 GB hanya dengan waktu tiga detik.

Tentu hal yang lebih canggih akan lebih banyak dengan penyebaran 5G ini kalau sudah merata di Indonesia ini.

Jadi dalam pandangan lapangan sepak bola saja yang sudah menggunakan jaringan 5G akan bisa menyuguhkan kamera nirkabel yang tersinkron ke jaringan 5G. 

Contohnya ialah klub Camp Nou Barcelona.

Hingga kemungkinan nya Barcelona juga akan mempunyai presenter holografik yang bisa menjalankan wawancara secara langsung dengan para pemain di dalam lapangan.

3. Autonomous car ( mobil tanpa awak)

Manfaat Jaringan 5G

Melalui perkembangan 5G ini akan berpengaruh pada sektor autonomous car dalam hal tingkat kerentanan pendeteksian. 

Dalam hal sensor pergerakan sekitar, batas jalan, rambu lalu lintas serta tracking peta akan lebih baik.

4. Augmented reality dan virtual reality

Manfaat Jaringan 5G

Peningkatan kualitas AR dan VR semakin canggih dalam hal realistis dan real-time. 

Sebelum ini salah satu celah kekurangan dari gadget tersebut ada pada jeda waktu atau latensi yang berdampak pada berkurangnya waktu penggunaan.

Tentu pesatnya perkembangan 5G ini akan memengaruhi koneksi internet yang makin cepat dan masalah sebelumnya mengenai jeda waktu akan dapat terminimalisir. 

Karena koneksinya akan menjadi beberapa milidetik saja.

5. Cloud Gaming

Manfaat Jaringan 5G

Kecepatan koneksi sudah jelas akan berpengaruh serta latensi rendah dalam game yang sangat dibutuhkan untuk kualitas main game yang Full HD.

Secara dasarnya cloud gaming ini membuat para user atau pengguna bisa menggunakan game yang di hosting pada cloud yang sebagai gantinya harus men-download nya melalui PC atau mempunyai konsol game.

Dan hasil grafik dan video diolah dalam konsol yang tersimpan pada cloud. Jadi kenapa sekarang banyak pengguna game / gamers sangat memilih cloud gaming.
  1. Kita dapat memainkan game apalagi untuk gamers dan tidak terbatas karena yang terpenting koneksi yang mumpuni
  2. Para pemain game tidak diharuskan membeli dalam hal salinan fisik antara game yang ingin dimainkan
  3. Kita tidak diharuskan lagi mempunyai konsol game. Tapi dengan cloud gaming kita dapat menjalankan programnya seperti ponsel / smartphone
Dalam hal pengartiannya seperti proses program dari layar ponsel menuju platform game. Server akan mendapat perintah tersebut dalam hal mem-programkan nya dengan tujuan akhir kepada pemain game.

Maka dari itu dibutuhkan cloud yang mempunyai kecepatan yang stabil dan respon yang berkualitas. Apabila ada terkendala mengenai cloud yang terlalu rendah akan berdampak pada pengguna nya.

6. Robotik

Manfaat Jaringan 5G

Dengan adanya inovasi 5G ini diharapkan kehebatan serta kemampuan mengenai robot akan lebih bisa berkembang. Belakangan ini kendala utamanya ialah dalam hal latensi.

Tentunya pengembangan robot yang jenius membutuhkan seperti cloud dengan pendukungan yang kuat mengenai Artificial Intelligence (AI).

7. Kecepatan koneksi internet yang makin cepat

Manfaat Jaringan 5G

Dampak yang paling jelas akan dirasakan dalam perubahan kecepatan koneksi internet. Dengan kestabilan dengan peng-implementasian latensi rendah yang berbanding jauh dari seri sebelumnya.

Manfaat yang dirasakan berupa menggugah atau mengunduh file yang berukuran besar akan bisa terselesaikan dengan cepat serta pengoperasian dalam hal browsing akan jauh lebih berbeda perbandingan kecepatan nya saja.

8. Pengoperasian teknologi drone

Berbagai kalangan pebisnis dan untuk kegunaan berbagai sektor sudah jelas banyak pemakaian drone saat ini hingga dalam hal militer, pertanian dan gas dan minyak.

Dengan adanya drone ini pengendalian situasi perihal aktifitas pergerakan sektor pabrik melalui tracking langsung. 

Pengoperasian drone dalam hal tingkat presisi yang makin tinggi dengan kehadiran teknologi 5G ini. Serta pengiriman video dalam kapasitas resolusi tinggi dengan secara langsung akan bisa terwujud.

9. Laju peningkatan IoT yang makin berkembang

Manfaat Jaringan 5G

Penggunaan teknologi IoT dalam kebutuhan beberapa sektor makin melaju dengan kegunaan nya akan mempermudah kegiatan pembagian data serta pengontrolan jarak jauh akan memudahkan pengoneksian.

Tentunya hal ini akan terwujud dengan pengembangan 5G yang fungsinya bisa memudahkan konektivitas akan bisa lebih stabil. 

Dengan harapannya bisa mengembangkan digital negara Indonesia ini makin go-internasional. 

Jika sektor IoT dan 5G ini melaju dengan pesat akan memungkinkan pengkoneksian dengan banyaknya perangkat akan lebih mudah hingga berupa perpindahan data dengan jelas dalam hal latensi, harga dan kecepatan.

Apabila 5G ini menyebar luas dan berkembang dalam berbagai aspek akan memberikan pengaruh kuat di era kemajuan teknologi masa kini hingga inovasi industrif yang makin menggebu. 

Informasi akan menjadi lebih mudah diakses dan hasilnya proktivitas masing-masing hal akan terus berkembang dan meningkat. 

Untuk hal ini bisa terwujud tentu kita harus menggunakan dan merger ke teknologi yang mendukung kemajuan 5G ini.

Manfaat jaringan 5G ini sangat banyak sekali dalam kemajuan teknologi di masa depan. Kecepatan koneksi akan jauh berbeda dari yang sebelumnya 4G. 

Berbagai kemajuan bisnis digital akan semakin menggeliat dan para pebisnis ini akan memanfaatkan potensi yang sangat baik untuk mendapatkan berbagai cuan. 

Melalui tulisan ini manfaat jaringan 5G bisa memberikan pandangan untuk bisa menciptakan berbagai evolusi kedepannya. Dengan begitu start-up semakin banyak bermunculan dalam negeri kita ini.

Rekomendasi Artikel Lainnya