BLANTERORBITv102

5+ Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi & Menggunakan Aplikasi

10/28/21
Cara Membuat Stiker WhatsApp

Fungsi dari stiker ini bisa membuat berbalas pesan menjadi terasa lebih hidup dan bervariasi karena merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan sesuatu atau yang dipikirkan secara spontan dengan arti tertentu. 

Dengan adanya stiker ini membuat obrolan semakin asyik dan menghibur apalagi mengirim stiker sama saja kita mengutarakan sebuah ide atau pikiran kita kepada orang yang kita ajak pesan daring. 

Tapi kalian juga dapat membuat stiker sendiri lho dengan bahan pembuatan gambar yang kamu inginkan, foto kamu hingga berbagai variasi gambar yang ingin kamu jadikan sebagai stiker. 

Tentunya pembuatan nya pun tidak terlalu ribet karena kamu bisa membuatnya tanpa harus menginstall aplikasi pendukung untuk membuat stiker tersebut. 

Jadi dari sekarang juga kamu bisa membuat stiker WhatsApp yang kamu inginkan untuk membuat suasana ngobrol melalui pesan singkat semakin hidup. 

Cara membuat stiker WhatsApp tanpa aplikasi

1. Membuat stiker WA menggunakan website

Sebenarnya ada berbagai macam website atau situs yang menyediakan pengeditan foto secara online dengan berbagai keunggulan nya masing-masing. 

Untuk itu kalian bisa menggunakan website iloveimg yang digunakan sebagai penambahan teks pada gambar serta photoscissors yang digunakan sebagai menghapus background foto. 

Cara selengkapnya bisa kalian pahami tutorial di bawah ini.
  • Siapkan bahan foto nya terlebih dulu yang akan dibuat menjadi stiker
  • Buka website PhotoScissors yang akan digunakan menghapus background foto
  • Klik bagian Upload Image serta pilih gambar yang akan di edit (penghapusan background) dan background bawaan dari gambar yang kamu upload akan terhapus dengan otomatis.
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi
  • Pilih opsi Download
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi
  • Buka website iloveimg untuk menambahkan teks serta pilih bagian Photo Editor
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi
  • Klik Select image dan pilih foto yang sudah terhapus background nya.
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi
  • Tambahkan teks pada foto yang sudah kamu upload dengan memilih opsi Text
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi
  • Pilih opsi Save untuk mengunduh hasil editan tersebut dan bisa dengan format PNG atau JPG.
Dan langkah selanjutnya, kamu bisa upload file stiker tersebut dengan menggunakan aplikasi pengunggah stiker WhatsApp. 

NB: Saya menyarankan untuk mengunggah stiker dengan minimal nya 3 stiker supaya prosesnya bisa berjalan. Dengan kata lain, kamu bisa membuat 3 stiker yang berbeda-beda serta sesuai kreasi sendiri yang akan di upload ke WA.

2. Menyimpan stiker WhatsApp yang dikirim teman

Jadi sama dengan cara yang sebelumnya, kita juga tidak harus mengunduh aplikasi pihak ketiga di layanan Play Store ataupun App Store. 

Tentunya kamu juga tahu dengan men-download berbagai aplikasi dari layanan tersebut hanya membuat penambahan kapasitas memori pada hp yang kamu gunakan.

Untuk itu cara ini bisa kamu coba karena penggunaan nya yang simple dan mudah untuk dilakukan. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.
  • Buka aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall di ponsel kamu
  • Buka chat dari grup atau teman yang mempunyai history pengiriman stiker
  • Pilih stiker tersebut dan tahan untuk melakukan penyimpanan hingga muncul opsi di pojok kanan atas pada WA
  • Pilih icon bintang yang bertujuan menyimpan stiker tersebut serta menambahkan stiker ke menu Favorit
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi

Dengan cara yang singkat tersebut, mungkin mudah sekali bukan untuk melakukan nya juga dan untuk bisa mempunyai bahan stiker yang lebih banyak untuk dijadikan bahan chat bersama teman untuk mengungkapkan balasan chat dari stiker tersebut. 

3. Mengunduh stiker WA dari website penyedia stiker / internet

Kalian bisa dengan mudah mendapatkan stiker hanya dengan mengunduh nya dari website penyedia stiker ataupun penyedia stiker WA lainnya. 

Jadi untuk bisa mendapatkan stiker WA tersebut secara gratis kalian bisa mengunjungi website getstickerpack dan sticker.ly atau kalau kamu ingin fitur yang lebih lengkap penunjang pembuatan stiker bisa melalui makestickers.com.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi
website getstickerpack


Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi
website sticker.ly

Seperti yang kalian lihat di atas untuk membuat stiker WA dari masing-masing website pembuat stiker tersebut harus mengunduh aplikasi nya terlebih dulu dan kalian bisa menyesuaikan OS ponsel yang kalian gunakan.

Tapi bukan ini saja cara untuk bisa mendapatkan stiker tapi juga dapat dengan mencarinya melalui mesin pencari Google hanya dengan menulis keyword yang terkait dengan Download stiker WA dan kamu akan menemukan beragam website penyedia stiker secara free atau gratis.

Dan apabila kamu sudah menemukan stiker yang sesuai, kamu hanya perlu mengunduh nya serta upload memakai aplikasi pengunggah stiker WhatsApp. 

Atau #cara alternatif lainnya bisa kamu coba dengan menggunakan fitur pencarian gambar yang disediakan oleh Google. 

Tentunya dengan cara ini kalian akan lebih mudah juga menemukan stiker yang dirasa sesuai dan cocok dan nilai plus nya lagi kita tidak perlu lagi repot untuk membuka website penyedia stiker nya terlebih dahulu.

Tapi bagi kamu yang belum paham juga kamu bisa simak langkah berikut ini:
  • Buka browser Chrome or Mozilla
  • Buka google.com untuk ke halaman utama 
  • Pilih opsi Google gambar yang ada di bagian kanan atas 
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi

  • Tuliskan kata kunci "stiker wa atau stiker yang menurut kamu sesuai dan terkait " pada kolom pencarian.
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi
  • Hasilnya Google akan memunculkan berbagai gambar yang sesuai dengan kata kunci yang sudah kamu tuliskan. 
Dan untuk variasi gambar yang lain kamu bisa menyesuaikan sendiri dengan apa yang ingin kamu cari dan temukan pada Google Gambar. 

Baca juga:

4. Membuat stiker WA dengan fitur yang disediakan aplikasi WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih room chat dengan teman atau grup
  • Klik kolom chat dan akan muncul tampilan keyboard dan juga terdapat bar yang bersimbol menu emoji. Pilih ikon emoji tersebut.
  • Dan biasanya akan keluar berbagai emoji yang biasa digunakan serta berbagai emoji lainnya. Kamu bisa pilih icon yang sudah di simboli di gambar tersebut.
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi

  • Maka kamu akan menemukan berbagai stiker yang kamu gunakan hingga stiker yang sudah disimpan. 
  • Pilih ikon "+" atau 'Tambah' yang terdapat di pojok kanan bar emoji untuk bisa membuat stiker gratis serta mendapatkan berbagai variasi stiker lainnya.
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi
  • Jadi kamu akan ditampilkan dengan berbagai jenis stiker yang bisa digunakan dengan mengunduh nya atau menambahkan ke menu favorit stiker yang kamu inginkan.
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi


Untuk menambah stok atau bahan stiker, kamu bisa menyimpan nya dengan menjadikan stiker yang sesuai ke dalam kategori favorit karena akan tersimpan di tab stiker favorit. 

Dengan begitu mana tau kamu ingin menggunakan stiker tersebut di kala membutuhkan kamu hanya perlu membuka tab stiker favorit.

Cara membuat stiker WA dengan foto sendiri atau teman

Mana tau kamu ingin mengedit foto kamu sendiri dan teman menjadi stiker kalian bisa mencoba cara ini. Karena dengan membuat stiker yang berbentuk foto sendiri akan menjadi terkesan menarik dan menambah keasyikan dalam mengobrol di aplikasi WA.

Untuk caranya tidak terlalu rumit kok, siapa saja pasti bisa melakukan nya. Jadi ayo buat dari sekarang juga untuk bisa berbalas stiker dengan cara foto sendiri untuk menambah kehidupan dalam percakapan WA nya. 

1. Download aplikasi pembuat stiker WA

Kalian harus terlebih dulu men-download dan menginstall aplikasi pendukung pembuat stiker WA tersebut yang bisa didapatkan di Play Store ataupun App Store. 

Tentu untuk membuat stiker WhatsApp. aplikasi tersebut harus dilengkapi dengan fitur seperti bisa mengedit dan menambah tulisan, menghapus latar belakang hingga aplikasi pengunggah stiker ke WA.

Jadi kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi ini untuk menunjang fitur tersebut diantara nya: PicsArt, Background Eraser serta Personal sticker for WhatsApp.

Dan yang paling penting aplikasi tersebut mudah untuk digunakan, praktis dan gratis dan tentunya yang paling utama bisa mengedit dan mengubah foto kalian menjadi stiker yang apik, menarik serta lucu untuk dilihat di WA.

2. Menyiapkan foto yang akan di ubah menjadi stiker

Kamu harus sudah mempunyai bahan foto yang nantinya akan dijadikan sebagai stiker. Dan disarankan sekali kamu mempunyai tiga (3) bahan foto yang akan diubah menjadi stiker karena dari aplikasinya sendiri (WhatsApp) mewajibkan minimal tiga stiker untuk di upload atau ditambahkan.

Jadi sampai disini kamu sudah mempunyai bahan foto yang minimal nya 3 unit dan foto tersebut juga bisa berupa foto sendiri, keluarga, kerabat, teman ataupun pacar yang akan dikelola nantinya sebagai stiker.

3.  Menghapus background foto

Tentunya untuk bisa mengubah foto tersebut menjadi stiker terlebih dulu harus menghapus latar belakang (background) pada foto. Karena dengan menghapus latar belakang pada foto akan membuat terlihat lebih bagus untuk dijadikan stiker.

Sebenarnya aplikasi untuk menghapus latar belakang foto banyak sekali yang bisa digunakan dan juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik tapi kali ini saya akan merekomendasikan aplikasi Background Eraser untuk menghapus latar belakang pada foto.

Caranya cukup simple:
  1. Buka aplikasi Background Eraser
  2. Pilih menu Load a Photo serta pilih foto yang akan dihapus latar belakangnya tersebut.
  3. Geser atau usap dengan jari pada bagian foto yang ingin dihapus
  4. Dan pilih opsi Done apabila sudah sesuai serta opsi Save untuk menyimpan foto dari hasil pengeditan.

4. Menambahkan teks pada foto

Kamu jangan sampai lupa menambahkan teks pada foto yang ingin dijadikan sebagai stiker untuk terkesan lebih menonjol dan lucu pada stiker tersebut atau jika kamu tidak ingin menambahkan teks tidak masalah juga.

Sama seperti yang sebelumnya, aplikasi pendukung untuk menambahkan teks pada foto banyak sekali tersedia di Play Store atau App Store tapi kali ini saya akan rekomendasikan aplikasi PicsArt.

Dan kamu bisa memilih opsi Text pada aplikasi tersebut untuk menambahkan teks sesuai selera yang kamu inginkan. Tambahkan juga efek warna tulisan pada teks yang ditambahkan pada foto untuk terlihat lebih interes, mudah dibaca serta penambahan teks jangan sampai menutup bagian foto nya.

Jadi jika sudah terlihat sesuai dengan teks yang ditambahkan pada foto serta sudah dirasa fix dari hasil pengeditan nya bisa kamu simpan gambar tersebut.

5. Meng-upload stiker ke WhatsApp 

Stiker yang sudah di hapus latar belakangnya tersebut dan sudah ditambahkan teks lelucon hingga berbagai kata menonjol lainnya untuk membuat kesan yang lebih menarik pada stiker, tahap terakhir yang harus dilakukan ialah mengunggah stiker tersebut ke WhatsApp.

Aplikasi yang bisa dijadikan referensi untuk kalian gunakan ialah Personal Sticker for WhatsApp.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara mengunggahnya:
  1. Buka aplikasi Personal Sticker for WhatsApp
  2. Masukkan stiker yang sudah di edit tadi untuk ditambahkan ke aplikasi WhatsApp
  3. Stiker yang sudah dimasukkan tersebut akan langsung tersedia di menu Sticker WhatsApp
  4. Dan stiker tersebut sudah bisa digunakan untuk berbalas pesan di aplikasi WhatsApp
Maka dari itu, kamu bisa menggunakan dua (2) metode yang sudah dijelaskan entah itu membuat stiker WhatsApp tanpa aplikasi atau menggunakan aplikasi dan tentunya cara tersebut mudah diterapkan serta praktis.

Saya harap artikel ini bisa bermanfaat dan membawa solusi kepada kalian yang sudah membaanya dan yang paling utamanya kalian bisa ber-ekspresi membuat berbagai variasi stiker WhatsApp se-menarik mungkin dan kalau bisa terlihat konyol supaya ada unsur kelucuannya. 

Rekomendasi Artikel Lainnya