BLANTERORBITv102

6 Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang / Tidak Muncul

10/20/21
cara mengatasi sinyal telkomsel hilang

Jaringan operator Telkomsel termasuk yang mempunyai pangsa pasar yang luas di Indonesia ini jadi wajar saja apabila mengalami kendala akan menjadi suatu permasalahan bagi para pengguna nya.

Apalagi ketika pengguna jaringan Telkomsel ini mempunyai banyak kegiatan yang mengharuskan ia untuk terus terkoneksi dengan jaringan tersebut. 

Dan jaringan Telkomsel ini bukan lagi satu atau dua kali mengalami permasalahan pada koneksi sinyal-nya tapi dalam beberapa momen sudah pernah terjadi.

Terlepas dari berbagai kekurangan nya tapi Telkomsel termasuk ke dalam provider terbaik di Indonesia. Mungkin sebagian dari kita berpikir kenapa bisa jaringan yang termasuk ke dalam provider terbaik di Indonesia tersebut tiba-tiba sinyal nya hilang.

Tapi yang kita lihat dari jaringan Telkomsel ini kan dari segi kekurangan nya tapi harus kita ketahui juga jaringan Telkomsel mempunyai kecepatan koneksi yang stabil dalam beberapa waktu.

Walaupun begitu yang perlu kita perjelas disini bagaimana cara mengatasi sinyal Telkomsel hilang dengan berbagai penyebab nya yang harus kalian ketahui juga.

Penyebab sinyal Telkomsel hilang

Mengalami kerusakan pada komponen hardware ponsel

Komponen hardware pada ponsel kerap terjadi kerusakan yang diakibatkan ponsel masuk ke dalam air, terjatuh yang menimbulkan efek tekanan pada ponsel. 

Dan masalah lain seperti membuka bagian backdoor ponsel dengan sembarangan hingga komponen hardware mengalami kerusakan dikarenakan salah bertindak untuk memperbaiki komponen hardware tersebut tanpa adanya pihak ahli.

Jadi kenapa sinyal bisa sampai hilang indikasinya bisa saja ada pada bagian hardware yang mengalami kerusakan. 

Hingga kerusakan yang disebabkan ponsel masuk air bisa memberikan efek karat pada komponen dalam ponsel. 

Untuk itu daripada kalian perbaiki sendiri tanpa adanya keilmuan yang jelas hanya akan menimbulkan kerusakan baru pada ponsel alangkah baiknya kalian bisa bawa ke rekan teknisi atau konter yang bisa kalian percayai untuk menangani ponsel kalian yang mengalami kerusakan tersebut.

Dan perlu kalian ketahui juga harga pasaran service hp biasanya akan lebih mahal di sektor hardware-nya daripada sistem nya. Apalagi teknisi nya mengatakan harus mengganti komponen yang baru tentu harus merogoh kocek yang tidak sedikit juga.

Jadi saya sarankan sekali untuk memperbaiki ponsel kepada tukang service yang tepat menurut kalian mana tau hanya kerusakan ringan saja dan tak perlu mengganti komponen hardware ponsel yang baru.

Arus listrik mati

Arus listrik yang mati akan menyebabkan BTS atau tower yang tersedia di sekitar kalian bisa saja akan mati dan ikut padam juga. 

Karena hal tersebut ponsel kalian akan dengan otomatis mencari sinyal ke pemancar BTS yang masih menyala atau aktif yang membuat jaringan ponsel kalian akan ikut terdampak kehilangan koneksi yang stabil.

Dan penyebab-penyebab lain mengapa sinyal Telkomsel hilang yang umumnya seperti:
  1. SIM Card ponsel yang longgar atau tidak terpasang dengan tepat
  2. Kondisi cuaca yang buruk
  3. Mengalami permasalahan jaringan dari provider
  4. Kartu Telkomsel yang sudah expired
  5. Terkendala dengan error sistem
  6. Kartu diblokir oleh provider
  7. Terakhir, kondisi sinyal di tempat tersebut yang kurang mumpuni

Cara mengatasi sinyal Telkomsel hilang

1. Aktifkan data seluler Telkomsel

Bisa saja sinyal Telkomsel kamu yang hilang tersebut diakibatkan kamu belum mengaktifkan-nya yang membuat sistem jaringan provider tersebut kesulitan untuk mengakses jaringan. 

Atau mana tau kamu mempunyai dua SIM Card dan kartu yang kamu aktifkan malah kartu yang sebaliknya di bagian pengaturan. 

Karena bisa saja kalian tidak sengaja mengubah pengaturan data seluler-nya ke bagian kartu yang satu lagi yang membuat kartu Telkomsel tersebut tidak dapat terdeteksi.

Tentunya kamu harus memastikan dengan sejelas mungkin apakah kondisi kartu Telkomsel kamu sudah aktif atau pastikan koneksi data Telkomsel sudah hidup dengan benar pada ponsel.

Jadi untuk selengkapnya kalian bisa masuk ke pengaturan data seluler pada ponsel untuk mengecek-nya apakah aktif atau tidak kartu Telkomsel tersebut.
  • Masuk ke menu Setelan / Pengaturan pada ponsel kalian.
  • Pilih opsi Kartu SIM & Jaringan Seluler
  • Cek kondisi kartu data apakah sudah diaktifkan dengan jaringan yang di-inginkan, misal: Telkomsel

2. Menggunakan serial kode dial

Karena kita masih bisa mencoba cara lain apabila solusi yang sebelumnya tidak bisa mengatasi sinyal Telkomsel hilang. 

Jadi caranya ini kita akan menggunakan serial kode dial dengan kodenya *363*212# yang berfungsi untuk menonaktifkan layanan internet sementara saja.

Dan dilanjutkan dengan mengetik *363*213# yang fungsinya untuk menghidupkan kembali layanan internet Telkomsel.

3. Melakukan restart pada ponsel

Dengan melakukan restart sama saja kita akan mengoptimalkan kinerja ponsel dan tentunya untuk mengatasi gagal sistem yang terjadi pada perangkat ponsel. 

Dan seringkali beberapa menu yang ada di ponsel seperti jaringan Telkomsel mengalami kendala.
  • Tekan dan tahan tombol power hingga memunculkan opsi
  • Untuk opsi pemilihan kalian bisa memilih "Matikan daya" or "Mulai ulang / Restart". Kalau kalian memilih opsi matikan daya tunggu hingga ponsel dalam keadaan mati serta jangan hidupkan langsung ponsel untuk membiarkan sejenak. 
  • Dan coba hidupkan kembali hp kalian.
Atau bisa juga memilih restart dengan proses yang otomatis berjalan pada ponsel. Karena biasanya dengan melakukan cara ini bisa mengatasi permasalahan sinyal hilang pada ponsel.

Baca juga:

4. Melepas dan memasang kembali kartu SIM

Cara simple sekali untuk dilakukan:
  1. Pastikan ponsel sudah dalam keadaan mati / matikan daya ponsel.
  2. Buka slot SIM Card
  3. Lepas kartu telkomsel dari slot tersebut serta tunggu beberapa menit
  4. Pasang kembali kartu telkomsel ke slot SIM Card
  5. Dan hidupkan kembali ponsel.
Saya sendiri sudah pernah mencoba cara ini dan berhasil memperbaiki sinyal pada jaringan ponsel yang hilang dan termasuk untuk mengatasi masalah tampilan menu jaringan tanda silang pada ponsel. 

Karena bisa jadi jaringan dari kartu tersebut hilang karena tidak terdeteksi di slot SIM Card dengan baik atau mengalami kelonggaran pada pemasangan kartu-nya.

5. Mengaktifkan mode pesawat

Termasuk salah satu solusi untuk menangani sinyal Telkomsel yang hilang tentunya ialah dengan mengaktifkan mode pesawat. Selain memperkuat sinyal pada ponsel dengan mengaktifkan mode pesawat juga dapat mempercepat sistem Android pada ponsel kalian lho.

Jadi sistem nya itu ketika kita mengaktifkan fitur mode pesawat akan membuat koneksi seperti jaringan data dan WiFi akan dinonaktifkan atau dimatikan.

Dan saat kita mematikan fitur mode pesawat, akan membuat ponsel kembali secara otomatis mencari jaringan baru untuk mendeteksi sinyal yang lebih kuat dari jaringan yang sebelumnya.

Sebenarnya untuk cara mengaktifkan mode pesawat ini mempunyai sedikit perbedaan tergantung merek ponsel masing-masing. Tapi yang ingin saya jelaskan ini ialah untuk ponsel yang ber-sistem operasi Android.

Untuk cara detail-nya mengaktifkan mode pesawat:
  1. Pada layar beranda ponsel, geser ke bawah dari atas layar dengan dua jari
  2. Dan akan muncul berbagai menu Pengaturan cepat pada layar ponsel kalian.
  3. Pilih opsi Mode Pesawat dengan mengaktifkan-nya
Atau kalian juga bisa mengaktifkan fitur Mode Pesawat melalui pengaturan tapi kalian bisa menyesuaikan sendiri. Karena berbeda tipe / merek ponsel akan berbeda penempatan fitur Mode Pesawat tersebut. 

Tapi yang ingin saya jelaskan ialah mengaktifkan mode pesawat melalui pengaturan varian Xiaomi.
  1. Masuk ke menu Setelan
  2. Scroll ke bawah dan pilih opsi Koneksi & Berbagi
  3. Aktifkan mode pesawat dengan menggeser toggle ke posisi ON / ke kanan.

6. Kunjungi grapari Telkomsel terdekat

Jika permasalahan utamanya menurut kamu ada pada kartu Telkomsel tersebut bisa kamu mencari Grapari Telkomsel terdekat untuk mencari solusi nya. Karena kita bisa menanyakan permasalahan seputar kartu Telkomsel yang kalian miliki pada Costumer Service tersebut. 

Jadi kamu bisa menanyakan keluhan kamu dengan Costumer Service Grapari Telkomsel tentunya seputar layanan operator Telkomsel. 

Dan biasanya kita akan lebih mudah menemukan solusinya karena diarahkan oleh para CS tersebut untuk memperbaiki kartu Telkomsel kalian atau dengan berbagai cara perbaikan lainnya.  

Ada beberapa dokumen yang perlu kamu bawa ke Grapari Telkomsel mana tau diperlukan untuk melakukan verifikasi data antara lain:
  • KTP Asli
  • Kartu SIM yang sudah di-registrasi
  • Jangan lupa membawa kartu SIM yang rusak tersebut.
Sebenarnya dokumen itu diperlukan hanya untuk melakukan pendaftaran ulang mengenai penggantian kartu Telkomsel yang rusak.

Mana tau kamu masih ingin menanyakan berbagai hal seputar operator Telkomsel dengan cara yang lebih ringkas dan mudah bisa kamu kontak beberapa info di bawah ini:
Mungkin itulah beberapa penjelasan cara mengatasi sinyal telkomsel hilang atau tidak muncul. 

Dan saya menyarankan sekali kamu bisa selidiki terlebih dahulu masalah utamanya mana tau kamu masih bisa memperbaiki sinyal Telkomsel hilang tersebut sebelum dibawa ke pihak yang lebih ahli yang tentunya akan membayar.

Dengan artikel ini saya berharap sekali kalian bisa menemukan solusi dan tentunya bisa memperbaiki masalah tersebut dan bisa mengaktifkan data seluler kalian dengan kembali lagi tanpa ada hambatan.

Rekomendasi Artikel Lainnya