BLANTERORBITv102

9 Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu (Rekomendasi dan Akurat)

11/15/21

Tidak diragukan lagi untuk masa kini yang masih banyak agen hingga oknum yang memasarkan hp samsung yang bermerek kw atau palsu. Untuk mengantisipasi kejadian hal tersebut untuk tidak terjadi kepada kalian, tentunya harus mengetahui cara mengecek keaslian dari HP Samsung tersebut. 

Terutama merek ponsel Samsung ini cukup lumayan banyak mempunyai pengguna dari vendor tersebut di Indonesia. Hingga jejak kaki dan riwayat dari vendor tersebut sudah termasuk lama ber-bisnis di negara Indonesia ini. 

Bahkan vendor tersebut bisa dikategorikan sebagai merek yang sudah berkembang sebelum para kompetitor ponsel lainnya bermunculan. 

Karena reputasinya yang sangat besar memberikan peluang juga kepada berbagai oknum untuk menyalahgunakan serta mendistribusikan berbagai ponsel Samsung KW. 

Biasanya tampilan serta desain luar dari ponsel Samsung KW terlihat sama tetapi ketika diperiksa lebih detail di bagian hardware nya akan menemukan perbedaan dari tipe KW dan ORI. 

Tentu akan membuat jengkel dan meresahkan bukan jika ponsel merek Samsung yang kita beli rupanya KW atau palsu. 

Untuk itu kesadaran dan pengetahuan untuk mengecek keaslian dari HP Samsung tersebut diperlukan sekali sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. 

Intinya kita harus mengetahui kriteria kecil hingga spesifik mendalam dari ponsel merek Samsung asli dan kw. 

Cara cek keaslian HP Samsung 

1. Mengecek Nomor IMEI

Pada dasarnya kamu bisa mengecek kesamaan dari nomor IMEI yang terdapat pada box ponsel dengan yang tersimpan di sistem ponsel nya. Untuk caranya kalian hanya perlu memasukkan kode dial "*#06#" pada menu navigasi panggilan telepon. 

Setelah memasukkan kode dial tersebut tunggu beberapa saat hingga muncul di layar ponsel kalian sebuah kode unik IMEI. 

Dengan begitu kalian bisa mengecek dari segi kesamaan dan ketepatan antara NO IMEI yang terdapat di box ponsel dengan kode IMEI yang muncul di layar ponsel tadi atau lebih tepatnya dari hasil pengecekan melalui kode dial yang sebelumnya. 

Apabila tampilan kode IMEI yang muncul tidak sama, bisa jadi ponsel Samsung yang kalian gunakan itu tidak orisinal atau tidak asli. 

Untuk langkah selanjutnya supaya lebih detail dan lengkap, kamu bisa melakukan pengecekan melalui situs IMEI.info. 

Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu memasukkan / input no IMEI yang sudah didapatkan tadi di kolom nomor IMEI pada website tersebut. 

cara cek keaslian hp samsung

Setelah IMEI sudah dimasukkan pada pencantuman IMEI di kolom tersebut, centang bagian captcha beserta klik tombol Check memulai prosesnya.

Proses yang sudah berjalan akan menampilkan info mengenai hp kamu dan juga nama brand / vendor dari yang kalian gunakan. Dan apabila ponsel tersebut asli biasanya akan muncul sebuah brand dari IMEI yang sudah dimasukkan tadi, misal Samsung. 

Tetapi untuk membuktikan keakuratan dari keaslian ponsel Samsung tersebut, kalian masih harus melakukan pengecekan pada brand / model yang dicantumkan pada website IMEI.info apakah sudah sesuai dengan model ponsel yang kalian gunakan. 

Terutama dengan tersebar luasnya berita yang menyatakan bahwa ponsel yang nomor IMEI nya yang tidak terdaftar di Kemenperin, akan menjadi sebuah masalah karena tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi.

2. Menggunakan LCD Test

Cara mengecek keaslian dari HP Samsung juga bisa melalui menggunakan LCD Test. Karena cara ini cukup mudah dilakukan dan yang paling penting bisa mengetahui apakah ponsel tersebut KW atau ORI.

Untuk detailnya kalian hanya perlu mengetik kode "*#0*#" pada bagian layar panggilan telepon serta tunggu proses tersebut berjalan. Tunggu proses tersebut berjalan hingga layar ponsel menampilkan sebuah informasi LCD Test. 

Jadi kamu akan ditampilkan sebuah informasi seperti getaran suara, keterangan camera hingga layar sentuh dan masih banyak berbagai pengungkapan tentang spesifikasi lainnya. 

Karena melalui hal tersebut dapat kita ketahui bahwa merek ponsel Samsung KW atau Palsu tidak akan menampilkan informasi seperti detail tersebut. 

Bagi kamu yang masih ingin melihat atau ingin mengetahui berbagai informasi mengenai spesifikasi ponsel yang kalian gunakan saat ini juga dapat dengan mengetik *#*#4636#*#* pada layar panggilan ponsel.

Dengan melalui cara tersebut, bisa kamu pahami bahwa tidak hanya satu opsi saja yang dapat digunakan. 

Dan informasi mengenai detail spesifikasi ponsel biasanya tidak akan tampil, apabila ponsel tersebut termasuk kategori KW atau palsu.

3. Melakukan pengecekan pada tampilan luar ponsel

Untuk mengecek keaslian dari HP Samsung juga dapat kita lihat dari segi tampilan luar nya atau istilahnya bisa dikatakan seperti bentukan fisiknya. 

Tetapi terkadang jika hanya dilihat dari tampilan luarnya saja atau bentukan fisiknya masih ada saja berbagai brand ponsel yang lolos dan tidak diketahui sedikitpun bahwa ponsel tersebut termasuk KW. 

Dengan kata lain merek dari ponsel tersebut membuat sedemikian rupa agar tidak dapat terdeteksi bahwa itu adalah ponsel kw atau palsu. 

Jadi kamu harus mengetahui spesifikasi dasar dan mempunyai pengetahuan mendalam dari ponsel tersebut agar lebih mendalam melakukan perbandingannya. 

Spesifikasi fisik atau tampilan dari desain ponsel tersebut dapat diketahui melalui material casing HP beserta ketebalan.

Karena pabrikan asli Samsung biasanya membuat produk ponsel nya dengan body yang kuat seperti terlihat tebal. 

Dan hal mendasar lainnya bisa di cek melalui material HP Samsung. Kalian bisa melihatnya dengan jelas apabila ponsel Samsung yang asli akan tampak terlihat lebih kasar serta dengan berbagai perbandingan lainnya yang dapat dibandingkan antara produkan asli dan KW. 

Pabrikan yang berasal dari China terutama untuk produkan ponsel sering kali menggunakan bahan perpaduan antara berkualitas dengan plastik atau istilahnya semi-plastik.  

Karena diproduksi dengan bahan semi-plastik tentunya akan membuat material dari ponsel tersebut akan lebih ringan apabila dipegang untuk melihat perbedaan antara ori dan kw. 

Jadi banyak sekali yang dapat kita lakukan perbandingan hanya dengan bentukan fisik ponsel tersebut untuk mengetahui tingkat keaslian nya. 

4. Samsung Kies

Samsung Kies itu dapat di ibaratkan seperti sebuah software resmi yang dimiliki oleh Samsung dan melalui software tersebut juga bisa mengecek HP Samsung asli ataupun palsu yang sedang saat ini kamu gunakan. 

Tentunya untuk dapat melakukan cara ini terlebih dulu harus mengunduh dan sudah terinstall di perangkat PC ataupun laptop kalian. 

Dan kamu tidak perlu terlalu khawatir mengenai cara menggunakan software tersebut karena mudah dipahami dan cukup mudah juga. 

Jika software tersebut sudah terpasang di perangkat yang kamu gunakan, selanjutnya kamu hanya perlu menyambung / menghubungkan antara ponsel dengan PC atau Laptop tentunya bisa melalui kabel data. 

Apabila ponsel dengan perangkat penghubung sudah terkoneksi maka akan memberikan tampilan informasi pada perangkat tersebut. Yang artinya software tersebut dapat mendeteksi perangkat ponsel Samsung kamu. 

Dan indikasi tersebut juga mempunyai arti bahwa ponsel tersebut memang ori atau asli.

Sebaliknya jika software atau PC / laptop tidak dapat mendeteksi hingga membaca informasi dari ponsel yang sudah tersambung / terkoneksi pada perangkat kamu, maka hal tersebut bisa memberikan indikasi bahwa ponsel Samsung kamu bisa jadi palsu / kw. 

5. Mengecek kualitas kamera

Kalian juga sudah pasti tahu sendiri bahwa kualiatas dari jepretan atau kamera ponsel Samsung dapat dikategorikan sebagai hasil yang sangat mumpuni serta bagus. 

Untuk sebagian tipe ponsel Samsung yang sudah diusung dengan perlengkapan spesifikasi yang bagus akan dapat melakukan pemotretan di kondisi ruangan yang minim cahaya. 

Dan hasil yang ditampilkan pun tidak mengecewakan karena sanggup memberikan performa dengan se-detail mungkin dari setiap objek yang ditargetkan. 

Dari hal tersebut saja kamu sudah bisa membedakan antara ponsel asli dan kw. Pastinya jika ponsel Samsung tersebut kw atau palsu akan sangat kesulitan untuk memberikan hasil sesuai dari ponsel yang bertipe aslinya. 

Karena biasanya hasil kamera dari ponsel Samsung replika hanya akan menampilkan dengan standar banyak noise serta lebih kelihatan gelap. 

6. Cek spesifikasi ponsel Samsung 

Cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk mengecek originalitas atau keaslian dari HP Samsung dapat melalui spesifikasi serta tipe yang tercantum pada sistem ponsel tersebut / bagian setelan.

Masuk ke bagian tersebut mudah sekali, hanya perlu ke : Settings  > About Device 

Menu tersebut akan menampilkan berbagai spesifikasi serta tipe dari ponsel Samsung kamu. 

Proses selanjutnya kamu hanya perlu melakukan pencocokan diantara yang ada pada sistem ponsel Samsung tersebut dengan spesifikasi resmi yang dirilis dan dibagikan oleh pihak Samsung tersebut. 

Jika tidak melalui halaman resmi yang dirilis oleh Samsung, bisa juga dengan mengakses website GSM Arena dan memasukkan keyword tipe ponsel Samsung kalian di bagian kolom pencarian.

Karena website GSM Arena bisa kalian gunakan sebagai sumber informasi resmi juga, yang mana informasi yang disediakan di situs tersebut termasuk valid.

7. Cek kualitas layar

Melalui kualitas layar saja kita bisa mengecek keaslian dari HP Samsung tapi kamu juga harus memahami supaya bisa membedakannya dengan sejelas mungkin. 

Ponsel keluaran terbaru dari Samsung selalu mengutamakan kualitas layar dengan model Super Amoled yang kesannya lebih terlihat tajam serta jernih. 

Dan berbeda sekali dari seri HP Samsung kw atau palsu yang lebih dibuat dengan seri flagship. Yang artinya kualitas dari produknya akan lebih rendah dari seri produk aslinya. 

Umumnya berbagai ponsel flagship biasanya di desain dengan TFT atau IPS LCD dan hanya memberikan kesan kualitas rendah.

Bisa kita definisikan jika layar ponsel yang diusung dengan IPS LCD atau TFT akan tampak seperti kurang tajam dan performa layar saat kita gunakan kurang stabil atau kurang mulus saat digerakkan layarnya. 

Serta berbagai perbandingan lainnya dapat kita lihat dari bentuk layar ponsel tersebut. 

Yang mana seringkali ditemukan seri dari ponsel Samsung palsu di desain dengan layar yang memiliki bentuk bezel tebal. 

Dan dampaknya ponsel akan lebih cepat panas serta kualitas jangka panjangnya pun akan diragukan apabila didukung dengan bezel yang terlalu tebal.  

8. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Kamu bisa melakukan pengecekan mendalam untuk dapat mengetahui spesifikasi di bagian hardware dari ponsel Samsung dengan melalui aplikasi CPU-Z dan AIDA 64. 

Karena jika hanya menggunakan satu sumber bahan informasi saja dengan aplikasi KIES, masih kurang memungkinkan untuk menilai keaslian dari ponsel Samsung tersebut. 

Kamu juga masih harus mengetahui beberapa informasi di bagian hardware atau bagian dalam dari ponsel Samsung. 

Dan saya merekomendasikan dua aplikasi tersebut (CPU-Z dan AIDA 64) untuk kalian gunakan serta aplikasi tersebut juga tersedia di luar dari seri atau merek Samsung. 

Dengan artinya tidak hanya digunakan pada ponsel bermerek Samsung saja tetapi dapat bekerja untuk ponsel dengan OS Android. 

Melalui dua aplikasi tersebut, kamu dapat mengetahui spesifikasi yang lebih rinci mengenai bagian dalam dari ponsel hingga akan ditampilkan berbagai pengaturan yang lengkap. 

Kamu bisa menyesuaikan informasi yang disediakan di aplikasi tersebut dengan seri ponsel Samsung yang kalian gunakan serta sumber informasi tersebut sudah valid. 

9. Kode Samsung 

Kamu juga dapat mengetahui serta mengecek keaslian dari hp Samsung melalui metode kode Samsung. 

Pada dasarnya dengan menggunakan kode rahasia Samsung ini, kamu akan dapat mengetahui berbagai informasi terutama mengenai bagian hardware dan software. Kode-kode tersebut adalah sebuah rangkaian dari kombinasi angka dan simbol.

Untuk itu kamu bisa menggunakan beberapa kode-kode ini supaya bisa mengecek lebih detail dari spesifikasi ponsel Samsung tersebut.

Berikut ini beberapa kode dial panggilan telepon yang bisa kalian gunakan dengan berbagai tujuan:


Apabila menemukan masalah mengenai kode yang tertera di atas, kalian bisa menghubungi CS Samsung dan disertakan juga dengan nomor IMEI. 

Nomor IMEI yang sudah diberikan kepada pihak CS Samsung akan melakukan validasi pada sistem database mereka untuk mengecek apakah hp Samsung tersebut masuk kedalam daftar mereka. 

Dan artinya jika nomor IMEI tersebut tidak tersedia di database tersebut, bisa jadi ponsel Samsung yang kalian punya adalah palsu. 

Penutup 

Mengetahui berbagai informasi detail seperti spesifikasi hingga berbagai hal lainnya sangat diperlukan sekali sebelum memutuskan untuk membeli ponsel yang diinginkan. 

Sudah hal umum Samsung selalu menyuguhkan berbagai performa di setiap ponselnya tentunya dengan berbagai kualitas di setiap produknya yang selalu ditonjolkan. 

Reputasi dari brand Samsung selalu membaik dari tahun ke tahun hingga termasuk brand yang mendunia. Jadi dengan peluang tersebut banyak pihak yang ingin meraup keuntungan dengan cara yang tidak dianjurkan yang bermain di bidang black market

Saya harap dari penjelasan tersebut bisa kamu pahami untuk lebih mudah mengecek keaslian hp Samsung dan bisa bermanfaat serta memberikan solusi. 

Rekomendasi Artikel Lainnya