BLANTERORBITv102

√ 7 Cara Mengetahui Nomor HP Kamu Diblokir Oleh Seseorang

11/17/21
Cara Mengetahui Nomor HP Kamu Diblokir

Kalian mungkin pernah merasakan berbagai kejadian seperti nomor telepon yang sedang dipanggil tidak diangkat, pesan yang dikirim tidak dibalas serta saat melakukan panggilan telepon kepada nomor yang dituju tidak bisa. 

Dari berbagai peristiwa tersebut, banyak dari kita beranggapan bahwa nomor kita sudah diblokir oleh pihak yang dituju. Tetapi tidak selamanya hal tersebut dihubungkan dengan nomor telepon sudah diblokir.

Karena bisa jadi nomor yang dituju tersebut sedang mengaktifkan mode Jangan Ganggu yang mengakibatkan ponsel mengheningkan suara dan mematikan getaran. Hasilnya pemilik ponsel yang dituju tersebut tidak mengetahui ponselnya sedang dipanggil.

Tapi bagi kamu yang ingin mengetahui siapa saja orang yang memblokir nomor kamu bisa menggunakan beberapa opsi serta tutorial dibawah ini. Terutama yang menggunakan sistem operasi Android, bisa dicoba cara ini.

Untuk itu kamu bisa pahami dan simak langkah selengkapnya artikel ini supaya menemukan solusi siapa saja yang sudah memblokir nomor hp kamu. 

ciri-ciri dasar nomor hp kamu sudah diblokir 

Untuk dapat mengetahui nomor kamu sudah diblokir oleh seseorang dengan secara gamblang atau jelas kadang harus memakai beberapa tips dan trik. 

Pada dasarnya siapapun yang sudah memblokir nomor ponsel kita tidak akan diberikan notifikasi secara spesifik kepada kita. Terutama orang lebih menginginkan nomor yang sudah ia blokir tersebut untuk tidak diketahui oleh orang yang sudah diblokir. 

Tetapi kamu akan lebih mengetahui orang yang sudah memblokir nomor hp kamu dengan beberapa rincian pesan ini. 
  • Nomor yang kamu hubungi selalu sibuk / susah dihubungi
  • Nomor yang kamu hubungi setiap saatnya tidak tersedia
  • Nomor yang kamu hubungi selalu memunculkan notifikasi sedang berada di luar jaringan
Dengan tiga pesan singkat tersebut, ada kemungkinannya nomor kamu sudah diblokir oleh nomor tujuan yang selalu kamu coba untuk panggil. 

Cara mengetahui nomor Hp kita diblokir oleh seseorang 

1. Mengirim pesan / chat ke nomor yang dianggap nomor kamu diblokir

Kamu bisa mencoba mengirim pesan ke nomor yang kamu anggap dan mengira bahwa nomor kamu sudah diblokir olehnya. Untuk caranya dapat melalui aplikasi per-pesanan chat yang mana saja asalkan kamu terhubung dengannya.

Misalkan saja seperti aplikasi WhatsApp, karena aplikasi tersebut yang paling banyak digunakan oleh orang saat ini untuk mengirim pesan hingga berbagai kegunaan lainnya. 

Triknya itu, kamu hanya perlu mengirimkan pesan singkat ke nomor WA target yang ingin dicek. 

Dan apabila chat tersebut masih saja dengan ikon centang satu dengan jangka waktu yang sudah lama, bisa diartikan bahwa pesan yang sudah terkirim tersebut tidak masuk sama sekali ke kontaknya. 

Jadi ada peluangnya dan dapat dikatakan nomor kamu sudah diblokir oleh nomor tujuan atau kontak yang kamu kirim pesan tersebut. 

Tapi kita jangan berburuk sangka dulu, kamu masih harus mencoba mengirim pesan dengan nomor lain yang kamu miliki dan dengan target tujuan nomor yang sama. 

Jika kamu sudah menggunakan nomor yang berbeda dan sudah mengirim pesan WA ke nomor tujuan tetapi hasil dari notifikasi chat tetap dengan simbol centang satu, bisa diartikan nomor tujuan tersebut sudah nonaktif atau sudah tidak aktif lagi.

Akan tetapi jika kamu menggunakan nomor yang berbeda untuk mengirimkan pesan chat WA ke nomor tujuan yang ingin dicek dan muncul notifikasi simbol centang dua / masuk hanya saja belum dibaca, hal tersebut bisa dipertimbangkan bahwa nomor kamu sudah diblokir oleh nomor tujuan. 

Ciri-ciri lainnya untuk melihat nomor hp kamu diblokir melalui WhatsApp ialah dengan foto profil yang tampil pada kontak kamu hanya muncul dengan foto profil bawaan / default. 

2. Mengecek melalui jumlah dering 

Ada kemungkinannya kontak kamu tersebut sudah diblokir oleh nomor tujuan apabila saat kamu melakukan panggilan telepon dan hanya mendapatkan satu deringan saja serta panggilan tersebut langsung dialihkan ke voicemail.

Tetapi jika saat menelepon nomor tujuan dan deringan nya hingga lebih dari 5 detik serta tidak langsung dialihkan ke voicemail, itu artinya panggilan telepon kamu tersebut masuk ke nomor tujuan hanya saja nomor tujuan tersebut tidak mengangkat / menerima panggilan kamu.

Melalui dua perbandingan tersebut, kamu sudah bisa membedakan apakah nomor telepon kamu tersebut diblokir oleh nomor tujuan atau diblokir oleh seseorang. 

Dan disarankan kepada kalian untuk mencoba beberapa kali atau lebih dari satu kali karena bisa saja nomor tujuan tersebut sedang tidak aktif serta kemungkinan lainnya ponsel yang ia gunakan sedang rusak dan saat kamu mencoba nomor telepon tersebut mengalami kesulitan / susah dihubungi.

3. Menggunakan nomor lain untuk panggilan telepon ke nomor tujuan

Apabila kamu menelepon nomor target / nomor tujuan dengan menggunakan nomor telepon biasa kamu tetapi tidak bisa dan langsung dialihkan ke voicemail.

Tetapi disaat bersamaan kamu menelepon nomor tujuan dengan menggunakan nomor lain dan panggilan telepon tersebut disertai dengan dering terhubung yang artinya panggilan tersebut masuk, bisa jadi nomor kamu tersebut sudah diblokir oleh nomor tujuan yang sedang kamu panggil.

Dengan menggunakan nomor lain untuk menelepon nomor target yang dicurigai memblokir nomor kontak kamu, kamu sudah bisa mengetahui apakah nomor kontak kamu itu diblokir oleh nomor target. 

Bagaimana tidak, saat kamu menelepon nomor target dengan nomor telepon biasa kamu malah tidak bisa dan langsung diarahkan ke voicemail. 

Tetapi saat menggunakan nomor lain untuk menelepon nomor target malah terhubung dan terkoneksi, ada kemungkinan kontak kamu tersebut sudah diblokir oleh nomor target. 

4. Mengetahui nomor kita diblokir dengan profil WA

Untuk mengetahui apakah nomor kamu sudah diblokir oleh seseorang dapat melalui melihat akun profil WhatsApp yang dicurigai memblokir nomor hp kamu. 

Walaupun begitu masih belum dapat dipastikan dengan benar nomor kita tersebut diblokir atau tidak karena bisa saja akun tersebut sedang tidak ditambahkan dengan foto profil atau alasan lainnya ia sudah menonaktifkan nomor WA nya tersebut. 

Intinya pada dasarnya kalau kamu tidak bisa melihat foto profil WA yang ingin di cek tersebut, dapat di indikasikan nomor hp kamu tersebut sudah diblokir olehnya serta story WA dari akun tersebut juga tidak akan dapat lagi kamu lihat. 

Kesimpulannya, seseorang yang sudah memblokir nomor hp kamu dan jika di cek atau dilihat foto profil WA nya akan berubah menjadi default.

5. Notifikasi status online pada WhatsApp tidak bisa dilihat

Secara sederhananya kamu tidak akan dapat melihat lagi pada tampilan last seen, kalau nomor hp kamu tersebut sudah diblokir oleh nomor target yang dicurigai. 

Dan setiap kamu ingin melihat status last seen dari akun WA tersebut, tampilan dari status last seen tersebut tidak akan berubah hingga dalam jangka waktu yang lama. 

Melalui cara sederhana tersebut kita dapat mengetahui nomor hp kita sudah diblokir oleh nomor yang ingin dicek.

Akan tetapi masih ada kemungkinannya nomor kamu tersebut tidak sengaja terhapus olehnya yang membuat sinkronisasi ke akun kamu jadi tidak bisa. 

Jadi intinya cara ini hanya sebagai pertimbangan saja untuk mengecek secara dasar saja. 

6. Menambahkan nomor target kedalam sebuah grup WA

Kalian bisa menambahkan nomor target yang dicurigai memblokir nomor hp kamu kedalam sebuah grup WhatsApp. Seperti biasanya status kamu di dalam grup tersebut harus Admin, untuk bisa menambahkan nomor baru.

Dan setelah kamu menambahkan nomor target yang dicurigai tersebut serta muncul sebuah notifikasi dengan isi "You are not authorized to add this contact" pesan notifikasi tersebut menandakan nomor kamu sudah diblokir oleh nomor yang kamu tambahkan tadi. 

7. Alternatif dengan aplikasi

Cara mengetahui nomor kamu sudah diblokir atau tidak, bisa menggunakan aplikasi yang bernama FaceTime. Saat melakukan panggilan dan hanya muncul sebuah sambungan yang terus berdering, bisa jadi nomor sudah diblokir oleh nomor tujuan. 

Apalagi aplikasi-aplikasi Facetime ini didesain sebagai panggilan dengan sambungan yang tidak sampai ke nomor tujuan dan hanya akan muncul notifikasi ringtone tanpa disambungkan dengan komunikasi. 

Istilahnya hanya membuat panggilan fake atau palsu kepada nomor tujuan. 

Mungkin dari sekian cara tersebut untuk mengetahui nomor Hp kamu diblokir atau tidak, seharusnya kamu sudah bisa menemukan solusi mengenai hal tersebut. 

Kamu bisa mencoba cara mana saja dari sekian tips tersebut yang mana menurut kamu work dan berhasil untuk dilakukan. 

Semoga artikel ini bisa membawa manfaat serta informasi tambahan kepada kalian yang sudah mengunjungi website RFATEK ini.  

Rekomendasi Artikel Lainnya