BLANTERORBITv102

7+ Cara Memperbaiki Mic HP Android Tidak Berfungsi (Error)

11/01/21
Cara Memperbaiki Mic HP Android Tidak Berfungsi

Kalian juga sudah pasti tahu bukan betapa pentingnya fitur mikrofon ini disematkan di setiap ponsel masa kini. Tentunya kita juga ingin ponsel yang digunakan harus stand by dengan fitur mikrofon yang aktif tanpa perlu lagi user nya memasang mikrofon sendiri.

Jadi bagi kamu yang bertanya-tanya apa fungsi utama dari fitur mikrofon harus ada pada ponsel masa kini supaya bisa merekam suara serta saat melakukan panggilan telepon fitur mikrofon ini diperlukan sekali aktif pada ponsel.

Mungkin dari hal tersebut kalian sudah mengetahui bahwa tanpa adanya mikrofon tersebut, saat melakukan pembicaraan pada telepon hanya akan mengalami miskomunikasi atau dengan kata lain tidak dapat berbicara yang aktif pada ponsel tersebut.

Walaupun begitu, terkadang fitur mikrofon pada hp Android mengalami masalah atau tidak berfungsi dengan selayaknya. 

Dan masalah-masalah tersebut bisa jadi seperti mic tidak dapat merekam suara, suara mic yang terlalu kecil atau kurang jelas hingga mic yang mengalami kondisi mati serta tidak berfungsi.

Untuk itu ada beberapa indikator serta penyebab mengapa mic hp android tidak berfungsi.

Penyebab mic hp Android tidak berfungsi 

Ada beberapa indikator yang menyebabkan mic hp Android menjadi bermasalah atau error dan bisa jadi kendala tersebut bersumber dari segi hardware atau software pada hp. 

Tapi ada sebagian kendala ringan (umum) yang menyebabkan mic hp Android tidak berfungsi hingga saat kita sedang panggilan telepon dengan seseorang mic hp tiba-tiba saja tidak berfungsi saat mengaktifkan loudspeaker

1. Mikrofon tertutup

Kebiasaan umum saat seseorang sedang melakukan panggilan telepon tapi secara tidak sadar menghalangi atau menutup mikrofon dengan jari-jari tentunya akan menyebabkan suara akan kurang jelas atau tidak stabil.

Jadi walaupun kita mengaktifkan fitur loudspeaker saat melakukan panggilan telepon hanya akan membuat suara yang keluar saat telepon menjadi samar-samar atau tidak jelas.

2. Debu atau kotoran yang tersumbat

Bagian mikrofon yang mengalami penyumbatan hingga ter-kontaminasi dengan debu dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan mikrofon hp menjadi tidak berfungsi. 

Tentu dengan terkontaminasi nya fitur tersebut akan mengakibatkan error di beberapa sektor penting untuk penghubung keaktifan suara saat ingin berfungsi.

3. Jaringan yang mengalami kendala

Mungkin apalagi masalah ini sudah kerap sekali terjadi pada ponsel, dimana saat orang yang sedang kita telepon tidak dapat mendengar suara kita yang sedang berbicara di telepon dengan jelas. 

Dan masalah ini sering terjadi karena diakibatkan rendah nya kualitas jaringan provider yang kamu gunakan di daerah atau tempat kamu melakukan telepon. Jadi masalah ini bisa dikategorikan sebagai sinyal pada provider jaringan yang kamu pakai.

4. Permasalahan pada aplikasi pihak ketiga

Masalah ini utamanya disebabkan karena kalian pernah mengunduh berbagai aplikasi yang kurang jelas lisensi keasliannya. 

Tentunya ini disebabkan juga karena pernah men-download aplikasi diluar dari Play Store dimana keresmian dari aplikasi tersebut kurang terjamin. 

Jadi apa hubungannya aplikasi pihak ketiga dengan mic hp? Jelas akan ada karena bisa jadi aplikasi pihak ketiga tersebut membawa berbagai program atau trojan hingga malware yang bisa menginfeksi ponsel tersebut dan membuat sebagian sektor menjadi error atau bermasalah.

Cara mengatasi mic hp Android tidak berfungsi

1. Membersihkan bagian lubang microphone di HP

Pada umumnya bagian mic terletak di bagian bawah HP dan ukurannya juga biasanya kecil. 

Untuk itu bagian ini mudah sekali ter-kontaminasi dengan berbagai kotoran atau debu yang menempel pada lubang tersebut yang juga menyebabkan suara mic menjadi kecil.

Solusinya kalian bisa membersihkan bagian tersebut:
  1. Kalian bisa menyiapkan bahan tusuk gigi atau jarum
  2. Bersihkan bagian lubang microphone dengan menggunakan tusuk gigi ataupun jarum (kalian bisa menyesuaikan sendiri)
  3. Bersihkan bagian komponen tersebut secara perlahan serta hati-hati
  4. Kamu bisa melakukan percobaan fungsi dari mic nya kembali. Bisa dengan memutar musik, video YouTube atau tes telepon dengan seseorang.
Dengan melakukan pembersihan di area mikrofon ponsel akan membuat masalah mic hp yang tidak berfungsi bisa kembali normal. Tentunya apabila komponen mikrofon tersebut ter-kontaminasi dengan berbagai debu atau kotoran di sektor tempat tersebut. 

2. Melakukan restart pada ponsel

HP yang mengalami kendala dengan tidak bisanya merekam suara karena mic yang tidak berfungsi, bisa juga diatasi dengan melakukan restart pada hp tersebut.

Fungsi utama dengan me-restart hp ialah untuk mengatasi gagal sistem yang terjadi pada perangkat tersebut serta dan kadangkala ponsel yang kita gunakan mengalami macet hingga hang, jadi dengan melakukan restart akan membuat ponsel kembali normal.

Begitulah sekedar kegunaan dari me-restart hp tentunya masih banyak fungsi-fungsi yang lain yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja ponsel menjadi lebih normal serta kembali fresh.

Cara me-restart ponsel:
  1. Tekan dan tahan tombol power ponsel
  2. Tunggu hingga memunculkan berbagai opsi perintah
  3. Pilih opsi Restart untuk menyetel ulang sistem
Atau kamu ingin mencoba cara yang lain dengan mematikan sistem ponsel tidak untuk me-restart ponsel. 

Kamu hanya perlu mematikan ponsel serta lepaskan komponen baterai ponsel dan tunggu sebentar jangan langsung pasangkan baterai. Setelah berjalan hingga lima menit kamu bisa kembali memasangkan komponen baterai ponsel serta nyalakan kembali ponsel tersebut.

Masih banyak berbagai fungsi serta kegunaan me-restart ponsel karena bisa saja juga untuk mengatasi berbagai bug yang tidak sengaja berjalan pada kinerja ponsel. 

Dan parahnya dengan bug tersebut dapat mengakibatkan fitur mic pada ponsel bisa mati hingga tidak berfungsi.

3. Melakukan factoy reset pada ponsel

Kamu bisa mencoba cara ini apabila sudah yakin bahwa kerusakannya ada pada bagian sistem ponsel dengan menjalankan factory reset.

Dan bisa kita ketahui bahwa factory reset ini sering digunakan ketika ponsel akan dijual kembali atau untuk diberikan kepada pengguna lain. 

Jadi secara dasarnya factory reset ini adalah proses mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrikan atau sistem ponsel akan berubah sebagaimana pertama kali ponsel tersebut dikerluarkan dari boks.

Dengan begitu segala hal yang berhubungan seperti data yang tersimpan pada ponsel termasuk gambar, lagu, akun, aplikasi, hingga berbagai file lainnya akan terhapus sama seperti ponsel akan dikembalikan ke mode pabrik.

Dan berikut ini cara selengkapnya untuk melakukan factory reset:
  • Buka menu Setelan / Pengaturan pada ponsel
  • Masuk ke bagian Tentang Telepon (versi ponsel Xiaomi)
  • Pilih opsi Cadangkan dan Pulihkan (untuk melakukan back-up data)
  • Kemudian pilih opsi (Setel ulang pabrik / Reset data pabrik) yang berada di tampilan Tentang Telepon
  • Terakhir, pilih bagian "Hapus seluruh data" pada opsi Setel ulang pabrik
Untuk tahap berikutnya kalian bisa menyesuaikan dengan proses yang diminta oleh ponsel masing-masing. 

Karena biasanya ponsel tersebut secara otomatis akan memberikan step-by-step apa saja yang perlu dilakukan untuk menjalankan proses tersebut hingga ponsel benar-benar sudah di reset ke versi pabrik.

Untuk itu dengan melakukan factory reset pada ponsel akan dapat membuat solusi serta mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan masalah error pada sistem ponsel Android. 

Intinya yang paling harus kamu ketahui bahwa dengan me-reset ponsel sama dengan akan membuat aplikasi serta pengaturan yang tersimpan pada ponsel akan terhapus serta dampak utamanya ponsel akan kembali lebih ringan terutama bisa menghilangkan berbagai bug yang terdapat pada ponsel.

4. Melakukan force stop pada aplikasi bermasalah

Bisa saja masalahnya karena kamu tidak sengaja menonaktifkan fitur pengaksesan mic pada aplikasi tersebut. 

Tentu karena menonaktifkan fitur tersebut sama saja kita sudah membatasi aplikasi atau pihak pengelola ponsel untuk mengaktifkan fitur mic. 

Dan masalahnya akan membuat ponsel tidak dapat merekam suara karena yang diakibatkan dari fungsi mic yang nonaktif pada aplikasi tersebut. 

Jadi solusinya kamu bisa mengecek dibagian perizinan aplikasi apakah sudah diberikan izin pengaksesan kepada aplikasi tersebut untuk fitur mikrofon nya.

Atau bisa juga dengan mengecek aplikasi yang mana yang merupakan sumber masalahnya dan melakukan tindakan force stop pada aplikasi tersebut. 

Dan cara ini sangat efektif sekali untuk dicoba di berbagai aplikasi yang terkendala dengan masalah yang sama.

5.  Menggunakan mic eksternal

Kalian bisa menggunakan perangkat tambahan jika sudah tidak bisa juga komponen mikrofon ponsel dengan memakai mic eksternal.

Dan kesalahan dari para pengguna ponsel Android ialah mengabaikan cara ini tidak menggunakan bahan bantuan seperti mic eksternal untuk bisa menunjang komponen mikrofon ponsel yang tidak berfungsi karena sudah terbiasa dengan mic bawaan ponsel.

Jadi untuk kamu yang ingin mencari solusi cara mengatasi mic hp android tidak berfungsi, cara ini direkomendasikan sekali untuk digunakan dengan menggunakan perangkat mic eksternal. Mana tau dengan hal ini masalah tersebut bisa dituntaskan.

Masalah harganya kalian bisa cek sendiri di e-commerce atau toko offline terdekat. dan bisa menyesuaikan spek mic eksternal yang bagaimana yang ingin digunakan. 

Karena tidak semuanya mik eksternal itu harganya diatas ratusan bahkan harga direntang belasan ribu rupiah pun tersedia dan banyak dipasarkan.

6. Menonaktifkan pengurangan Noise

Kalian bisa memanfaatkan solusi ini karena biasanya untuk versi ponsel Android terbaru masa kini rata-rata fitur noise tersebut dapat dikurangi. 

Tentunya dengan pengurangan fitur noise tersebut akan menyebabkan suara yang dihasilkan akan lebih jernih.

Walaupun fitur ini berguna sekali untuk bisa memperbaiki mic hp akan tetapi untuk sebagian vendor atau tipe ponsel, fitur Noise ini juga bisa mempunyai beberapa bug pada kinerja sistem ponsel. 

Dengan kata lain karena hal tersebut lah bisa saja menyebabkan komponen mikrofon ponsel mengalami masalah hingga tidak berfungsi.

Jadi untuk kamu yang ingin mencari solusi yang lebih aman lebih baik dinonaktifkan saja hingga kamu menemukan penyebab utama dari kerusakan komponen mikrofon tersebut. 

7. Servis

Seperti biasanya masalah mengenai mic hp yang sampai tidak berfungsi sering diakibatkan karena bagian sistem atau komponen. 

Apabila kamu sudah mengetahui masalah yang utamanya berasal dari bagian komponen, kamu harus memperbaharui komponen yang rusak tersebut dengan yang baru.

Solusinya kalian bisa mengunjungi tempat service ponsel terdekat di daerah kalian masing-masing. Tentunya komponen yang rusak tersebut mereka sudah menyediakan komponen yang baru atau penggantinya.

Dan disarankan sekali kalian mendatangi tempat service atau teknisi ponsel yang sudah berpengalaman dan mana tau kamu mempunyai langganan bawa saja ke tempat tersebut.

Mungkin sekiranya begitu saja cara mengatasi mic android yang tidak berfungsi dan juga sudah dilengkapi dengan berbagai solusi serta penyebab umum mengapa hal tersebut bisa terjadi hingga masalah yang memicu komponen mikrofon ponsel menjadi error.

Dan yang paling penting bisa memberikan solusi serta manfaat melalui artikel ini dengan berbagai tips untuk dapat mengantisipasi kerusakan pada mic.

Rekomendasi Artikel Lainnya