BLANTERORBITv102

4+ Cara Mengatasi Layar Samsung Shadow Serta Cara Mencegahnya

12/16/21
Cara Mengatasi Layar Samsung Shadow

Layar Samsung yang berbayang ini tentu saja akan mempengaruhi penampilan ponsel. Apalagi untuk pemakaian ponsel yang lama, masalah layar Samsung berbayang ini perlu segera diatasi.

Selain itu, jika layar Samsung dibiarkan berbayang begitu terus, maka akan mengakibatkan layar ponsel menjadi blank. 

Penyebab layar Samsung shadow

Mengapa layar Samsung shadow? Masalah ini tentu diakibatkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah karena produk defect pabrik atau karena penggunaannya terlalu lama.

Masalah ini disebabkan karena pixel ponsel yang bermasalah dan tidak mengeluarkan warna serta cahaya yang sesuai. Ponsel dengan LCD tertentu keluaran terbaru paling sering mengalami masalah ini.

Gejala ponsel yang Samsung yang mengalami shadow adalah memiliki garis atau bayangan hitam pada layar ponsel. Terkadang, terdapat seperti bayangan tertinggal baik tulisan atau gambar pada layar.

Hal ini bisa dilihat apalagi jika kamu aktif membuka tutup aplikasi secara cepat. Nanti akan tertinggal bayangan aplikasi yang baru saja kamu buka, padahal kamu telah menutupnya. 

Bagaimana cara mengatasi layar Samsung shadow? Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu pilih.

Mengatasi layar samsung shadow dengan aplikasi

Kamu bisa mengatasi shadow layar Samsung dengan memasang aplikasi pada ponsel yang berbayang tersebut. 

Berikut beberapa aplikasi yang direkomendasikan.

1. Menggunakan aplikasi Blue-Light Filter

Kamu bisa mengunduh aplikasi Blue-Light Filter yang memiliki filter cahaya biru untuk mengurangi masalah shadow pada ponsel Samsung. 
  • Kamu bisa mengunduhnya pada Google Play Store untuk ponsel Samsung.
  • Kamu bisa memasang aplikasi Blue-Light Filter dan menjalankan aplikasi tersebut. 
  • Pilih kurangi cahaya biru dengan berbagai cara, di antaranya adalah memilih suhu warna yang diinginkan, mengatur persentasi intensitas, mengatur keredupan layar, dan sebagainya.

Aplikasi Blue-Light Filter sendiri dibuat untuk mengurangi cahaya biru pada ponsel dan memberikan kenyamanan pada mata kamu. Masalah layar berbayang pada ponsel sendiri biasanya diakibatkan karena pixel cahaya biru. 

Oleh karena itu, ketika kamu mengurangi cahaya biru pada ponsel, maka perlahan-lahan shadow ponsel akan berkurang.

2. Menggunakan aplikasi sFilter

Salah satu cara mengatasi layar Samsung shadow adalah dengan memasang aplikasi sFilter pada ponsel, yang juga memiliki fitur pengurangan cahaya biru. 

  • Kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store dan install aplikasinya. 
  • Setelah proses unduhan selesai, kamu kemudian buka aplikasi sFilter tersebut.
  • Pada menu utamanya, hidupkan blue light filter yang ada pada bagian pojok kanan atas aplikasi. 
  • Kamu kemudian bisa menyesuaikan filter opacity dan juga brigtness off screen, mulai dari 30% hingga 50%, tergantung pada keinginan kamu.
  • Pada bagian bawah tampilan, kamu dapat memilih wana kuning dan klik tombol start yang berada pada bagian bawah.

Sekarang kamu dapat kembali pada menu utama ponsel Samsung dan memperhatikan perubahan layar. Tidak akan terjadi shadow lagi pada layar. 

Namun, setelahnya mungkin kamu akan mengamati perubahan warna yang terjadi, yaitu layar ponsel Samsung menjadi sedikit berwarna kuning.

3. Menggunakan aplikasi OLED Tools

Untuk mengatasi layar Samsung shadow, kamu bisa menggunakan aplikasi OLED Tools.  Namun, cara ini hanya dapat dilakukan jika layar Samsung kamu menggunakan layar OLED. Layar OLED sendiri banyak dipakai pada ponsel Samsung keluaran terbaru.

  • Kamu hanya perlu mengunduh dan kemudian memasang aplikasi OLED Tools pada ponsel Samsung kamu. 
  • Selesai mengunduh, jalankan aplikasi tersebut.
  • Setelah membuka aplikasi, kamu pilih burn-in check yang ada pada layar. 
  • Dengan ini, aplikasi OLED Tools akan secara otomatis melakukan pengecekan pada layar ponsel yang mengalami masalah. Tunggu hingga proses pengecekan selesai.
  • Jika pengecekan sudah selesai, tandanya akan muncul parameter tingkat shadow atau burn-in yang terjadi di ponsel Samsung tersebut. 
  • Jika terdapat kondisi shadow yang terdeteksi, kamu bisa menanganinya dengan memilih burn-in reduce pada aplikasi OLED Tools. Tombol tersebut ditandai dengan warna merah.
  • Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu hingga proses pengurangan shadow tersebut selesai dilakukan. Nantinya, pixel layar ponsel akan kembali seperti semula.

Sebagai informasi tambahan, jika kamu melakukan beberapa kali cara tersebut, hasil yang didapatkan mungkin akan lebih maksimal. 

Kamu bisa melakukan setidaknya sekitar 2 kali untuk tiap harinya. Lakukan setiap hari cara tersebut supaya masalah shadow pada ponsel Samsung dapat teratasi.

Baca juga:

Mencegah shadow pada ponsel

Selain mengatasi shadow pada ponsel, kamu dapat melakukan pencegahan supaya layar tidak mengalami risiko shadow.

Kamu dapat mengikuti cara-cara pencegahan berikut.

1. Mengatur kecerahan layar

Kecerahan layar yang pas tidak hanya akan membuat layar terhindar dari shadow saja, namun juga menjaga supaya mata pengguna tetap sehat. 

Jika kamu terlalu sering mengatur kecerahan menjadi full brightness, maka ponsel kamu akan lebih rentan terkena shadow.

2. Menggunakan live wallpaper

Selanjutnya, kamu bisa mencegah terjadinya shadow pada layar ponsel dengan menggunakan live wallpaper. 

Wallpaper yang hidup akan mengurangi munculnya bayangan apda layar ponsel. Direkomendasikan bagi kamu untuk menggunakan wallpaper dengan warna yang gelap.

3. Nonaktifkan fitur Always on Display

Fitur Always on Display tidak hanya dapat membuat ponsel gampang terkena shadow saja, namun juga membuat baterai ponsel cepat aus. Kamu bisa menonaktifkan fitur Always on Display, apalagi jika ponsel kamu tidak sedang digunakan.

Demikian cara mengatasi layar Samsung shadow dengan aplikasi dan juga pencegahan yang bisa kamu  lakukan sendiri di rumah. 

Apabila masalah layar shadow ini terus-menerus terjadi dan malah bertambah parah, sebaiknya Anda segera konsultasikan ke Samsung center untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

Rekomendasi Artikel Lainnya