BLANTERORBITv102

Cara Mengatasi Lupa Password Outlook Lewat Langkah Mudah

12/03/21
Cara Mengatasi Lupa Password Outlook

Cara mengatasi lupa password Outlook belum banyak diketahui orang, padahal informasi ini sangat penting. Microsoft Outlook termasuk rutin digunakan untuk keperluan, sehari - hari, sehingga akun tersebut tetap aktif digunakan dan jarang dilakukan logout.

Akibatnya adalah banyak orang melupakan password mereka, karena jarang melakukan logout - login tersebut. 

Hanya saja, ketika terjadi masalah pada laptop atau PC, bisa saja akun Outlook tersebut keluar dengan sendirinya.

Kamu harus melakukan login ulang untuk mengakses kembali Outlook tersebut. Jika lupa password, tentu akan menimbulkan masalah nantinya. 

Untungnya Microsoft menghadirkan fitur lupa password, yang dapat memulihkan kembali akun Outlook kamu.

Jika paham memanfaatkan fitur ini, maka tidak perlu khawatir saat lupa password outlook. Fitur lupa password tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan akun dan jika saja Outlook kamu diretas, fitur ini bisa digunakan untuk merebutnya kembali.

Cara mengatasi lupa password Outlook melalui Email

Menu lupa password pada Outlook ini bisa kamu manfaatkan melalui email. Nantinya lewat email, akun bisa dipulihkan dan diakses kembali. 

Berikut cara mudah mengatasi lupa password outlook dengan memanfaatkan email pemulihan. 

  • Buka situs reset password Microsoft melalui link ini "https://account.live.com/password/reset" dan masukkan nama email dari akun tersebut serta klik tombol "Berikutnya".
  • Setelah itu, akan muncul laman verifikasi. Pada tahap ini, kode keamanan dihadirkan dalam 4 pilihan, yakni email, SMS, telepon, dan lainnya. Kamu tinggal pilih “kirimkan email ke…,”,kemudian pilih lagi berikutnya.
  • Setelah verifikasi lewat email dipilih, maka kamu akan diminta memasukkan kode verifikasi. Kode ini dikirimkan ke email. Masukkan kode reset password tersebut, lalu pilih opsi Berikutnya.
  • Selanjutnya, akan muncul halaman untuk membuat password baru. Kamu tinggal membuat password baru untuk akun Outlook, lalu isi konfirmasi password baru tersebut dan dilanjutkan dengan memilih opsi "Berikutnya".
Dengan demikian akun Outlook kamu sudah menggunakan password baru. Coba lakukan logout, dan login kembali menggunakan password baru Outlook. 

Jika berhasil login, berarti proses ganti lewat fitur lupa password tersebut berhasil dilakukan.

Selain melalui email, kamu juga bisa mengakses fitur lupa password ini lewat sms dan juga telepon. Caranya relative sama, perbedaannya hanya terletak pada pengiriman kode verifikasi. 

Jika kamu mengaksesnya melalui sms, maka kode verifikasi dikirim lewat sms, demikian juga dengan telepon. 

Oleh sebab itu penting untuk tidak mengganti nomor telepon, agar fitur lupa password tersebut bisa diakses dengan mudah.

Cara Mengatasi Lupa Password Outlook Tanpa Email dan Nomor Telepon

Bagaimana jika kamu lupa dengan email dan nomor telepon yang didaftarkan pada akun Outlook? Apakah masih bisa memanfaatkan fitur lupa password? 

Tentu saja masih bisa, karena Microsoft menghadirkan cara pemulihan lainnya, yakni sebagai berikut.

  1. Buka halaman pemulihan akun Microsoft "https://account.live.com/password/reset" dan masukkan alamat email akun Outlook serta  klik lagi “berikutnya” untuk ke tahap selanjutnya. 
  2. Kamu akan ditampilkan 4 opsi pemulihan seperti sebelumnya. Dalam tahap ini, pilih yang paling terakhir, yakni “saya tidak mempunyai satu pun dari ini”, lalu klik lagi tombol "berikutnya".
  3. Selanjutnya akan tampil jendela baru dengan beberapa instruksi yang harus kamu ikuti. Dan akan di instruksikan mengisi beberapa data.
  4. Di sini kamu diminta memasukkan email atau nama akun Outlook yang ingin dipulihkan. Kemudian, kamu akan diminta memasukkan email untuk dikirimkan kode verifikasi.
  5. Isi kode captcha sebagai verifikasi, lalu klik tombol berikutnya.
  6. Selanjutnya kode verifikasi akan dikirimkan ke email yang sudah kamu masukkan sebelumnya. Setelah kode didapatkan, masukkan kode tersebut di laman Microsoft, lalu pilih tombol berikutnya.
  7. Berikutnya kamu akan diminta mengisi kembali data akun, seperti akun Outlook lama. Data seperti nama, tahun lahir, negara, provinsi, dan yang lainnya harus diisi dengan benar. Pastikan data diri diisi sesuai dengan data pada akun Outlook lama kamu.
  8. Setelah semua data terisi, maka kamu sudah bisa membuat password baru untuk akun Outlook tersebut. Setelah password baru diisi, tinggal klik “berikutnya”, maka password baru tersebut akan langsung diproses.
Nantinya akan muncul pemberitahuan terkait data baru yang kamu isi. Microsoft akan melakukan proses dalam waktu 1x24 jam, setelah konfirmasi password tersebut sukses dilakukan.

Untuk mengetahui apakah proses tersebut berhasil dilakukan bisa diketahui melalui login dengan password baru yang dibuat. 

Jika tetap tidak bisa login, sebaiknya minta bantuan dari pihak Microsoft secara langsung.

Ketika lupa dengan password akun, Microsoft menghadirkan berbagai sarana mudah untuk mengatasinya. 

Oleh sebab itu, penting untuk mengaitkan akun Outlook ke email, dan juga nomor telepon, karena proses pemulihan akun bisa dilakukan dengan praktis.

Sebaiknya saat membuat password baru tersebut, jangan gunakan karakter yang sulit kamu ingat. Buat password dengan karakter kuat namun simpel, dan pastikan untuk rajin melakukan logout. Jika kamu rutin login dan logout, maka password semakin melekat di ingatan.

Hindari juga terlalu sering mengganti password akun Outlook kamu, karena dapat membuat kamu bingung nantinya. 

Cara mengatasi lupa password outlook ini sebaiknya diingat, agar akun Outlook bisa dipulihkan setiap dibutuhkan.

Rekomendasi Artikel Lainnya