BLANTERORBITv102

2 Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon WhatsApp Supaya Aman

12/05/21
Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon WhatsApp

Jika kamu merasa terganggu saat menelpon di WA, cara mengatasi layar mati saat telepon di WhatsApp berikut ini bisa diterapkan. WhatsApp sendiri membuat fitur layar otomatis mati ketika pengguna sedang melakukan panggilan suara dan telepon di dekatkan pada bagian telinga.

Sebenarnya sistem layar otomatis saat telepon tidak hanya diterapkan di WA, tetapi juga pada aplikasi perpesanan instan lain. 

Tentu ada tujuan tersendiri mengapa sistem ini diterapkan, salah satunya demi kenyamanan pengguna saat melakukan telepon.

Hanya saja, beberapa orang mungkin terganggu, karena menghambat pekerjaan atau aktivitas yang sedang dilakukan. Kamu sebenarnya bisa mengubah hal ini, karena disediakan menu pengaturan nya di WhatsApp sendiri.

Beberapa orang mungkin tidak menyadarinya atau juga karena mereka tidak merasa terganggu. 

Umumnya kasus seperti ini terjadi pada smartphone pabrikan China seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, bahkan juga ponsel Samsung.

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di WhatsApp

Di dalam ponsel pintar disematkan proximity atau sensor jarak jauh, yang fungsinya mematikan layar secara otomatis saat ponsel dekat dengan telinga. 

Fitur ini yang bekerja saat panggilan Telepon WhatsApp masuk. Untuk mengubah pengaturan nya, kamu bisa lakukan cara - cara berikut ini.

  • Buka menu pengaturan, lalu pilih menu pengaturan aplikasi.
  • Pilih “setelan panggilan”, dan pilih lagi pengaturan panggilan masuk.
  • Setiap ponsel mungkin memiliki menu dan tampilan berbeda, tetapi yang harus diperhatikan adalah menu Proximity Sensor atau sensor jarak. 
  • Jika proximity sensor tersebut masih di beri centang, atau dengan kata lain aktif, maka setiap panggilan WhatsApp akan membuat layar hp jadi mati. Untuk mengatasi masalah ini cukup dengan menonaktifkan fitur proximity sensor tersebut.
  • Setelah dinonaktifkan, berarti prosesnya sudah selesai dilakukan. Coba lakukan panggilan ke WhatsApp dan lihat apakah sudah bekerja atau tidak. 
Jika tidak ada kendala pada ponsel, cara ini pasti langsung berhasil diterapkan. 

Pada umumnya cara mematikan Proximity sensor ini hampir mirip di semua ponsel, karena fitur ini berada di bagian pengaturan panggilan. 

Jika layar tetap mati meskipun sensor jarak sudah nonaktif, kemungkinan besar terhadap masalah pada ponsel kamu.

Menonaktifkan proximity sensor melalui kode dial

Proximity sensor ini sebenarnya memiliki banyak manfaat, oleh karena itu hampir semua ponsel pintar memilikinya. 

Hanya saja sensor ini membuat layar hp jadi mati atau gelap ketika melakukan panggilan. Sensor ini bisa juga dimatikan secara otomatis melalui kode dial.

  1. Buka panggilan, lalu masukkan kode “*#*#64663#*#*”. Atau bisa juga melalui kode “*#*#6484#*#*”.
  2. Setelah itu kamu akan diarahkan ke jendela FQC Test, yang berisi informasi tentang ponsel kamu seperti versi software, sim test, motor, led, dan yang lainnya. Kamu perlu mencari ke bawah dan memilih menu Proximity Sensor Test.
  3. Setelah Proximity Sensor Test dipilih, tutup sensor menggunakan tangan yang letaknya berada di samping kamera depan ponsel. Tutup kurang lebih 5 detik, dan lakukan langkah tersebut sebanyak 3 kali.
  4. Setelah tahap kalibrasi ini dilakukan, selanjutnya klik tombol pass. Setelah itu jangan lupa lakukan reboot pada smartphone untuk memproses hasilnya.
  5. Setelah melakukan reboot, coba lakukan panggilan WhatsApp, maka layar tidak akan mati lagi setelah Proximity Sensor dinonaktifkan. 

Baca juga:

Tujuan layar ponsel mati ketika melakukan panggilan WhatsApp

Beberapa orang mungkin tidak masalah ketika layar ponselnya mati saat melakukan panggilan. Namun bagi kamu yang terganggu dengan hal ini, jangan buru - buru mengubahnya, karena manfaatnya sebenarnya baik. 

Selain tahu cara mengatasi layar mati saat telepon di WhatsApp, pahami juga apa sebenarnya tujuan sistem tersebut.

1. Untuk menghindari panas di telinga

Salah satu tujuan mengapa sensor jarak mematikan layar ponsel saat menerima atau melakukan panggilan adalah untuk menghindarkan panas ke telinga. Saat ada panggilan masuk atau menelepon, mesin di ponsel akan bekerja ekstra.

Hal ini membuat ponsel jadi panas, apa lagi jika kamu melakukan panggilan selama berjam – jam. Jika panas layar ini di dekatkan ke telinga, bisa membahayakan atau menyebabkan cidera. 

Jadi dengan mematikan layar, panas pada ponsel bisa dikurangi. 

2. Untuk menghemat baterai

Tujuan lain diaktifkan nya sensor jarak adalah untuk menghemat baterai ponsel kamu. Jika layar ponsel terus hidup, maka baterai yang diserap tentu semakin besar. 

Padahal sering sekali saat melakukan panggilan suara, kita hanya mendengar, bukan melihat hp.

Oleh sebab itu, lebih baik layar tetap mati agar baterai jadi hemat. Jika tidak terlalu butuh, sebaiknya cara mengatasi layar mati saat telepon di WhatsApp tidak terlalu sering digunakan, karena proximity sensor tersebut menghadirkan banyak manfaat.

3. Untuk mencegah layar membuka menu lain di ponsel

Alasan lain mengapa layar dibuat mati saat melakukan panggilan adalah untuk mencegah layar mengakses menu lain di ponsel. Layar ponsel sangat sensitif terhadap sentuhan kulit. 

Jika layar hidup, maka bisa saja ketika melakukan panggilan, kulit telinga menyentuh menu di ponsel.

Akibatnya aplikasi atau chat WhatsApp lain jadi terbuka tanpa sepengetahuan kamu. Layar dibuat mati agar tidak tersentuh hal – hal lain yang mengganggu kenyamanan ketika melakukan panggilan di WhatsApp. 

Proximity sensor ini umumnya hanya bekerja ketika kamu melakukan panggilan suara baik dari WhatsApp maupun dari aplikasi lain. 

Jika kamu merasa terganggu oleh fitur tersebut, sebaiknya dinonaktifkan lewat cara mengatasi layar mati saat telepon di WhatsApp di atas.

Rekomendasi Artikel Lainnya