BLANTERORBITv102

Praktekin! 5 Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Tidak Full Screen

12/18/21

Bagaimana cara mengatasi kamera Whatsapp tidak fullscreen? aplikasi pesan singkat Whatsapp bisa dikatakan sebagai aplikasi chating yang paling banyak diminati oleh masyarakat saat ini. 

Kelebihan yang dimiliki oleh WA adalah dilengkapi fitur sederhana dan mudah digunakan, selain itu Whatsaap juga sering  memperbarui sistem software, sehingga fitur aplikasi WA bekerja secara maksimal. 

Sekarang kamu bisa mengirim dokumen, video, foto berkualitas tinggi, pesan suara dan lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi pesan WA. 

Banyaknya fitur WA yang bisa kamu gunakan untuk berbagi momen kebersamaan kepada orang lain, salah satunya adalah berbagi foto.  

Kamu bisa menggunakan aplikasi kamera Whatsaap untuk membagikan kegiatan yang sedang dikerjakan. 

Kualitas kamera Wa tidak berbeda jauh dengan aplikasi kamera biasa, hanya ada beberapa smartphone keluaran terbaru yang memiliki perbedaan resolusi. Perbedaan tersebut terlihat dari tampilan kamera WA tidak fullscreen. 

Dalam penggunaan aplikasi WA pastinya akan menemukan satu atau dua masalah, seperti masalah yang sering dirasakan oleh para pengguna WA adalah kamera tidak mendukung layar penuh. 

Hal ini mengakibatkan orang mencari berbagai macam cara mengatasi kamera Whatsapp tidak fullscreen.  

Dari masalah tersebut mengakibatkan hasil jepretan foto akan tampak lebih kecil sehingga ketika kamu mengunggah foto tersebut sebagai status WA, maka gambar tidak akan terlihat secara utuh. Sehingga kamu membutuhkan cara mengatasi kamera Whatsaap tidak fullscreen. 

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kamera WA tidak bekerja secara maksimal yaitu adanya bug atau virus yang menyerang ponsel sehingga mengakibatkan kamera WA tidak fullsecreen. 

Untuk dari itu kamu bisa menggunakan cara mengatasi kamera Whatsapp tidak fullscreen dengan memperbarui sistem WA lama menjadi sistem WA terbaru. 

Selain itu, kemungkinan masalah kedua adalah Handphone yang kamu miliki tidak mensupport kamera WA layar penuh. Ada berbagai cara mengatasi kamera Whatsapp tidak fullscreen. 

Berikut adalah hal-hal yang kamu lakukan agar kamera Whatsapp bekerja secara maksimal. 

Cara mengatasi kamera Whatsapp tidak full screen

Update aplikasi WhatsApp

Ketika fitur sebuah aplikasi tidak bekerja secara normal, ada kemungkinan software yang digunakan sudah kadaluwarsa. Sehingga kamu harus mengganti versi WhatsApp lama dengan aplikasi Wa paling baru.   

Dengan memperbarui aplikasi yang sesuai dengan kapasitas ponsel, biasanya bug-bug yang ada pada ponsel akan hilang. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui Playstore secara gratis.  

Pastikan produk WA original

Apa arti dari WA original? Belakangan ini marak penggunaan aplikasi Whatsaap tiruan, sebagai contoh adalah GB Whatsapp. 

Pada dasarnya GB Whatsapp bukanlah produk asli, melainkan aplikasi WA yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menyerupai produk asli.

Hanya saja, aplikasi GB Whatsapp memiliki tambahan fitur yang tidak dimiliki oleh WA asli. Hal ini membuat aplikasi tiruan semakin berkembang dan banyak penggunanya, padahal dengan menggunakan aplikasi tersebut membuat WA tidak dapat bekerja secara maksimal. 

Cara mengatasi kamera Whatsapp tidak fullscreen bisa dengan mulai menggunakan aplikasi WA asli agar tidak ada lagi permasalahan bug pada sebuah Handphone. 

Mengubah resolusi handphone

Cara mengatasi kamera Whatsapp tidak fullscreen selanjutnya adalah dengan mencoba mengubah resolusi layar smartphone. 

Biasanya smartphone keluara terbaru memiliki resolusi kamera layar lumayan tinggi, sedangkan WA belum support sistem tersebut. 

Hal yang harus kamu lakukan adalah mengganti resolusi sesuai dengan kebutuhan WA saat ini. berikut adalah tahapan-tahapan untuk mengubah resolusi Handphone.

  • Masuk ke menu Pengaturan ponsel.
  • Klik icon “Display” kemudian pilih menu “Screen Resolution”.
  • Ganti pengaturan resolusi gambar menjadi FHD, dengan cara klik “Set Screen to FHG+.
  • Setelah selesai, cobalah buka aplikasi WA untuk melihat apakah layar sudah berubah menjadi full screen.

Jika langkah tersebut masih belum bisa mengubah layar, maka perlu mencoba cara alternatif lainnya. Hampir sama dengan cara kedua, hanya saja cara ini lebih simple, berikut tahapannya.

  • Masuk ke menu setting/ pengaturan ponsel. 
  • Klik menu “Display” , kemudian pilih menu opsi .
  • Klik opsi  “Full Screen”, dengan memilih opsi ini maka layar ponsel akan selalu fullscreen.

Menghapus pesan sampah 

Menghapus beberapa pesan sampah mungkin sedikit diragukan sebagai cara mengatasi kamera Whatsapp tidak fullscreen, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. 

Seringkali para pengguna smartphone lupa dalam menghapus pesan sampah atau sampah lainnya di dalam ponsel.

Padahal tanpa kita sadari pesan sampah tersebut bisa jadi adalah sebuah virus atau bug. Dengan menghapus pesan sampah secara berkala, juga bermanfaat bagi tempat penyimpanan internal ponsel anda menjadi lebih longgar. 

Baca juga:

Memperbarui sistem operasi ponsel

  • Masuk ke dalam menu “Setting” atau pengaturan.
  • Klik menu System.
  • Kemudian pilih menu Update, lalu klik Software Update atau Sistem Update.
  • Pilih menu opsi yang berfungsi sebagai pengunduh untuk memperbarui sistem operasi secara manual.

Pada dasarnya setiap ponsel memiliki perbedaan dalam cara penggunaan, kamu bisa menyesuaikan cara mengatasi kamera Whatsapp tidak fullscreen sesuai dengan ponsel yang digunakan. 

Namun, bagi kamu para pengguna iOS / iPhone, jika ingin memperbarui sistem operasi, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

  • Masuk ke menu “Setting”.
  • Pilih icon General, lalu pilih Software Update.
  • Selanjutnya adalah klik Download and Install.
  • Setelah itu, klik menu dan pilih Install.
  • Masukkan kode captcha jika dibutuhkan, maka ponsel akan memproses instal ulang.

Itulah bermacam-macam cara mengatasi kamera Whatsapp tidak fullscreen yang bisa kamu gunakan agar fungsi kamera WA menjadi lebih maksimal. 

Selamat mencoba!

Rekomendasi Artikel Lainnya