BLANTERORBITv102

7 Cara Mengatasi Ping Mobile Legend Tidak Stabil, Mudah Kok!

1/04/22
Cara Mengatasi Ping Mobile Legend Tidak Stabil

Salah satu masalah yang paling menjengkelkan saat bermain Mobile Legend adalah ping tinggi. Gamer mengalami masalah jaringan yang naik turun dan tidak stabil, atau terjadi lag saat ping mencapai 120ms hingga berwarna merah.

Pada umumnya kendala ini membuat gameplay di smartphone menjadi lag atau patah - patah, bahkan bisa membuat player keluar dari permainan. 

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi ping Mobile Legend tidak stabil yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Ping Mobile Legend Tidak Stabil 

1. Koneksi Internet

Cara mengatasi ping mobile legend tidak stabil adalah dengan memastikan koneksi internet. Nilai maksimal ping game Mobile Legend adalah 200 ms,untuk itu kamu membutuhkan koneksi internet yang stabil. 

Selalu perhatikan koneksi internet kamu karena game Mobile Legend adalah permainan yang grafis kaya dan semuanya membutuhkan kecepatan koneksi internet.

2. Ganti jaringan kartu provider

Jika kamu menggunakan koneksi data dari kartu provider untuk bermain game Mobile Legend sebaiknya harus kamu perhatikan konektifitasnya. Untuk wilayah Indonesia sendiri jaringan internet ada 2G, 3G, 4G, dan 5G. 

Dimana saat kondisi tertentu koneksi akan berubah secara otomatis, baik karena faktor internal maupun faktor alam yang dapat mempengaruhi perubahan koneksi data.

Di setiap smartphone terdapat pengaturan jaringan yang dapat kamu pilih dan atur. Umumnya pengaturan pabrik dipilih jaringan otomatis, tapi kamu bisa merubahnya ke jaringan 4G atau LTE pada pengaturan jaringan.

3. Matikan aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet

Salah satu kemungkinan yang menjadi penyebab ping Mobile Legend tidak stabil adalah adanya aplikasi lain di smartphone kamu yang menggunakan koneksi internet masih aktif.

Oleh karena itu, cara mengatasi ping Mobile Legend tidak stabil, kamu bisa coba untuk matikan atau non-aktifkan aplikasi - aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.

Sederhananya, secara otomatis, sistem konektivitas akan membagi koneksi internet ke aplikasi yang membutuhkan data. 

Kamu bisa mematikan aplikasi - aplikasi seperti aplikasi sosial media atau fitur download otomatis pada Google Playstore untuk sementara saat bermain game Mobile Legend. Dengan cara ini koneksi internet tidak terbagi – bagi.

4. Mengaktifkan fitur speed mode dan network boost

Di dalam game Mobile Legend menyediakan satu fitur yang berfungsi untuk menstabilkan koneksi jaringan. 

Dengan mengaktifkan fitur Speed Mode,ini adalah cara mengatasi ping Mobile Legend tidak stabil agar dapat meningkatkan kualitas koneksi internet agar jaringan dapat fokus ke game.

Tak hanya itu, jika kamu ingin lebih lancar saat bermain Mobile Legend, fitur Network Boost untuk menggunakan dua jaringan yakni data dan Wifi secara sekaligus, juga bisa kamu manfaatkan. 

Hal ini, sering menjadi rekomendasi solusi buat para gamers agar ping semakin baik dan tetap stabil pada saat kamu bermain Mobile Legend.

5. Menyesuaikan kualitas grafis dengan spesifikasi HP

Beberapa jenis smartphone dengan spesifikasi biasa kadang sering dipaksa untuk menyajikan grafis yang terbaik.Akibatnya, dapat mempengaruhi pada kualitas permainan.

Kamu dapat mengganti pengaturan grafiknya ke pengaturan yang direkomendasikan, atau jika perlu ganti kualitas grafis ke yang paling rendah. Dengan begitu RAM dapat mengolah grafis permainan, sehingga performa game menjadi maksimal.

6. Non-Aktifkan voice chat

Cara mengatasi ping Mobile Legend tidak stabil bisa kamu terapkan dengan solusi mematikan fitur voice chat. Menggunakan Voice Chat saat bermain Mobile Legends dengan teman menjadi lebih seru, karena kamu dapat berkomunikasi dengan mudah. 

Disaat koneksi jaringan sedang tidak stabil, sebaiknya menonaktifkan fitur Voice Chat.Pasalnya, fitur ini juga memakan alokasi koneksi internet saat diaktifkan. 

Oleh karena itu, mematikan fitur voice chat menjadi cara yang cukup efektif untuk menangani masalah ini.

7. Setting baterai

Sering kali pengguna smartphone mengaktifkan fitur Hemat Energi atau Power Saving, walaupun baterai dalam keadaan penuh sekalipun. 

Setingan ini sebenarnya dapat mempengaruhi kinerja smartphone, mulai dari koneksi internet hingga performa smartphone secara keseluruhan.

Kamu dapat mencoba setting baterai ke mode performa tinggi, walaupun HP kamu menjadi boros energi baterai. Namun cara ini menjadi cara mengatasi ping Mobile Legend tidak stabil yang sangat efektif. Dengan begitu kamu dapat bermain Mobile Legend tanpa lag.

Rekomendasi Artikel Lainnya