BLANTERORBITv102

3 Cara Menghilangkan Garis Hijau di Layar HP Samsung

3/25/22
Cara Menghilangkan Garis Hijau di Layar HP Samsung

Handphone menjadi salah satu benda yang paling penting untuk saat ini. Pada era digital yang seperti sekarang ini pemakaian handphone menjadi kebutuhan yang paling utama bagi seluruh masyarakat. 

Namun penggunaan handphone yang terus menerus bisa mengakibatkan sebuah permasalahan untuk handphone itu sendiri. Misalnya saja seperti munculnya garis hijau di layar HP. 

Berikut ini adalah cara menghilangkan garis hijau di layar HP dengan tepat, jika kamu tidak tahu cara yang baik dan benar, kemungkinan HP yang kamu pakai bukannya tertolong tetapi malah menimbulkan permasalahan yang baru di handphone. 

Berikut ini adalah ulasan lengkap cara menghilangkan garis hijau di layar HP Samsung dan yang lainnya. 

Cara menghilangkan garis hijau di layar hp samsung

1. Lakukan restart HP dan pakai safe mode

Cara mengatasi garis hijau di layar HP yang pertama dan harus kamu coba adalah dengan melakukan restart HP milikmu, lalu lanjutkan dengan mengaktifkan pemakaian safe mode. 

Pemakaian safe mode ini akan berfungsi untuk dapat melakukan pelacakan kinerja pada sistem operasi beserta menemukan diagnosis jika terjadi permasalahan di dalam sistem operasi tersebut. 

Dengan melakukan pengaktifan safe mode, apabila terjadi keretakan atau di garis layar terdapat di software, sistem tersebut akan segera mengirimkan sinyal untuk melakukan notifikasi. Cara mengaktifkan sistem safe mode ini adalah :

  • Tekan di tombol power handphone milikmu hingga muncul menu pop up di bagian layar. 
  • Klik dan tahan di tombol power off hingga muncul pop up yang lain. 
  • Klik “OK” untuk bisa melakukan reboot di HP ke fitur safe mode, selanjutnya handphone tersebut secara otomatis sudah berada di dalam mode yang aman atau safe mode. 

Jika kamu nantinya tidak dapat menemukan menu pop up, maupun cara untuk mengatasi layar HP bergaris yang ada di atas tidak berhasil, kamu dapat menggunakan cara yang sesuai dengan versi HP yang dimiliki. 

Karena biasanya berbeda jenis HP dan juga berbeda sistem operasi yang digunakan, maka akan berbeda pula cara melakukan pengaktifan fitur safe modenya. 

Baca juga: 

9 Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu

2. Pakai aplikasi LCD Fixer 

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan jika kamu kebingungan untuk mengatasi layar handphone bergaris adalah dengan cara menggunakan aplikasi LCD Fixer. 

Pada handphone Android ada beberapa aplikasi yang memang sengaja dikembangkan untuk menjawab salah satu solusi untuk mengatasi garis hijau di layar HP Samsung maupun untuk masalah handphone yang lainnya. 

Aplikasi yang bisa untuk kamu coba memperbaiki LCD milikmu, atau yang sering disebut dengan aplikasi LCD Fixer yang mana aplikasi satu ini dapat di unduh pada Google Play Store dengan lebih mudah karena sudah banyak yang menggunakannya sampai mendapatkan rating yang sangat tinggi. 

Cara kerja aplikasi yang satu ini adalah melakukan deteksi kepada Pixel HP yang memang sudah dianggap rusak. 

Setelah melakukan deteksi, aplikasi ini akan bekerja dengan menghilangkan titik-titik yang menjadi sebuah garis di layar sehingga secara berangsur-angsur garis yang terdapat di layar handphone bisa terdeteksi. 

Cara pemakaian aplikasi ini adalah :

  • Mencari aplikasi Dead Pixels Test and Fix lalu di unduh. 
  • Aktifkan aplikasinya dengan cara membuka dan menyetujui terms dan condition. 
  • Klik pilih “check dead pixel and fix dead pixel” agar bisa memperbaiki permasalahan garis di layar HP. 
  • Jika sudah selesai untuk melakukan beberapa langkah tersebut, berikutnya kamu hanya harus menunggu aplikasi tersebut bekerja hingga hasilnya terlihat. 

3. Cek soket di layar HP

Cara menghilangkan garis hijau di layar HP Samsung yang terakhir adalah dengan melakukan pengecekan pada soket layar handphone. 

Agar bisa mengeceknya, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah jika sudah benar-benar memiliki pengetahuan khusus terkait elektronik. 

Namun, jika kamu merasa ragu, maka kamu bisa menyerahkannya ke tempat service terdekat. Nantinya para teknisi elektronik yang ada akan melakukan pembongkaran kepada HP tersebut agar dapat menemukan soket layar dan memperbaikinya. 

Cara mengatasi handphone diatas bisa digunakan ketika kamu sudah merasakan kurang nyaman dengan kondisi handphone yang dimiliki. 

Pastikan kamu melakukan langkah – langkahnya dengan benar supaya layar handphone milikmu yang bergaris dapat teratasi. 

Rekomendasi Artikel Lainnya