BLANTERORBITv102

Cara Menggunakan Aplikasi Mendeley di Word Untuk Daftar Pustaka & Sitasi

4/02/22
cara menggunakan aplikasi mendeley di word

Cara menggunakan aplikasi Mendeley banyak dipakai untuk melakukan penulisan referensi, tetapi masih banyak orang yang masih tidak bagaimana cara menggunakannya. 

Referensi akan dibutuhkan pada saat melakukan penulisan sebuah buku. Bagi para dosen aplikasi Mendeley ini pastinya sudah tidak akan asing lagi. 

Selain lebih memudahkan dan memberikan banyak sekali keuntungan, Mendeley ini juga bisa mempercepat proses untuk melakukan penyusunan daftar referensi pada karya ilmiah. 

Jadi pada artikel kali ini akan memberikan cara menggunakan aplikasi Mendeley bagi para pemula yang benar-benar ingin menggunakan aplikasi yang satu ini. 

Cara Menggunakan Aplikasi Mendeley 

Download Aplikasi Mendeley

Sebelum menggunakannya pastikan untuk mendownloadnya terlebih dahulu, caranya juga sangat sederhana, hanya harus mendaftarkan email dan juga password disini. 

Nantinya di bagian kanan atas akan ada sebuah pilihan bertulisan “download “ dan cukup klik saja. Setelah terinstal kamu bisa langsung untuk membuka Mendeley dan nantinya akan muncul sebuah  tampilan bertulisan “Search Mendeley Catalog of Academic Literature “.

Menghubungkan Mendeley ke Microsoft Word

Cara menggunakan aplikasi Mendeley yang berikutnya adalah menghubungkan Mendeley ke Microsoft Word dengan cara melakukan install lebih dahulu ke dalam plugin. 

Jika sudah terdownload maka langkah yang berikutnya adalah lakukan install. Ketika sudah terpasang dan terintegrasi dengan Microsoft Word baru dapat digunakan. 

Pada saat nantinya kita membuka Microsoft Word, maka akan muncul di dalam menu file yang mana nantinya kamu bisa melihat ada tambahan menu yang dapat dijadikan sebagai cara memakai Mendeley. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk kembali ke dalam aplikasi Mendeley. 

Membuat Sebuah Folder

Jadi nantinya file PDF yang sudah ada dibuatkan folder terlebih dahulu, hal ini akan berfungsi agar lebih memudahkan di dalam proses selanjutnya. 

Untuk membuat aplikasi Mendeley download folder tersebut kamu tinggal klik “Create Folder “. Seluruh file yang sudah ada kamu tinggal drag ke dalam aplikasi Mendeley. 

Lakukan Pengecekan Tentang Kelengkapan File di PDF 

Biasanya akan banyak sekali file PDF yang tidak mempunyai identitas yang lengkap, misalnya nama penulis, tahun, nama judul dan lain sebagainya. 

Jika hal tersebut terjadi, maka kamu harus melakukan proses editing terlebih dahulu dengan cara manual. Sebaliknya ketika seluruh file PDF tersebut sudah lengkap, maka secara otomatis akan tersusun. 

Menulis Sitasi dengan Otomatis

Langkah yang berikutnya itu adalah membuat sitasi untuk referensi secara otomatis. Cara penggunaan pada aplikasi Mendeley di HP maupun laptop sangat sederhana. Seperti berikut ini :

- Tahap Pertama 

  • Mencari menu view, maka nantinya akan muncul untuk beberapa pilihan 
  • klik di bagian Citation Style, jika nantinya tidak terdapat Style Sitasi maka kamu bisa mengunduhnya di halaman Zotero. 

- Menulis jurnal 

  • Berikutnya, mengetikkan jurnal yang akan dituju, dengan klik jurnal yang kamu inginkan, 
  • dan dengan otomatis jurnal akan di download. 
  • Selanjutnya file yang akan terdownload biasanya akan berbentuk CSL dan bisa untuk dipindahkan ke dalam folder Local Disk C. 

- Cek tempat meletakkan hasil dari jurnal download

  • File yang sudah terdownload dapat dipindahkan ke local disk C, lalu pilih di bagian program file 🡪 pilih Mendeley desktop 🡪 pilih Citation Style 1.0.

- Menyisipkan sitasi

  • Jika kamu ingin menyisipkan sitasi, cukup masuk ke dalam menu Microsoft Word 🡪 Reference 🡪 Insert Citation 🡪 klik keyword sitasi yang kamu inginkan 🡪 klik keyword maupun kata kunci setelah klik di bagian “OK”.

- Membuat daftar pustaka

  • Langkah terakhir untuk membuat sebuah daftar pustaka, yaitu dengan melakukan klik bagian Reference 🡪 Insert Bibliography, maka nantinya secara otomatis pada daftar Pustaka akan tersusun dengan sendirinya. 

Berbagai cara yang ada di atas bisa digunakan oleh para penulis agar bisa menambahkan sitasi ketika dalam proses melakukan teknik penulisan. 

Cara menggunakan aplikasi Mendeley ini akan lebih efektif untuk dilakukan sehingga penulis tidak harus menulis satu demi satu referensi yang digunakan. Hal tersebut juga akan lebih meminimalisir kesalahan ketika melakukan pengetikan dalam mencantumkan referensi.

Rekomendasi Artikel Lainnya