BLANTERORBITv102

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di TikTok untuk Android & iPhone

4/07/22
Cara Mengaktifkan Mode Gelap di TikTok

Hadirnya berbagai macam variasi konten video yang berdurasi pendek dan tersedia di TikTok pastinya bisa membuat sebagian dari penontonnya semakin betah berlama-lama menggunakan aplikasi tersebut. 

Lebih bagusnya lagi sekarang ini TikTok juga sudah menghadirkan cara mengubah TikTok menjadi drakor mode atau mode gelap agar bisa membuat mata terasa lebih nyaman ketika mengakses di dalam kondisi yang redup maupun di saat malam hari. 

Aktivasi untuk dark mode di handphone iOS dan android ini akan sedikit mempunyai perbedaan karena letaknya menunya. Namun secara garis besarnya keduanya tidak akan jauh berbeda seperti di bawah ini :

Cara mengubah TikTok menjadi dark mode di Android

  • Jika kamu menggunakan HP Android maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah buka aplikasi TikTok. 
  • Login menggunakan akun yang kamu miliki. 
  • Pada bagian halaman utama pilih menu “Me” dengan sebuah ikon orang yang berada di bagian kanan bawah. 
  • Pilih tombol “options “ yang berbentuk seperti tiga garis di bagian kanan atas. 
  • Di halaman setting and privacy 🡪 klik dark mode yang tersedia pada bagian content & activity. 
  • Aktifkan drak dan dengan otomatis nantinya tampilan pada akun TikTok akan berubah menjadi gelap. 

Cara mengubah TikTok dark mode di iPhone/ iOS

  • Buka aplikasi TikTok 🡪 login menggunakan akun yang dimiliki. 
  • Pada bagian halaman utama 🡪 pilih menu “Me” yang memiliki ikon orang di bagian kanan yang berada di bawah. 
  • Pilih tombol options yang berbentuk tiga titik pada bagian kanan atas. 
  • Pilih dark mode yang terletak di bagian “General” pada halaman “setting and privacy “.
  • Aktifkan di menu “dark” dan secara otomatis tampilan akan pada aplikasi TikTok akan berubah menjadi gelap. 

Keuntungan menggunakan fitur dark mode

Setelah kita mengetahui cara membuat TikTok menjadi dark mode, maka kamu juga harus tahu keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dengan menggunakan fitur tersebut. 

1. Memberikan kontras yang lebih baik

Cara mengubah TikTok menjadi dark mode ini memiliki fungsi untuk membantu kontras di layar handphone menjadi jauh lebih baik. 

Hal tersebut disebabkan karena cahaya yang akan dikeluarkan lebih terminimalisir sehingga tidak akan terlalu terang ketika berada di tempat yang gelap. 

2. Menghemat daya pada baterai

Mode terang yang biasanya kita gunakan di handphone setiap hari setidaknya bisa menghabiskan baterai jauh lebih banyak dibandingkan menggunakan mode gelap. 

Hal ini karena memang lebih banyak kontras dan juga cahaya yang dihasilkan, sehingga smartphone menjadi mudah panas dan baterai juga cepat habis. 

3. Memberikan tampilan yang lebih menarik 

Mode gelap TikTok ini ternyata memiliki dampak di perubahan tampilan yang akan digunakan. 

Biasanya ketika hak tersebut berjalan, background di tampilan akan mengalami perubahan warna menjadi hitam dan akan terlihat menjadi elegan. Pemakaian mode gelap ini bisa memberikan banyak sekali manfaat dan keuntungan. 

4. Mengurangi cahaya biru yang berasal dari smartphone

Ternyata cahaya biru yang keluar dari handphone menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya berbagai macam penyakit yang berbahaya di dalam tubuh. 

Salah satunya adalah kanker, tetapi dengan menggunakan cara mengubah Tikatok menjadi dark mode dapat membantu untuk mengurangi cahaya biru yang keluar, sehingga nantinya tubuh dapat terhindar dari berbagai risiko penyakit yang berbahaya. 

5. Mengurangi kelelahan di mata

Menggunakan mode gelap ternyata bisa membantu untuk mengurangi kelelahan pada mata yang terjadi akibat secara terus menerus menatap layar handphone. 

Cahaya yang tidak banyak keluar tersebut dapat membantu mata untuk bekerja terlalu keras mengedipkan kelopak mata, agar mata tetap selalu berada di kondisi yang basah. 

6. Membuat tulisan menjadi lebih jelas 

Jika mode gelap sudah dipasang, cahaya yang nantinya berkurang bisa membuat mata menjadi lebih fokus dengan berbagai hal yang ada di layar handphone. Oleh sebab itu, pengguna akan merasa lebih mampu untuk membaca tulisan menjadi lebih jelas lagi. 

7. Membuat penggunanya lebih mudah tertidur

Berkurangnya cahaya biru juga akan mengakibatkan sistem kerja otak menjadi lebih baik. Sebab pada kondisi tersebut, tubuh akan lebih mudah untuk memproduksi melatonin atau hormon yang memberikan sebuah perintah di badan untuk cepat tertidur. 

Hasilnya, tubuh akan menjadi lebih mudah untuk tertidur dan beristirahat dengan cepat. 

Dari penjabaran yang singkat ini, saya berharap kalian bisa lebih mudah mengerti bagaimana mengaktifkan fitur mode gelar / dark mode di TikTok , hingga berbagai manfaat beserta keuntungan yang bisa diperoleh dari penerapan fitur dark mode pada akun TikTok. 

Semoga dari artikel ini bisa membawa manfaat dan solusi kepada yang sudah membacanya. 

Rekomendasi Artikel Lainnya