BLANTERORBITv102

3 Cara Mengatasi Video dan Audio Yang Tidak Sinkron di Aplikasi Windows

4/05/22
Cara mengatasi video dan audio yang tidak sinkron di windows

Ketika audio dan juga video tidak sinkron, film dan juga video pastinya akan sangat sulit untuk ditonton. 

Oleh sebab itu kali ini kita akan memberikan cara mengatasi video dan audio yang tidak sinkron pada Windows. Ada beberapa alasan kenapa video dan audio yang kamu miliki tidak bisa sinkron pada Windows. 

Hal tersebut bisa saja terjadi karena driver audio yang sudah lama, pengaturan suara yang tidak tepat, maupun koneksi internet yang sudah melambat semuanya dapat menjadi penyebabnya. 

Namun, terkadang tidak komputer yang kamu miliki tidak terdapat masalah, dan layanan streaming yang kamu pakai yang biasanya menyebabkan permasalahan di audio video tersebut. 

Cara mengatasi video dan audio yang tidak sinkron di laptop

Sebelum nantinya kita masuk ke dalam laptop yang kamu miliki dan mulai melakukan perubahan dalam pengaturannya, coba terlebih dahulu perbaikan yang cepat dan mudah berikut ini apa mereka dapat menyelesaikan masalah tersebut. 

  1. Hidupkan kembali laptop kamu, jika kamu masih belum mematikan laptop untuk beberapa saat, kamu harus melakukan restart terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu memberikan izin untuk melakukan penghapusan memori dan mengakhiri untuk beberapa proses yang sedang berjalan di latar belakang. 
  2. Memulai ulang aplikasi, cobalah untuk menutup pemutar multimedia dan luncurkan kembali ketika kamu melihat audio dan video tidak sinkron. Selain itu, kamu bisa beralih ke dalam program yang lainnya. 
  3. Periksa seberapa banyak kamu memakai sumber daya yang ada di dalam sistem. Jika kamu terlalu banyak mempunyai aplikasi yang sedang berjalan secara bersamaan, ini juga bisa menyebabkan audio dan video menjadi berjalan dengan lambat. 

Buka pada task manager dan periksa pemakaian CPU. Hal ini umumnya terjadi di saat kamu melakukan install pada perangkat lunak yang baru, jadi lebih baik jika kamu menunggu hingga proses install terselesaikan. 

1. Menjalankan pemecahan masalah / troubleshoot audio

Jika laptop yang kamu miliki menggunakan Windows 10 maka jangan khawatir karena biasanya Windows 10 akan hadirkan dengan berbagai alat yang dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah bawaan yang bisa untuk digunakan di mana saja dan kapan saja masalah tersebut terjadi. 

Jika nantinya video dan audio tidak sinkron, kamu harus bisa memberikan sebuah kesempatan terhadap pemecahan masalah playing audio agar bisa memperbaikinya. Berikut ini adalah cara mengatasi video dan audio yang tidak sinkron :

  • Buka di bagian menu Star ­čí¬ Setting
  • Klik di Update & Security ­čí¬ Troubleshoot
  • Klik Additional Troubleshooter ­čí¬ klik playing audio ­čí¬ Run the Troubleshooter

Pemecahan masalah tersebut maka akan segera melakukan pemindaian pada laptop milik kamu untuk mengetahui permasalahan apa saja. Setelah melakukan deteksi, itu akan langsung diperbaiki secara otomatis. 

2. Perbarui pada driver audio

Mengatasi video dan audio tidak sinkron berikutnya itu pada umumnya Windows akan melakukan deteksi dan install pembaruan yang baru sendiri memakai perpustakaan driver bersamaan dengan layanan pembaruan di Windows

Walaupun begitu ada saatnya kamu membutuhkan pembaruan driver sistem dengan cara yang manual. Pada hal yang satu ini, Anda dapat memakai pengelolaan perangkat untuk bisa memperbaiki driver yang sudah kadaluarsa atau rusak. 

  • Klik kanan di Start ­čí¬ menuju ke driver manager. 
  • Perluas lagi menu di. Sound, video and game controllers ­čí¬ buka pada driver speaker ­čí¬ pilih tab driver, lalu klik update driver. 

Windows nantinya akan memberitahu kepada kamu jika driver yang terbaik untuk perangkat kamu yang sudah terinstall maupun ketika ada pembaruan yang tersedia. 

Baca juga:

3. Rubah persentase status di dalam prosesor minimum

Cara mengatasi video dan audio yang tidak sinkron berikutnya dan memutuskan untuk menggunakan cara yang satu ini, maka tidak bisa digunakan untuk melakukan perbaikan untuk jangka waktu yang panjang. 

Meningkatkan persentase untuk status prosesor minimum akan bisa menghasilkan lebih banyak lagi panas dan bisa lebih mempersingkat masa pakai untuk baterainya.

  • Buka control panel ­čí¬ pilih hardware & sound ­čí¬ klik power options. 
  • Pilih Change plan settings ­čí¬ change advanced power setting. 
  • Pada jendela power options, lalu navigasikan ke processor power management ­čí¬ minimum processor state. 
  • Tetapkan presentasi yang lebih besar untuk on battery atau Plugged in tergantung dari penggunaan laptop kamu sekarang ini ­čí¬ lalu klik Apply dan OK. 
Yang juga dicari:

Rekomendasi Artikel Lainnya


Author

liputek