BLANTERORBITv102

Cara Menggunakan Fitur Spotlight di Zoom Melalui Ponsel dan Komputer

5/11/22
Cara Menggunakan Fitur Spotlight di Zoom

Aplikasi zoom saat ini banyak digunakan untuk berbagai kepentingan, misalnya untuk melakukan panggilan video jarak jauh dengan beberapa orang didalamnya. 

Kehadiran aplikasi ini sangat bermanfaat, terutama di masa pandemi seperti saat ini yang dimana mengharuskan orang untuk tidak berada di kerumunan. Sehingga menggunakan aplikasi video conference seperti zoom meeting adalah pilihan yang tepat.

Penggunaan aplikasi ini sangatlah beragam tujuannya. Pada saat pelaksanaan pembelajaran secara daring, aplikasi zoom akan digunakan untuk menyampaikan materi. 

Pada acara-acara tertentu, seperti seminar misalnya, juga memanfaatkan aplikasi ini untuk mendukung acara tersebut.

Mungkin kamu sebagai pengguna dari salah satu aplikasi populer ini banyak menemui fitur-fitur yang tersedia. Salah satu dari beberapa fitur yang ada misalnya fitur spotlight atau video sorotan. 

Dimana nantinya layar hanya akan menampilkan peserta zoom yang kamu beri spotlight yang akan tampil di layar laptop maupun smartphone kamu.

Nah, bagi kamu yang masih bingung soal bagaimana cara menggunakan fitur spotlight di zoom, artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk bisa menggunakan fitur yang satu ini. Simak dengan baik-baik, ya.

Cara menggunakan fitur spotlight di Zoom pada Android

Fitur spotlight di zoom bisa kamu gunakan di android, loh. Kamu hanya perlu memperhatikan cara menggunakan fitur spotlight di zoom pada Android dibawah ini:

  • Pastikan jika aplikasi zoom yang kamu punya sudah diperbarui ke versi terbaru.
  • Langkah selanjutnya, kamu bisa masuk ke dalam meeting room yang sudah berisi beberapa partisipan.
  • Ketuk tab participants.
  • Cari dan pilih peserta/partisipan yang ingin kamu tampilkan dengan fitur spotlight.
  • Nah, nantinya akan ada beberapa opsi, kamu bisa pilih spotlight video.
  • Langkah terakhir, nantinya peserta akan mendapatkan notifikasi spotlight atau sorotan. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur unmute.
  • Selesai.

Kamu juga bisa membatalkan fitur sorotan di Android dengan mencari dan memilih opsi remove spotlight. Dengan begitu layar tidak lagi akan memunculkan narasumber atau orang yang disorot.

Cara menggunakan fitur spotlight di Zoom pada laptop atau PC

Berikutnya adalah langkah untuk mengaktifkan fitur spotlight zoom di laptop maupun PC milik kamu. Simak langkah-langkahnya dari cara menggunakan fitur spotlight di zoom berikut ini:
  • Pastikan aplikasi zoom kamu telah diupgrade ke versi terbaru. Sama halnya dengan cara menggunakan fitur spotlight di android.
  • Ketika telah memasuki meeting room, pilih salah satu peserta yang ingin kamu berikan spotlight. Klik more.
  • Akan muncul beberapa opsi, pilihlah spotlight for everyone
  • Klik continue untuk melanjutkan proses spotlight
  • Langkah terakhir untuk cara menggunakan fitur spotlight di zoom adalah nantinya akan muncul notifikasi pada peserta yang diberi spotlight. Jangan lupa tekan unmute
  • Kamu sebagai host, bisa menekan tulisan remove spotlight untuk melepas sorotan salah satu peserta.
  • Selesai
Fitur spotlight di zoom ini bisa kamu gunakan untuk menyorot 1 sampai dengan 9 peserta yang biasanya menjadi narasumber di meeting room. Mulai dari dosen, pembicara di seminar, maupun guru yang sedang memberikan materi.

Fitur zoom yang satu ini cocok kamu gunakan jika sedang berada di meeting room dengan jumlah peserta yang banyak. Jadi, kamu bisa memfokuskan narasumber saja yang mengisi layar laptop maupun android. 

Perlu diingat, fitur ini hanya bisa digunakan untuk kamu yang berperan sebagai Host dalam sebuah meeting di zoom. Namun, kamu juga bisa memilih Co-Host untuk melakukan hal yang sama.

Nah, diatas tadi penjelasan mengenai cara menggunakan fitur spotlight di zoom pada device laptop / PC maupun android sekalipun. Baik keduanya, caranya hampir sama. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas untuk bisa menggunakan fitur ini.

Selain Host dan Co-Host, jika kamu hanya peserta biasa, kamu tidak akan bisa menggunakan fitur yang satu ini, ya. 

Semoga artikel diatas bermanfaat.

Rekomendasi Artikel Lainnya