BLANTERORBITv102

Penyebab dan 7 Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading

5/14/22
Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading

Kamu tentunya mengenali salah satu game yang populer bernama Mobile Legends. Game ini banyak digandrungi oleh para pecinta game, mulai dari anak-anak sampai dewasa. 

Selain meninggalkan kesan yang mengasyikkan, terkadang ada beberapa masalah yang muncul, seperti stuck loading screen yang sangat menganggu. 

Dalam artikel ini, akan menjelaskan tentang cara mengatasi loading mobile legends stuck saat memasuki game.

Kemungkinan Penyebab

Sebelum memasuki langkah dalam cara mengatasi loading mobile legends stuck, bagi kamu yang mengalami hal tersebut, bisa dipastikan beberapa hal berikut ini yang mungkin menjadi penyebab terjadinya stuck loading.

1. Sinyal pada provider tidak stabil

Kemungkinan pertama dari penyebab stuck loading pada game Mobile Legends adalah kurang stabilnya sinyal pada provider yang kamu gunakan. 

Hal ini bisa saja terjadi ketika provider kamu memang sedang down atau kamu sedang berada di wilayah yang tidak mendukung sinyal provider kamu.

2. HP yang kamu gunakan tidak mendukung

HP menjadi penunjang penting dalam kamu bermain game Mobile Legends. Maka dari itu, penyebab stuck loading pada game ini mungkin saja diakibatkan karena hp yang kamu gunakan tidak mendukung. 

Misalnya hp kamu tidak memenuhi syarat untuk bermain Mobile Legends, hal ini bisa mengakibatkan stuck saat loading.

3. Memori penuh

Hal ini bisa menjadi akibat stuck loading pada game Mobile Legends karena pada dasarnya semua game harus menyisakan memori internal agar bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

Jadi, kamu bisa untuk mengosongkan beberapa ruang pada memori internal agar tidak mengakibatkan terhambatnya loading saat memasuki game.

4. Server Mobile Legends sedang down

Bagi kamu yang bete nunggu lama-lama saat loading pada game Mobile Legends, mungkin hal itu terjadi karena banyak pemain yang sedang mengunduh patch terbaru dan juga pembaruan game.

Namun hal ini jarang terjadi karena developer dari game ini sering memantau kinerja pada servernya.

Cara mengatasi loading Mobile Legends stuck

Nah setelah mengetahui penyebab daripada stuck loading pada game Mobile Legends, berikut ini adalah langkah-langkah dalam cara mengatasi loading Mobile Legends stuck yang bisa kamu coba.

1. Restart HP kamu

Cara mengatasi loading Mobile Legends stuck yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan me-restart atau memulai ulang HP kamu. 

Kamu bisa mencoba cara ini dan mulai memasuki kembali game Mobile Legends setelah me-restart HP kamu.

2. Gunakan jaringan yang baik

Menggunakan jaringan yang baik adalah pilihan cara selanjutnya. Karena bisa saja jaringan yang kamu gunakan bermasalah atau lemot, hal ini menyebabkan stuck loading saat kamu membuka Mobile Legends. 

Jadi usahakan gunakanlah provider dengan jaringan yang luas dan cepat. Jika memungkinkan gunakan Wi-Fi dengan kecepatan yang memang diperuntukkan untuk bermain game.

Baca juga: 

3. Update Mobile Legends kamu

Hal ini dikarenakan versi lawas dalam sebuah game akan mempengaruhi proses ketika memasuki game tersebut. Jadi usahakan untuk rajin mengupdate Mobile Legends kamu, ya.

4. Hapus cache aplikasi Mobile Legends

Cara lainnya adalah dengan mencoba menghapus cache pada aplikasi Mobile Legends kamu. Siapa tahu, ini menjadi penyebab mengapa load stuck terjadi 

Kamu hanya perlu masuk ke dalam pengaturan di HP kamu. Cari aplikasi Mobile Legends dan pilih opsi hapus cache. Setelah itu coba untuk membuka kembali game Mobile Legends.

5. Hapus data Mobile Legends

Jika masalah stuck loading masih saja terjadi, kamu bisa mencoba untuk menghapus data dari aplikasi Mobile Legends kamu. Mungkin saja data pada game tersebut sudah menumpuk, ditambah memori internal kamu yang tersisa sedikit.

Kamu hanya tinggal ke pengaturan dan pilih aplikasi Mobile Legends. Kemudian carilah opsi hapus data. Setelah itu kamu akan mengunduh ulang beberapa data yang diperlukan di dalam game.

6. Kosongkan memori internal

Cara mengatasi loading Mobile Legends stuck bisa dengan kamu mengosongkan memori internal kamu. Karena pastinya sebuah game tidak akan berjalan dengan lancar jika memori internal tidak memiliki sisa ruang. 

Kamu bisa menghapus beberapa aplikasi lainnya yang tidak penting atau jarang digunakan. Selain itu file berupa foto atau video yang kamu punya bisa dipilih beberapa dan dihapus agar memberikan ruang sisa pada memori internal.

7. Instal ulang Mobile Legends

Salah satu cara ini bisa kamu lakukan jika sudah melakukan beberapa hal diatas namun tidak membuahkan hasil dan kelanjutannya itu dengan mencopot pemasangan pada Mobile Legends yang kamu miliki sekarang. 

Kemudian pasang lagi melalui playstore dan istilah ini sering kita dengar dengan sebutan "install ulang pada beberapa hal yang berkemungkinan error" terutamanya pada kasus ini ialah game mobile legends. 

Karena ternyata dengan melakukan cara yang praktis ini saja "install ulang" bisa memperbaiki berbagai bug dan kesalahan pada sistem game tersebut dan membuat kita bermain game lebih lancar lagi hingga terbebas dari berbagai hambatan di saat memainkan apapun.

Itu tadi penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi loading Mobile Legends stuck yang bisa kamu lakukan. Setelah melakukan beberapa hal diatas, semoga kamu tidak lagi kesal dengan masalah loading stuck di Mobile Legends.  

Rekomendasi Artikel Lainnya